NOW READING

Apa yang Perlu Diketahui dari Teknik Membingkai Foto?

 3584
+
 3584

Apa yang Perlu Diketahui dari Teknik Membingkai Foto?

by The Daily Oktagon

Dalam fotografi, teknik framing ialah salah satu cara menonjolkan subjek menggunakan objek yang ada di lokasi pemotretan sebagai bingkai. Teknik ini bertujuan menciptakan titik fokus, atau focal point, sehingga perhatian mata langsung tertuju pada subjek.

Selain berfungsi menarik perhatian, framing memberikan konteks pada sebuah foto. Bingkai yang dibentuk oleh ranting pohon atau rerumputan, misalnya, menceritakan bahwa foto diambil di hutan atau kebun.

Karena menggunakan objek yang ada di sekitar subjek, wujud frame bisa bermacam-macam. Bisa benda fisik atau bahkan sesuatu yang tak ada wujudnya. Ada lima unsur yang dapat digunakan dalam framing. Yuk, gali lebih dalam apa yang perlu diketahui dari teknik membingkai foto?

Ingin hasil foto menarik? baca Tiga Tips Membuat Foto Tak Biasa di Momen Spesial

Alami
Di luar ruangan, dedaunan atau bunga bermekaran dapat digunakan sebagai bingkai alami. Cari sudut pengambilan foto yang memungkinkan Anda mengintip subyek. Warna yang kontras antara bingkai dengan subjek juga berguna sebagai penarik perhatian.

leave_151748876

Bangunan
Salah satu contoh sederhana adalah menggunakan pintu sebagai bingkai. Sebagai contoh, memotret dari dalam ruangan saat siang hari akan menarik mata ke bagian foto yang paling terang. Atau foto deretan gedung bertingkat yang bisa difoto dari tengah jalan, agar dapat menampilkan deretan di sisi kanan dan kiri.

building_112028702

Cahaya atau Bayangan
Cahaya yang menyinari subjek, sementara bagian sekitarnya gelap, juga dapat berfungsi sebagai bingkai. Ini merupakan cara yang substil. Orang-orang tidak langsung menyadari adanya bingkai, tetapi fungsinya sebagai penarik perhatian berhasil.

shutterstock_312117989

Latar Belakang
Teknik framing tidak mesti menggunakan bingkai di depan subjek, tetapi bisa juga memanfaatkan latar belakang. Misalnya jendela dengan warna kontras yang ada di belakang subjek.

lonesome_235862692

Benda Lain
Jika situasi sekitar tidak memungkinkan, Anda bisa menciptakan frame dengan benda seperti cincin, pipa, atau apa pun, termasuk bingkai foto sungguhan. Menggunakan benda tak lazim sebagai bingkai akan memberikan hasil yang juga tak biasa.

shutterstock_91993694

Setelah mengetahui unsur apa saja yang bisa dijadikan bingkai, perlu diperhatikan kalau Anda juga bisa mengatur agar bingkai, khususnya yang berada di depan subjek, dalam keadaan fokus atau tidak.

Jika ingin latar depan fokus, Anda dapat menggunakan bukaan kecil atau F besar. Sebaliknya, apabila menginginkan bagian latar depan buram, gunakanlah bukaan besar atau dengan f kecil. Selamat mencoba!

Pelajari tips menarik berikut, Kenali Lebih Jauh Cara Membuat Foto HDR Lewat Perangkat Mobile

0 comments