NOW READING

Aplikasi Ini Memungkinkan Punya Radio Internet Pribadi

 2612
+
 2612

Aplikasi Ini Memungkinkan Punya Radio Internet Pribadi

by The Daily Oktagon
  • Banyak radio kini mulai melirik siaran live streaming di Internet.
  • Aplikasi yang menyediakan layanan radio Internet pun semakin banyak bermunculan.
  • Dengan perlengkapan audio yang baik, siapa saja kini bisa meluncurkan stasiun radio pribadi, secara gratis.

BBC, salah satu perusahaan media di Inggris, menyatakan bahwa dalam jangka waktu 10 tahun, secara bertahap mereka akan beralih menuju siaran Internet secara penuh. BBC menyiapkan diri untuk kemungkinan ketika dunia beroperasi hanya lewat Internet, mematikan industri televisi dan siaran konvensional.

Gejala ini sebenarnya sudah terlihat perlahan-lahan, bahkan di Indonesia. Ada begitu banyak media konvensional—seperti majalah dan koran—yang gulung tikar dilibas derasnya informasi lewat Internet. Bagaimana dengan radio?

Aplikasi Radio BBC Kini Tersedia Khusus Untuk Mobil

Saat ini, ada beberapa radio konvensional yang juga sudah beralih menyiarkan radio mereka secara live streaming lewat Internet. Hal ini memang perlu dilakukan untuk terus menyesuaikan diri dengan perkembangan gaya hidup konsumen—yang kini sudah menjadikan telepon genggam sebagai sumber informasi dan hiburan utama.

foto : radionomy.com

Mengikuti tren ini, kini banyak pula bermunculan berbagai aplikasi yang memungkinkan Anda memandu stasiun radio pribadi lewat Internet.

Radionomy adalah salah satu penyedia layanan gratis radio Internet yang bisa dijajal. Radionomy memungkinkan pengguna membuat program musik—baik dari koleksi musik pribadi, maupun dari koleksi musik dan audio yang sudah disediakan. Mereka juga berjanji bahwa layanan mereka akan selamanya gratis, tak peduli sebesar apapun audiens radio Anda nantinya.

Anchor FM mengintegrasikan layanan mereka dengan aplikasi seperti Spotify—untuk memutar musik pada kanal radio Anda. Siaran live dimungkinkan lewat aplikasi ini, yang sudah dirancang untuk bisa digunakan dengan mudah lewat telepon genggam. Pendengar juga bisa menelepon ke ‘studio’ dan meninggalkan pesan. Pesan dari pendengar bisa ditampilkan ketika siaran berlangsung, dan akan dapat dibaca oleh pendengar lain lewat layar telepon genggam mereka.

foto : anchor.fm

Tip Menggunakan Apple Music pada Perangkat Android

Selain itu, ada juga aplikasi Radio.co, Wohooo, Caster FM, Radiojar, dan masih banyak lagi—yang bisa Anda gunakan untuk meluncurkan stasiun radio pribadi. Pendekatan ini cocok bagi mereka yang gemar bercakap-cakap dan berinteraksi dengan orang lain, namun merasa tak nyaman jika harus berpose di depan kamera dan tampil dalam video.

Peralatan yang diperlukan untuk memulai radio Internet pribadi hanyalah perlengkapan audio yang baik.

Mikrofon built-in pada komputer maupun telepon genggam pun bisa digunakan. Namun, perlengkapan audio yang baik memang kentara benar bisa menambah kualitas suara ketika siaran. Pilih mikrofon dengan condenser yang akan membantu menjaga suara tetap terdengar jelas dan bulat, bahkan ketika harus bicara atau merekam audio di tempat ramai.

0 comments