NOW READING

Apa Kata Model Firrina Sinatrya soal Fotografi dan Digital Lifestyle?

 2925
+
 2925

Apa Kata Model Firrina Sinatrya soal Fotografi dan Digital Lifestyle?

by The Daily Oktagon

Siapa yang tidak mengenal Firrina Sinatrya? Sejak melenggang di catwalk tahun 2004 silam, perjalanan kariernya di dunia modeling terus bersinar. Selain berkarier sebagai seorang model, Firrina juga dikenal sebagai aktris yang kerap membintangi film layar lebar, sinetron, FTV, hingga video klip. Meski sudah tampil dalam beberapa film, namanya mulai dikenal luas saat ia bermain dalam sinetron Cinta SMU.

Regular_Image_4

The Daily Oktagon berkesempatan mengobrol dengan perempuan yang akan berusia 27 tahun pada 30 Desember mendatang ini di sela ajang FimelaFest 2015, awal Oktober 2015 lalu. Tidak hanya modeling dan fotografi, dia juga mengungkapkan pandangan soal teknologi yang berkaitan dengan digital lifestyle. Nah, apa kata Firrina Sinatrya soal fotografi dan Digital Lifestyle?

Selain terbiasa dipotret, dia rupanya juga gemar memotret. Ada beberapa pilihan device yang digunakan. “Paling sering dari ponsel yang saya pakai, iPhone 5,” kata dia.

Terkadang, Firrina menggunakan kamera mirrorless Fujifilm XT10. Hasil foto-foto tersebut kemudian disimpan di komputer untuk kemudian ditransfer ke handphone. Jadi dari kamera, hasil fotonya dikirim ke ponsel untuk di-posting. Tidak cuma foto dari pemotretan saja, banyak juga foto-foto Firrina saat sedang traveling.

Terkait profesinya sebagai model, Firrina mengatakan, bidang ini memiliki periode yang singkat. “Maksimal modeling itu sampai umur 30 tahun. Paling saya beralih profesi, seperti menjalankan bisnis sendiri,” ucapnya.

Hartono_Hosea_2

Foto karya Hartono Hosea

Timur_Angin

Foto karya Timur Angin

Rico_Sandy

Foto karya Rico Sandy

Firrina mengaku banyak memanfaatkan teknologi saat merintis bisnis tersebut. Saat menjalani profesinya sebagai seorang model pun, ia merasa terbantu dengan ramainya penggunaan media sosial, salah satunya dengan menggunakan Instagram sebagai sarana memajang portfolio. Namun, meski banyak melihat dampak positif, bukan berarti tak ada hal negatif dari teknologi yang ia gunakan.

Bagi Anda pencinta fotografi, simak dulu artikel menarik ini, Seluk Beluk Memotret Model Berhijab Bersama Ully Zoelkarnain

Bagaimana teknologi atau digital lifestyle membantu profesi Anda?
Sebagai seorang model, saya merasa terbantu sekali dengan perkembangan teknologi saat ini. Seperti misalnya ponsel yang saya gunakan, selain untuk komunikasi, terpakai sekali untuk kirim-kirim e-mail. Jika tiba-tiba saya perlu mengirim foto, bisa dilakukan dengan cepat. Buat pekerjaan perlu banget. Itu yang paling penting.

Aplikasi apa yang sering Anda gunakan?
Paling sering menggunakan Instagram. Sebenarnya, awalnya cuma untuk posting-posting foto saja. Sejak dari zamannya Facebook, saya memang paling senang posting foto. Dari dulu saya memang jarang posting hal lain, apalagi status. Dari yang awalnya iseng-iseng saja, ternyata lama-lama bisa dapat kerjaan dari situ juga.

Suka juga menggunakan aplikasi VSCO Cam, tapi itu juga tidak sering-sering banget. Paling sering Instagram dan Path.

Ada gadget khusus yang dibawa saat travelling?
Biasanya suka bawa GoPro HERO4. Selain buat motret atau merekam video di darat, suka saya bawa berenang juga. Kamera GoPro kan kecil ya, jadi membawa-bawanya lebih praktis. Kalau sambil jalan lalu melihat ada momen bagus, misalnya mataharinya lagi bagus banget, saya bisa langsung mengeluarkannya dari kantong. Memotret atau mengambil video bisa dilakukan lebih cepat. Tapi, belum banyak hasil kamera GoPro yang saya posting di Instagram, soalnya mau diedit dulu, terutama untuk yang video.

Aplikasi apa yang digunakan untuk mengedit foto dan video?
Kalau memotretnya dari ponsel, langsung menggunakan aplikasi. Tapi kalau dari GoPo, saya simpan ke komputer dulu, baru kemudian diedit. Nah, kalau mau ada tambahan yang lucu-lucu, biar lebih gampang mengeditnya dari ponsel. Mengeditnya juga simpel. Kalau yang terlalu detail, saya tidak bisa juga.

Dari sisi profesi, perubahan apa yang dirasakan dari perkembangan teknologi?
Perubahannya banyak banget. Kalau dulu, misalnya, mau sharing sesuatu susah. Sekarang sudah dimudahkan dengan media sosial yang semakin banyak. Saking banyaknya, kadang saya sampai bingung mau menggunakan yang mana, akhirnya paling aktif cuma di Instagram dan Path.

Saya juga merasakan kalau ingin mengedit foto jadi lebih gampang dan nyaman. Kalau dulu kan sepertinya cuma fotografer yang bisa melakukannya di komputer. Sekarang dari ponsel saja sudah bisa. Mengedit video jadi mudah sekali dengan aplikasi.

Dari segi pekerjaan, saya melihat lebih banyak positifnya. Untuk hubungan dengan orang sekitar, menurut saya lebih ke arah negatif. Soalnya, kalau lagi berkumpul sama teman, kok malah main ponsel semua. Tidak ngobrol.

Apa portfolio lewat Instagram saja udah cukup?
Tetap harus ada portfolio konvensional, apalagi kalau untuk audisi fashion show.

Kira-kira teknologi apa yang Anda butuhkan tetapi saat ini belum ada?
Mobil terbang! Hahaha. Butuh banget kalau di Jakarta. Tiap kali kena macet, saya selalu membayangkan betapa mudahnya jika ada mobil terbang. Yang saya khawatirkan kalau sampai mesinnya rusak atau kecelakaan di atas sana, tentu akan jauh lebih berbahaya daripada di darat. Apalagi kalau misalnya tiba-tiba mogok lalu jatuh.

Selain media sosial, aplikasi apa lagi yang paling membantu pekerjaan?
Ada satu aplikasi yang saya pakai banget, namanya MyFitnessPal. Aplikasi ini menghitung kalori dari makanan kita. Ini cukup berguna kalau saya lagi diet. Jadi kita memasukkan sendiri data hari ini makan apa saja. Nanti akan muncul, misalnya satu buah apel kalorinya berapa. Atau makanan merek tertentu dengan ukuran sekian, kalorinya berapa.

Ini juga berkaitan dengan concern saya terhadap industri model saat ini. Semakin lama pasar minta model yang makin kurus. Sedangkan menurut saya kalau terlalu kurus tidak sehat. Kekhawatirannya lebih ke arah kesehatan. Soalnya saya merasakan, harus diet habis-habisan. Habis diet malah jadi sakit.

Hendra_Kusuma_2

Foto karya Hendra Kusuma

Hendra_Kusuma

Foto karya Hendra Kusuma

Andre_Wiredja

Foto karya Andre Wiredja

Dalam lima tahun ke depan, kira-kira apa yang akan Anda lakukan?
Lima tahun lagi sepertinya saya sudah tidak jadi model lagi. maksimal modeling itu sampai umur 30 tahun. Saya akan beralih profesi, seperti menjalankan bisnis sendiri.

Bisnis apa yang sudah Anda mulai?
Sebenarnya kalau dibilang sudah dijalankan tidak juga, karena masih dirintis. Karena saya suka masak, jadi kadang terima pesanan kue. Tapi yang tahu sebatas teman-teman saja. Saya juga mengerjakannya dalam jumah sedikit, karena sendirian, sehingga tidak bisa banyak-banyak. Jadi, bisnisnya nanti akan lebih ke arah kuliner.

Anda mencari referensi dari mana saja untuk resep masakan?
Biasanya browsing-browsing dari resep yang sudah ada, seperti Allrecipes.com, atau dari YouTube. Nanti dari resep aslinya saya tambah-tambahkan, atau ada yang bahannya diganti. Kalau melihat dari resep yang sudah ada dan kita mengikutinya dengan benar, kuenya sudah pasti jadi. Tapi kalau eksperimen sendiri, saya khawatir kalau gagal. Nanti sayang bahan-bahannya.

Sementara ini baru kue-kue saja. Tapi kalau soal masak, saya tidak hanya masak kue saja. Selain pastry, saya juga suka masak makanan berat dan dessert. Respons dari teman-teman sejauh ini mereka bilangnya enak. Cuma saya sendiri terkadang agak kurang yakin, karena yang komentar kan teman sendiri. Kalau orang yang tidak kita kenal, mungkin lebih jujur dalam berkomentar. Ada sih teman yang jujur, paling teman dekat saja, yang pernah bilang masakan saya tidak enak. Hahaha.

Pernah coba merekam saat lagi masak, lalu diunggah ke YouTube atau di-broadcast dengan Periscope?
Tidak pernah. Persicope pernah mencoba, tetapi saya tidak terlalu aktif. Untuk mengakses Periscope butuh sinyal yang bagus. Ketika saya ingin broadcast, sinyal ponsel suka jelek. Jadi lebih sering ribet karena harus mencari sinyal. Di lingkungan teman-teman lumayan banyak yang menggunakan, walau tidak sebanyak di Instagram. Setiap hari pasti ada notifikasi kalau ada teman saya yang sedang broadcast.

Yuk, gali lebih dalam mengenai fotografi, Inilah Perlengkapan Wajib Para Fotografi Fashion

0 comments