NOW READING

Aplikasi eBook yang Pas untuk Ayah Pecinta Buku

 1101
+
 1101

Aplikasi eBook yang Pas untuk Ayah Pecinta Buku

by The Daily Oktagon

Buku adalah jendela dunia. Perangkat dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca di mana pun kian menjadi. E-book pun menjadi pilihan kaum urban yang memiliki mobilitas tinggi, namun enggan meninggalkan hobi membacanya. Selain Amazon Kindle 8th Gen eBook Reader yang merupakan perangkat khusus untuk membaca lebih dari seribu judul buku, terdapat juga berbagai aplikasi mengenai buku seperti daftar berikut.

Foto: Shutterstock.com

iPusnas

Aplikasi ini merupakan perpustakaan digital yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ribuan judul buku bisa dipinjam melalui fitur eReader, dari mana pun pengguna berada. Fitur rak buku virtual menyimpan riwayat buku yang pernah dibaca pengguna. Setiap aktivitas dari pengguna lain seperti buku yang paling banyak dipinjam juga ditampilkan pada halaman depan aplikasi.

Goodreads

Pengguna aplikasi Goodreads dapat melihat berbagai review dan resensi buku terbaik dari ribuan pengguna lainnya, juga memiliki fitur untuk menyimpan daftar buku yang ingin dibaca. Untuk menyimpan daftar buku, gunakan scanner untuk membaca barcode pada fisik buku yang ingin dibaca nantinya. Pengguna juga dapat mengingat halaman maupun bab dari buku yang sedang dibaca melalui aplikasi ini. Masukkan kontak kerabat atau keluarga untuk dapat memberikan referensi buku bagus kepada mereka.

Book Crawler

Bagi pengguna smartphone iOS, Book Crawler bisa menjadi pilihan ayah untuk membaca buku kesukaan. Terdapat review dari para penulis profesional maupun pengguna aplikasi lainnya. Hanya dengan memasukkan judul buku yang diinginkan, pengguna dapat melihat nama penulis, penerbit, hingga ringkasan dan sampul buku. Meski bukan aplikasi membaca, namun pengguna bisa memanfaatkannya untuk berdiskusi mengenai buku favorit dengan sesama penyuka buku.

Audible

Anda tidak ada waktu untuk membaca buku? Aplikasi Audible ini sangat cocok untuk pencinta buku yang sibuk. Dengan fitur audio book, pengguna dapat mendengarkan buku favorit dalam bentuk suara. Berbagai buku popular seperti serial Homegoing dan The Gene dapat didengarkan setiap saat. Setiap buku yang didengarkan dapat disimpan pada perangkat pengguna. Halaman buku yang belum selesai didengarkan dapat ditandai dan dilanjutkan kembali.

The New York Times

Tersedia review berbagai buku yang baru saja rilis yang dilakukan oleh para kritikus terhormat.  Diperuntukkan bagi pengguna yang ingin membaca surat kabar secara digital, aplikasi ini memberikan berbagai informasi terbaru dari berbagai belahan dunia. Anda tidak akan ketinggalan berita karena pengguna dapat menyimpan artikel yang ingin atau telah dibaca. Aplikasi bermanfaat ini dapat diunduh pada smartphone berbasis Android maupun iOS.

 

Foto: Shutterstock.com

Bookslife.co

Platform yang satu ini khusus untuk pencinta buku sekaligus yang suka menulis. Selain menjual buku elektronik dengan harga murah, ia juga memberikan layanan kepada para penulis yang ingin mencoba memublikasikan karyanya lewat platform digital. Pembaca tak perlu membeli keseluruhan isi buku bila khawatir apakah menyukainya atau tidak, dan penulis dalam mengunggah dan menjual tulisan-tulisannya di platform ini. Satu ’snack book’—buku kudapan, di bookslife.co dibandrol dengan harga 5 ribu rupiah.

Bookmate

Ini adalah aplikasi untuk membaca buku elektronik dari seluruh dunia  dengan cara menyewa. Kita bisa memilih paket penyewaan buku-buku tersebut pada durasi tertentu dengan harga-harga yang sudah ditetapkan. Ada juga paket yang ’free’, namun tentunya pilihan bukunya tak sekaya yang berbayar. Pemilik akun bahkan bisa membuat rak bukunya sendiri sehingga mudah mengelompokkan buku-buku apa saja yang ada di dalam rak buku digitalnya.

Google Play Books

Google Play Books, selain menyajikan sinopsis, nukilan isi buku hingga 20%, dan ulasan dari buku tersebut, juga menjual buku elektronik dari seluruh dunia dengan beragam bahasa, termasuk buku-buku berbahasa Indonesia.  Mereka pun memiliki Editors’ Choice dan promosi-promosi berkala yang menjual buku tertentu dari pengarang tertentu dengan harga miring.

Meski jadwal padat, hobi membaca buku tetap bisa dijalankan seorang ayah. Ajak juga anak dan istri supaya mereka juga memiliki hobi yang sama. Tentu akan sangat menyenangkan bila bisa membahas sebuah buku secara mendalam bersama keluarga tercinta.

0 comments