NOW READING

Apple AirPods Pro Telah Dirilis, Apa Bedanya dengan AirPods Biasa?

 90
+
 90

Apple AirPods Pro Telah Dirilis, Apa Bedanya dengan AirPods Biasa?

by The Daily Oktagon

Akhir bulan oktober lalu Apple AirPods Pro telah dirilis dengan beberapa fitur baru dibandingkan Apple AirPods biasa. Fitur baru tersebut diantaranya termasuk fitur active noise cancellation, memperbaiki kualitas suara, dan ketahanan terhadap air. Tapi apa bedanya dengan Airpods biasa?

Perbedaan AirPods Pro vs AirPods

Berikut ini penjelasan tentang fitur baru pada AirPods Pro, dan apa perbedaannya dengan Airpods versi standart.\

apple airpods pro

Desain

AirPods Pro menggunakan desain in-ear dengan kelengkapan tiga ukuran in-earear seperti earbud yakni ukuran (small, medium, dan large). Sedangkan pada AirPods stadar hanya memiliki satu ukuran.

Apple mengatakan dengan desain baru ini akan memberikan kenyamanan, dan membantu pengguna supatya AirPods Pro tidak mudah jatuh saat dipakai.

AirPods Pro juga memiliki fitur bernama Ear Tip Fit Test untuk memeriksa dan menentukan ukuran ‌earphones di telinga pengguna.

Dari sisi desain keduanya juga memiliki kesamaan. Keduanya baik AirPods Pro and AirPods, sama-sama memiliki desain plastic putih. Namun bedanya AirPods tidak memiliki silicone pada ear tips.

airpods-pro-vs-airpods

Baca juga: Apple Juga Rilis iPhone 11 Pro dan Pro Max, Ini Bedanya!

Ukuran dan Berat

AirPods Pro memiliki bobot yang lebih berat dengan 5.4 grams, dibandingkan Airpods standart yang hanya 4.0 grams.

AirPods Pro dibekali fitur active noise cancellation, yang membuatnya mampu mengurangi suara background dan membuat pengguna lebih fokus apa yang mereka dengarkan.

AirPods Pro dibekali “force sensor” pada batangnya. Fitur ini berguna untuk mengaktif noise cancellation, dan Transparency mode atau bernavigasi antar lagu.

Apple irPods Pro juga memiliki “Adaptive EQ,” yang secara otomatis dapat mengatur nada sesuai lagu yang diputar baik. Sedangkan Airpod biasa fitur ini tidak tersedia.

Daya Tahan Baterai

Apple AirPods Pro mampu bertahan hingga 4.5 jam dalam satu kali pengisan baterai dengan noise cancellation atau mode Transparency. Sedangkan jika kedua fitur ini dinonaktifkan mampu bertahan hingga lima jam, sama seperti AirPods standart.

AirPods Pro juga menyediakan 3.5 jam waktu bicara talk time dalam satu kali pengisian. Ini membuatnya setengah jam lebih baik dari AirPods biasa.

Baik AirPods dan Apple AirPods Pro dibekali dengan casing charger yang mampu menyediakan pengisian daya tambahan, hingga lebih dari 24 jam total untuk mendengarkan lagu atau 18 ja untk waktu bicara. Sayangnya meski AirPods Pro memiliki casing yang lebih besar, tapi ini tidak membuatnya casing mampu mengisi baterai lebih banyak. Carena casing labar itu untuk mengakomodasi ear tips.

airpods-pro-vs-airpods

Baca juga: Apple Rilis AirPods 2, Apa Fitur Barunya?

Tahan Air

Apple AirPods Pro memiliki sertifikasi IPX4 yang membuatnya memiliki kemampuan untuk tahan terhadap air (water resistance). Sedangkan di AirPods biasa tidak memiliki serifikasi ini. Ciprtaan air pada bodi dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya, namun earphone ini tidak boleh terendam airSupport Siri

Baik AirPods Pro atau AirPods biasa, keduanya sama-sama dibekali generasi chipset H1 pada driver audio. Keduanya sama-sama mendung Siri dengan mengucapkan “Hey Siri” untuk menelpon, ngatur music playback, membacakan pesan dan perinhat suara lainnya. Kesamaan lainnya adalah AirPods dan AirPods Pro juga sama-sama dibekali dengan Bluetooth 5.0.

Harga

Apple AirPods Pro dibanderol dengan harga $249 dengan casing wireless charging case. Sedangkan AirPods standart dengan casing wireless charging dibanderol $199.

0 comments