NOW READING

Android M, Sistem Operasi Terbaru untuk Android dari Google

 2356
+
 2356

Android M, Sistem Operasi Terbaru untuk Android dari Google

by The Daily Oktagon

Android M atau oleh banyak pihak diyakini sebagai singkatan dari Macadamia Nut Cookie adalah versi terbaru penerus Android 5.0 Lollipop yang diresmikan pada gelaran Google I/O akhir beberapa waktu yang lalu. Sebagai versi terbaru, idealnya memang Android M membawa cita rasa yang lebih segar, fitur yang lebih kaya dan tampilan yang lebih bening.

DND

Setidaknya ada 7 fitur unggulan baru di Android M yang tertangkap dari versi Developer Preview-nya. Antara lain:

App Permission yang Lebih Sederhana

Di era Android pertama hingga Lollipop, pengguna kerap dibuat tidak nyaman dengan permintaan izin akses setiap kali memasang aplikasi. Kini, kekurangan itu diminimalisir di Android M, izin akses tidak harus diminta setiap saat. Dan Google menyiapkan panel setting khusus yang dapat dipergunakan untuk mengontrol izin akses aplikasi ke komponen tertentu misalnya speaker, kamera, dan lain-lain.

Android-M-design-features-screenshots-56

Izin akses juga dibuat berdasarkan kategori, sehingga lebih mudah dipahami. Dengan begitu pengguna tidak dibingungkan dengan hal-hal yang tidak terlalu penting sebagaimana di KitKat ataupun Lollipop.

Peningkatan Kemampuan Google Now

Google Now jadi andalan Android dalam upayanya meredam kedigdayaan Siri di iPhone. Sejauh ini dapat dikatakan berhasil, dan kelebihan yang dimiliki oleh Google Now di Android M ini berpotensi membuat Google kian unggul atas pesaingnya itu. Pasalnya kini Google Now jauh lebih cerdas dari sebelumnya, mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengguna secara tepat.

Now-on-tap-sider

Mendapatkan fitur tambahan Now on tap, Google Now mampu memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan bahkan memahami konteks dari pertanyaan tersebut. Misalnya ketika pengguna menerima pesan singkat tentang sebuah tempat, maka Google Now dapat dengan cepat menampilkan informasi lengkap terkait tempat tersebut. Atau memberikan jawaban akurat saat pengguna menanyakan nama artis yang menyanyikan lagu yang sedang diputar.

Android Pay

Hal besar baru lainnya adalah Android Pay, versi rombakan dari Google Wallet yang sudah dialih-fungsikan. Android Pay merupakan layanan pembayaran online yang mampu membantu pengguna melakukan pembelian barang atau jasa di berbagai toko yang mendukung. Fitur baru ini disebut-sebut akan jadi ancaman serius bagi layanan serupa sang rival, Apple Pay.

Lebih Efisien dengan Fitur Doze

Efisiensi menjadi masalah serius di Android. Project Volta awalnya dihadirkan untuk mengobati penyakit itu, namun Google tampaknya tak puas dengan hasilnya dan memutuskan menghadirkan satu fitur baru bernama Doze. Doze pada dasarnya adalah manajemen daya yang secara cerdas mampu menganalisis kapan perangkat sedang nganggur dan kapan digunakan.

Screen-Shot-05-28-15-at-08.03-PM-001

Saat ponsel sedang dianggurkan, maka Doze akan membuatnya tidur lebih dalam. Alhasil, perangkat akan bertahan dua kali lebih lama dari sebelumnya kala masih menggunakan OS lawas.

Kategori Volume

Selain tambahan mayor di atas, masih ada beberapa hal-hal kecil yang cukup menarik. Seperti yang ini, yakni berupa volume bar yang dipisah berdasarkan kategori, seperti kategori musik, alarm, dan notifikasi. Dari penampakannya, volume bar ini sepertinya bisa diakses dari panel notifikasi atau ketika sedang mendengarkan musik.

New-volume-bar-2

Do not Disturb

Ada pula tambahan Do not Disturb yang sepertinya dibuat untuk membantu pengguna di kala mereka merasa tak ingin diganggu. Misalnya saat sedang meeting, istirahat, mengemudi atau sedang bekerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Drawer Baru

Tampilan default drawer saat tombol menu ditekan juga dibuat berbeda. Jika sebelumnya orientasinya horizontal, kini Android M memilih gaya vertikal lengkap dengan urutan abjad dimana nantinya aplikasi akan ditempatkan.

New-app-drawer

Sementara di bagian paling atas ada panel terpisah yang dibariskan secara horizontal. Panel ini berisikan aplikasi-aplikasi favorit yang tampil berdasarkan seberapa sering aplikasi tersebut digunakan.

Sumber: Phonearea.

0 comments