NOW READING

Aksesori Kamera Ringkas yang Harus Siap Ada di Tas

 1051
+
 1051

Aksesori Kamera Ringkas yang Harus Siap Ada di Tas

by The Daily Oktagon
  • Perangkat pendukung kamera, seperti kartu memory dan baterai cadangan sudah tentu wajib dibawa.
  • Namun jangan lupakan aksesori lain yang dapat mendukung kegiatan memotret sehingga hasilnya lebih maksimal
  • Terlebih memotret di keramaian seperti festival, aksesori yang dibawa tentu harus berukuran ringkas sehingga pemotretan dapat berlangsung lancar.

Untuk mengabadikan momen seperti di festival, baik dalam bentuk foto atau video, tentunya kita membutuhkan kamera. Namun, apakah hanya kamera saja yang kita butuhkan?

Karnaval, festival, atau parade semakin populer di Indonesia. Kini semakin banyak festival yang digelar di Indonesia. Festival tidak hanya digelar di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, atau Medan saja, tetapi juga digelar di kota-kota kecil.

Tentu sangat disayangkan jika kita menghadiri festival tersebut, tetapi kita tidak mengabadikannya. The Daily Oktagon akan menguraikan aksesori kamera apa saja yang wajib dibawa ketika ingin mendokumentasikan atau mengabadikan kemeriahan di sebuah festival.

Mengingat momen festival biasanya sangat dinamis dengan banyak pergerakan, tentu aksesori yang dibawa haruslah juga ringkas sehingga membantu proses pengambilan foto.

Tripod atau Monopod

Perangkat ini diperlukan saat kita akan membuat foto diri atau memotret dengan kecepatan buka rana yang rendah. Selain itu, tripod juga dibutuhkan ketika kita ingin membuat video stop motion.

Jika Anda ingin tripod besar yang mungkin sulit untuk diajak kompromi saat Anda harus sering bergerak, Fotopro Tripod Mini M5 dapat jadi teman yang tepat. tripod ini berukuran kecil sehingga dalam mode terlipat hanya memiliki tinggi 175mm sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas. Sementara saat direntangkan, bisa mencapai tinggi 450 mm.

Polarizing Filter

Saat mengikuti festival yang biasanya diadakan di area terbuka, sinar matahari biasanya menjadi “musuh” sehingga kontras foto kerap menjadi sangat kuat. Disinilah lensa filter diperlukan. Polarizing filter semacam Hoya Filter Fusion CPL dapat menjadi pilihan. Filter semacam ini dapat meminimalisir langit yang terlalu terang, atau pantulan permukaan air.

Untuk foto festival, lensa wide angle tentu jadi “senjata” wajib. Rekomendasinya ada di sini.

Lampu Kilat

Perangkat berikutnya yang wajib dibawa adalah lampu kilat alias flash. Kita sangat membutuhkan flash kala obyek yang akan dipotret ada di lingkungan yang temaram atau membutuhkan cahaya tambahan. Flash juga wajib digunakan saat akan memotret festival yang digelar di malam hari.

Bagi pengguna kamera merek Canon, lampu kilat merek Nissin Speedlite Di 600 bisa dijadikan pertimbangan. Lampu kilat merek ini dijual dengan harga Rp1,750 juta. Sementara untuk menggunakan kamera Fujifilm bisa mempertimbangkan flash merek Nissin Speedlite Di I40, yang dijual dengan harga Rp2,552 juta.

External Battery Pack

Setelah flash tersedia, tentu harus dipastikan aksesori ini dapat bekerja maksimal. Kehadiran Sony FA-EB1AM External Battery Pack misalnya, menyediakan sumber tenaga eksternal tambahan untuk flash seperti Sony HVL-F56AM atau Minolta 5600 series. External Battery Pack ini dapat mengurai recycling time sekaligus menambah jumlah total lampu kilat yang bisa dihasilkan oleh flash.

Cari drone untuk merekam festival? Lihat ulasannya di artikel ini.

 Tudung Lensa

Saat hadir di tengah keramain festival, kamera berisiko terkena benturan maupun benda asing seperti debu. Maka selain berfungsi meminimalisir masuknya cahaya yang berlebihan ke dalam lensa, tudung lensa (lens hood) dapat membantu mencegah rusaknya lensa akibat benturan.

Bahkan di produk seperti Lens Hood ET-54 For Canon yang dimensinya dapat dipanjangkan, pencegahan terhadap kerusakan lensa dan bagian kamera lain dapat dilakukan lebih maksimal.

Setelah semua peralatan tadi sudah disiapkan, kita bisa merekam semua momen unik serta kemeriahan di dalam festival tanpa ada rasa khawatir. Yang tinggal dilakukan tinggallah menyiapkan konsep foto seperti apa yang ingin dibuat. Selamat berburu momen indah!

Baca: Sony Xperia XZs, Memukau dengan kamera motion eye

0 comments