NOW READING

Apple Resmi Perkenalkan Apple Music, Ini Beberapa Fasilitas yang Bisa Dinikmati

 2854
+
 2854

Apple Resmi Perkenalkan Apple Music, Ini Beberapa Fasilitas yang Bisa Dinikmati

by The Daily Oktagon

Dahulu, saat Michael Jackson merilis album baru, kita terbiasa mendengar berita bahwa album tersebut sudah terjual beberapa juta kopi. Dewasa ini, istilah ‘kopi’ tadi seringkali sudah digantikan dengan ‘download‘, menandakan bahwa format digital adalah masa depan industri musik.

Namun ketimbang menyimpan bentuk fisik, konsumen kini lebih banyak memilih untuk streaming. Cukup banyak layanan streaming musik yang bisa dipilih. Maka dari itu, Apple sebagai salah satu sosok berpengaruh dalam industri musik pun tak ingin kehilangan momentum.

Dalam ajang WWDC 2015 pada tanggal 8 Juni kemarin, Apple Music secara resmi diperkenalkan. Layanan streaming musik baru ini sekaligus menjadi suksesor Beats Music yang sudah diakuisisi secara penuh oleh Tim Cook dkk.

apple-music-01

Apple menolak menyebut Apple Music sebagai layanan streaming musik saja. Mereka lebih sreg menganggapnya sebagai ekosistem musik digital bagi seluruh pencinta musik. Untuk mempermudah pemahaman konsumen, Apple Music ‘dipecah’ menjadi tiga bagian secara spesifik, yang tetap bisa diakses melalui satu aplikasi saja.

Bagian pertama tentu saja adalah layanan streaming. Lebih dari 30 juta lagu yang dimuat dalam katalog musik milik Apple bisa dinikmati dengan bebas oleh konsumen. Namun bukan hanya jumlah lagu yang menjadi daya tarik Apple Music, tetapi juga fitur playlist yang dikurasi oleh para ahli musik.

apple-music-02

Dalam meramu playlist lagu berdasarkan genre maupun aktivitas, Apple tidak segan menggandeng sosok-sosok ternama. Hal ini berarti lagu-lagu yang dipilih merupakan pilihan dari sang kurator, bukan algoritma yang memadu-padankan berbagai faktor. Dengan demikian, tema yang diangkat suatu playlist pun bisa digambarkan secara lebih akurat.

Siri yang setiap harinya terus bertambah pintar juga turut diintegrasikan ke dalam Apple Music. Anda tidak cuma bisa menginstruksikan Siri untuk memutar lagu yang tersimpan di dalam library Anda, tetapi juga instruksi kompleks seperti “Play me the top ten rock songs from 1994,” dimana Siri kemudian akan menyiapkan playlist berisi 10 lagu rock lawas sesuai permintaan Anda tadi.

Selain layanan streaming, Apple Music juga mencakup siaran radio live yang dijuluki Beats 1. Siaran radio ini istimewa karena disiarkan secara live selama 24 jam non-stop ke lebih dari 100 negara. Sejumlah DJ ternama dari tiga kota yang berbeda (Los Angeles, New York, dan London) telah dipilih untuk memimpin siaran sekaligus meramu playlist lagu dalam berbagai genre.

apple-music-04

Lebih lanjut, Beats 1 juga menyimpan ambisi untuk menjadi portal budaya musik dengan menghadirkan wawancara-wawancara eksklusif maupun bintang tamu di sepanjang siaran.

Bagian ketiganya sejatinya merupakan media sosial mini yang disematkan ke dalam Apple Music. Pada bagian bernama Connect ini, para musisi, mulai dari yang baru mengawali karir hingga yang sudah memiliki rumah di Beverly Hills, bisa berbagi bermacam hal kepada para penggemarnya.

Dari lirik setengah jadi sampai potongan lagu baru dan cuplikan video saat tengah rekaman di studio bisa dibagikan kepada para fans. Selanjutnya, para penggemar bisa berinteraksi dengan memberikan komentar melalui satu aplikasi yang sama, demikian pula sebaliknya, ketika sang musisi ingin memberikan respon atas antusiasme penggemarnya.

Menariknya, Apple Music tidak hanya membatasi interaksi sosial antara musisi dan penggemar ini di Connect saja, tetapi juga membuka peluang bagi sang musisi untuk membagikan hal-hal baru tersebut ke media sosial lain seperti Facebook atau Twitter.

apple-music-05

Tentunya ekosistem musik digital ini tak akan ditawarkan secara cuma-cuma begitu saja. Apple mematok biaya berlangganan untuk Apple Music sebesar $10 per bulan, atau $15 per bulan dalam bentuk family plan untuk enam orang. Family plan ini menarik karena masing-masing anggota keluarga akan menerima akunnya sendiri-sendiri.

Apple Music juga baru akan hadir pada tanggal 30 Juni mendatang, bersamaan dengan update iOS versi 8.4. Ketersediaannya mencakup lebih dari 100 negara, dan dalam tiga bulan pertama, pengguna bisa mengakses Apple Music tanpa dipungut biaya.

Selain di iOS, Apple Music juga akan tersedia di Mac atau PC melalui versi baru iTunes. Yang cukup mengejutkan, Apple Music juga akan hadir untuk perangkat Android pada musim gugur tahun ini. Bagian terakhir ini sangat menarik karena sebelum ini layanan-layanan Apple seringkali hanya bisa digunakan oleh pengguna perangkat Apple.

0 comments