NOW READING

Apple Watch, Pebble, dan Fitbit, Pilihan untuk Peminat Smartwatch

 2554
+
 2554

Apple Watch, Pebble, dan Fitbit, Pilihan untuk Peminat Smartwatch

by The Daily Oktagon
  • Smartwatch kini makin diminati.┬áMakin tak sedikit yang mulai mengenakan dan mengandalkannya untuk keseharian. Perangkat smartwatch yang paling lazim dikenal adalah Apple Watch yang makin diperbarui.
  • Tak hanya itu, ada pula pilihan lain yang lebih ekonomis, tapi tak kalah andal, seperti jam pintar keluaran Pebble.
  • Tapi untuk pengguna yang gemar berolahraga, mungkin tertarik mengetahui device dari Fitbit. Simak ulasan tiga pilihan smartwatch berikut ini.

Kehadiran smartwatch sudah dimulai sejak sekitar 2012 lalu. Dari awalnya dipandang sebagai perangkat yang disebut aneh untuk digunakan, smartwatch kini sudah mulai bisa menggantikan peran jam tangan konvensional.

Untuk tahun ini, ada tiga smartwatch yang patut untuk Anda lirik. Apa saja? Simak ulasan The Daily Oktagon berikut ini.

Apple watchOS 3.0

Pilihan pertama dan bisa dibilang paling umum adalah Apple Watch.

Ya, Apple Watch memang bukan produk baru karena sudah hadir sejak April 2015 lalu. Tapi Apple berhasil membuat Apple Watch berumur panjang dan tetap layak dipilih sampai saat ini.

Alasannya adalah sistem operasi watchOS yang selalu diperbarui. Sejak awal dirilis, watchOS sudah dua kali mendapat update hingga kini sudah mencapai versi 3.0.

smartwatch apple watch

Apple Watch dengan watchOS 3.0 adalah smartwatch yang layak untuk Anda yang relatif mengutamakan gengsi di atas segalanya. Apple Watch memiliki build quality yang sangat baik dengan beragam aksesori yang bisa dijumpai untuk melengkapinya.

Dengan watchOS 3.0, perangkat yang dijual dengan harga Rp5 jutaan inipun semakin pintar dan tangguh. Kecepatan dan responsivitasnya meningkat hingga tujuh kali lipat dibandingkan versi awal. Mengakses aplikasi di dalamnya pun jadi lebih mudah karena kini fungsi tombol fisiknya lebih kaya.

Tapi jika budget Anda tak sampai harga Apple Watch, mungkin bisa coba melirik smartwatch U Watch atau Onix ini

Jika sedang tidak memungkinkan memegang smartphone dan ingin berbalas pesan menggunakan Apple Watch, Anda bisa menggunakan fitur handwriting. Selain itu, pilihan watchface yang disediakan juga semakin banyak. Pasalnya pada awal dirilis, pilihan watchface pada Apple Watch sangat sedikit dan cepat bikin bosan.

Oh iya, yang tidak kalah penting juga adalah kemampuan Apple Watch menelepon nomor darurat seperti 911, selama terhubung dengan iPhone via WiFi.

Yang pasti, dengan keterbatasan konektivitas Apple Watch yang tidak kompatibel dengan smartphone Android, Apple Watch adalah pilihan terbaik bagi para pengguna iPhone yang hendak berpaling dari jam tangan konvensional ke jam tangan pintar.

Pebble Time 2

Apple Watch hanya untuk pengguna iPhone. Namun Pebble Time 2 bisa digunakan oleh pengguna iPhone dan Android. Bisa dibilang, Pebble adalah pencetus smartwatch bergaya klasik, dan Pebble Time 2 adalah bukti peneguhan eksistensi Pebble di ranah smartwatch.

smartwatch pebble time 2

Pebble Time 2 adalah smartwatch kelima dari Pebble yang baru dirilis tahun ini, bersamaan dengan Pebble 2. Bentuknya masih mirip dengan Pebble Time generasi pertama, bujur sangkar dengan sisi melengkung. Bedanya adalah material yang digunakan adalah stainless steel, bukan lagi plastik. Bezelnya pun makin tipis sehingga luas layarnya lebih besar.

Meski begitu, Pebble tetap mempertahankan ciri khasnya, yakni masih setia dengan layar monokrom yang tidak mendukung sentuhan. Layar ini kini sudah dilapisi kaca antigores. Pebble berupaya memahami perasaan pengguna jam tangan buatannya yang sering mengalami layar tergores. Plus, Pebble Time 2 sudah didukung sensor pengukur detak jantung.

Selebihnya, fitur dan kemampuan smartwatch berharga Rp3 jutaan ini masih sama dengan para pendahulunya. Sertifikasi tahan air hingga kedalaman 30 meter, dukungan beragam aplikasi, serta daya tahan baterai berhari-hari masih menjadi nilai jual utama Pebble Time 2.

Pernah tahu kalau ada trik memilih smartwatch berdasarkan kepribadian? Simak bahasannya di sini

Fitbit Blaze

Seakan tergoda dan ingin membuktikan kemampuannya sebagai produsen gadget olahraga, Fitbit ikut menciptakan smartwatch pertamanya tahun ini. Fitbit Blaze, begitu smartwatch ini disebut, agak berbeda dibanding Apple Watch atau Pebble Time 2. Smartwatch yang dijual Rp3 jutaan ini lebih ditujukan untuk penggemar olahraga.

Fitbit Blaze adalah perpaduan jam tangan dan fitness tracker. Smartwatch ini bisa menghitung data kebugaran relatif lebih detail dari smartwatch lainnya, mulai dari detak jantung hingga lemak yang terbakar. Bentuknya cukup nyentrik dan agak klasik.

smartwatch fitbit

Fungsi utamanya sebagai ‘asisten’ untuk kegiatan berolahraga harian Anda. Seluruh data yang terekam bisa dilihat langsung di layar smartwatch atau pun melalui aplikasi penunjang di smartphone.

Menariknya, meski dikhususkan untuk olahraga, Fitbit juga menyediakan pilihan tali tambahan yang terbuat dari kulit atau stainless steel untuk menunjang penampilan. Sebagai smartwatch, Fitbit Blaze bisa menampilkan notifikasi pesan yang masuk ke smartphone, namun dengan keterbatasan tidak bisa menampilkan isi pesan maupun membalasnya.

Karena fungsinya yang tidak selengkap Apple Watch maupun Pebble Time, ada sisi positif yang ditawarkannya. Ya, smartwatch ini jadi memiliki daya tahan baterai yang relatif lama, antara lima hingga tujuh hari.

Baca juga tentang beberapa aplikasi smartwatch yang bisa membantu kegiatan kita sehari-hari ini

0 comments