NOW READING

Android 8 Resmi Dirilis Google Menjadi Android Oreo Terkini

 1070
+
 1070

Android 8 Resmi Dirilis Google Menjadi Android Oreo Terkini

by The Daily Oktagon
  • Google akhirnya resmi merilis sistem operasi Android versi 8.0 yang diberi nama Oreo.
  • OS ini memiliki fitur terbaru seperti picture-in-picture yang paling baru dari versi lainnya.
  • Android Oreo diperkirakan menjadi OS paling canggih dan mampu melampaui teknologi di masa depan.

Setelah ditunggu dengan berbagai spekulasi dari masyarakat, akhirnya Android 8 resmi dirilis oleh Google yang akhirnya diberi nama Android Oreo yang sesuai dengan prediksi publik selama satu tahun terakhir. Perangkat lunak satu ini diperkirakan sudah sangat memenuhi kriteria untuk perangkat teknologi di masa depan. Beragam fitur terbaru yang membuat publik semakin penasaran akan dibahas selengkapnya berikut ini.

 

Foto: Shutterstock

 

AOSP Bisa untuk Semua Perangkat

Google mengumumkan jika Android 8 ini sudah termasuk menjadi Android Open Source Project (AOSP). Tentu menguntungkan bagi produsen ponsel pintar di seluruh dunia. Hal ini sudah dicoba pada ponsel Nexus dan Pixles, yang tentu akan segera diperbarui dalam waktu dekat. Bahkan bagi pengguna ponsel Android lainnya, Oreo akan masuk ke sistem operasi Anda tanpa harus sign up.

Layaknya Samsung, Huawei juga Oppo akan diberikan akses perbaruan Android Oreo ini. Meski yang akan menerima terlebih dahulu adalah partisipan yang akan menerima program beta. Rumor yang semakin tersebar, Google pun akan merilis Google Pixel 2 dalam waktu dekat. Tentu dengan sistem operasi Oreo terbaru nan canggih ini.

Apa saja yang membuat pengguna Telegram sedih saat akan diblokir? Alasannya bisa dibaca di sini.

Foto: Shutterstock

Fokus Utama yang Diinginkan pengguna

Lahirnya Android 8 akan dapat memenuhi keinginan pengguna dalam pemakaian dari baterai, kecepatan dan keamanan. Ketiga hal ini yang menjadi fokus utama dalam versi baru Android yang diluncurkan 21 Agustus 2017. Sameer Samat, Wakil Direktur Manajemen Produk, Android dan Google Play, mengatakan bahwa sistem operasi ini “terpintar, tercepat, dan paling hebat sampai kapan pun.”

Pada baterai, ditambahkan fitur “Doze”, yang akan menonaktifkan aplikasi tidak terpakai. Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu memakainya kembali sesuai perintah. Tanpa harus menginstal aplikasi tambahan, sistem akan mengurangi daya baterai secara otomatis. Proses boot juga semakin cepat, sehingga akan berpengaruh pada jalannya aplikasi saat digunakan.

 

Foto: Shutterstock

 

Fitur Prediksi dan Disediakan Android Oreo

Pada artikel sebelumnya, telah disampaikan fitur yang masih diprediksi akan ada di Oreo ini. Semua fitur tersebut memang tersedia, bahkan lebih dari itu. Seperti mode Picture in Picture (PiP), di mana pengguna dapat mengirim pesan sambil menonton tutorial dandan di aplikasi Youtube. Selain itu, yang menjadi daya tarik lain adalah Oreo menghadirkan animasi pada setiap ikon aplikasi, memberikan gaya visual terkini.

Emoji pada Android Oreo ini juga diperbaharui dengan bentuknya yang semakin lucu dan unik. Hadirnya putri duyung, jerapah, hingga penyihir akan menambah seru pesan di ruang obrol (chat room). Notifikasi juga terlihat lebih ringkas dan akan muncul pada ikon aplikasi secara langsung. Terdapat juga “notification diarrhoea”, yang membantu pengguna mengatur volume notifikasi agar cepat diketahui.

Baca juga: Telepon Pintar dan Tokoh yang Mempopulerkannya

Foto: Shutterstock

Resminya sistem operasi Android Oreo diharapkan dapat memenuhi rasa puas para pengguna. Pemakaian ponsel pintar akan lebih maksimal karena sistem ini menjadi salah satu yang terbaik dari Google. Selain canggih, juga memberikan sensasi menyenangkan bagi penggunanya, terutama saat bertukar pesan dengan tambahan emoji. Jadi, sudah tidak penasaran lagi kan dengan kecanggihan Android Oreo ini?

0 comments