NOW READING

Aplikasi Periscope Kini Bisa Siarkan Video dari Kamera Drone

 2126
+
 2126

Aplikasi Periscope Kini Bisa Siarkan Video dari Kamera Drone

by The Daily Oktagon

Anak muda di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, mungkin akrab dengan aplikasi bernama Periscope. Aplikasi mobile yang dikembangkan Kayvoun Beykpour dan Joe Bernstein ini berfungsi untuk merekam kejadian secara live langsung dari smartphone, kadang bisa dibilang citizen journalism.

Belum sempat nongol di Google Play dan iOS, Periscope sudah langsung dicaplok Twitter dengan mahar US$100 juta. Setelah diakuisisi, Periscope baru resmi muncul di iOS pada akhir Maret 2015 dan nangkring di Google Play pada April 2015.

periscope

Melalui aplikasi Periscope, Anda bisa menjadi seorang jurnalis dadakan tanpa harus memiliki kamera profesional. Contohnya jika terjadi peristiwa kecelakaan, kebakaran, atau musibah lainnya di depan mata, Anda bisa langsung merekam kejadian tersebut (live report) dan menyebarkannya melalui Twitter. Ya, cara kerjanya memang semudah itu.

Apabila follower Anda di Periscope maupun di Twitter sedang tidak aktif, mereka masih dapat menyaksikan siaran video yang Anda buat hingga waktu 24 jam ke depan sebelum akhirnya terhapus secara otomatis.

Live Stream dari Drone?

Setelah diakuisisi Twitter, Periscope pun terus berbenah dan mengembangkan fitur-fitur baru. Salah satu fitur terbaru yang sedang ramai dibicarakan adalah integrasi Periscope dengan produsen drone DJI. Apa keuntungannya?

Menarik juga untuk mengikuti ulasan 7 action cam yang ‘bersahabat’ untuk drone

Melalui update pada aplikasi Periscope dan aplikasi DJI untuk iOS, kini Anda bisa menyiarkan video secara langsung dari angkasa dengan sudut pandang bird’s eye. Kita bisa memilih ingin menyiarkan video yang diambil dari kamera bawaan drone DJI, kamera GoPro, atau kamera iPhone. Berpindah-pindah kamera ini bisa dilakukan secara on-the-fly.

dji drone periscope

Saat menyiarkan rekaman video, Anda juga bisa merekam suara atau pun memberikan catatan berupa tulisan tangan. Layaknya Twitter dan Instagram, hasil rekaman video tersebut nantinya bisa dicari dengan mudah menggunakan sistem hashtag.

Saat ini, tidak semua drone besutan DJI bisa digunakan untuk menyiarkan video melalui Periscope. Setidaknya ada lima jenis drone DJI yang bisa digunakan, mulai dari DJI Inspire, DJI Phantom 4, DJI Phantom 3 Professional, DJI Phantom 3 Advanced, dan yang terakhir DJI Osmo.

Nantinya, pihak Periscope dan DJI juga akan mengembangkan fitur ini untuk para pengguna smartphone Android.

Baca juga tentang DJI Phantom 4, drone cerdas yang pas untuk pemula

0 comments