NOW READING

Ajak Main CHiP, Robot Anjing yang Penuh Aksi

 4057
+
 4057

Ajak Main CHiP, Robot Anjing yang Penuh Aksi

by The Daily Oktagon
  • Robot anjing pintar dalam rumah yang dapat diajak bermain dengan kemampuan interaksinya yang canggih.
  • CHiP mampu menerima perintah via sensor penerima dan aksesori pelengkap nirkabel yang telah disediakan dalam paket penjualan.
  • CHiP dirilis oleh WowWee, perusahaan mainan pintar asal Kanada yang sebelumnya telah memproduksi beberapa mainan robot pintar.

Memberikan gadget kepada anak-anak terkadang mengundang pro dan kontra. Banyak yang menyimpulkan bahwa gadget dapat membuat perkembangan anak menjadi tertutup dan pasif. Namun kini tak perlu takut, karena terdapat gadget yang cara memainkannya juga memerlukan sikap aktif dan interaktif dari pemiliknya (termasuk anak-anak).

Adalah WowWee, perusahaan teknologi yang berbasis di Hong Kong yang merilis CHiP. Kini Anda atau anak-anak dapat bermain secara aktif dan berinteraksi dengan sebuah robot mini penuh aksi ini di dalam rumah. The Daily Oktagon berkesempatan melakukan unboxing terhadap produk ini beberapa waktu yang lalu.

Siapakah CHiP?

Ia merupakan seekor robot anjing dengan kemampuan teknologi untuk mempelajari lingkungan, sehingga kepribadiannya juga akan berkembang seiring waktu. CHiP akan mengikuti seluruh perintah dan beradaptasi dengan kepribadian serta pilihan pemiliknya. Hal yang disukai oleh pemilik, secara unik juga akan membentuk karakter dari CHiP.

Untuk mengakrabkan diri dengan CHiP, beberapa teknologi canggih telah ditanamkan ke dalam tubuh CHiP. Mulai dari BeaconSense untuk kesadaran posisinya terhadap lingkungan sekitar, GestureSense untuk membuat CHiP mengerti interaksi seperti tepukan, colek-geser, dan sentuhan. Lalu Touch Sensor yang membuat CHiP mampu merasakan sentuhan orang melalui sebidang teknologi capacitive sensor-nya.

robot

Ada pula teknologi gyroscope dan accelerometer yang membuat CHiP sadar ketika ia sedang digendong atau sedang melakukan orientasi gerak. Selain itu adanya koneksi Bluetooth memudahkan CHiP untuk dihubungkan dengan beberapa aksesori pintar seperti ponsel.

Infrared Vision pada bagian matanya membuat CHiP dapat dengan mudah melihat dan berinteraksi. Fitur pengenal suara juga dimiliki oleh CHiP sehingga perintah suara dapat dipahami olehnya. Yang terakhir, Mecanum Wheels pada bagian kaki-kakinya akan membantu CHiP untuk bergerak bebas kemanapun ia mau atau sesuai keinginan pemilik.

Suasana rumah juga bisa semakin hidup dengan kehadiran lampu “pintar”. Simak di sini

SmartBand, SmartBall dan SmartBed

Dalam paket penjualan, di dalamnya terdapat 1 “ekor” CHiP, 1 buah SmartBand, 1 buah SmartBall, dan 1 buah SmartBed. Fungsi dari SmartBand ialah membantu CHiP mengenali pemiliknya, bagi yang menggunakan gelang berbentuk mirip jam tangan pintar ini, maka ialah yang CHiP kenali sebagai pemiliknya.

robot

Melalui SmartBand Anda juga dapat memerintah CHiP untuk mencari dan menyapa pemilik. Jika CHiP melakukan hal baik, Anda juga dapat memberikan pujian secara digital dengan meng-klik tombol thumbs-up yang akan diterima CHiP sebagai pujian sehingga ia akan terlihat senang dan berputar-putar.

Lalu untuk bermain, Anda juga dapat menggunakan SmartBall. Bola pintar ini telah ditanam sensor sehingga dapat digunakan untuk bermain umpan-tangkap bersama CHiP. Meski bola tersebut telah di tes kekuatannya, namun tidak disarankan untuk dilempar ke dasar permukaan yang keras, lebih dianjurkan untuk menggelindingkannya secara pelan-pelan untuk kemudian dikejar dan dibawa kembali oleh CHiP.

Setelah bermain seharian, disinilah fungsi SmartBed akan digunakan. Secara pintar, ketika CHiP merasa lelah dan baterainya mulai lemah, ia akan otomatis mencari SmartBed kemudian mengisi ulang baterainya dengan posisi duduk, sehingga terlihat seolah CHiP sedang beristirahat. Setelah kembali penuh, CHiP biasanya akan langsung mencari si pemilik kemudian ingin diajak bermain sambil menggonggong.

Selain tiga aksesori pintar di atas. CHiP App juga hadir dan dapat diunduh melalui smartphone berbasis iOS maupun Android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat memberi makan CHiP secara digital, atau melatihnya untuk melakukan berbagai trik dan membuka trik-trik baru.

robot

Klik di sini untuk melihat robot “CCTV” yang dapat mengawasi rumah dari kejauhan

Sudah Bisa Pre Order

Untuk mendapatkan CHiP, Anda tidak perlu bersusah payah mencarinya di luar negeri. Karena pre order CHiP sudah dapat dilakukan di Oktagon dengan harga Rp 4,9 jutaan (terdapat cicilan 0% selama 12 bulan hanya di Oktagon​). Kehadiran CHiP di Indonesia juga serempak dengan peluncurannya di seluruh dunia.

Setiap produk CHiP memiliki garansi selama tujuh hari. Jika terjadi kerusakan maka akan langsung diganti dengan unit baru. Untuk ketahanan produk sendiri, CHiP tergolong “bandel” dan kuat, sehingga tak perlu khawatir ketika dilepas bermain bersama anak-anak.

Perlu diingat, CHiP adalah anjing yang diperuntukkan untuk digunakan dalam ruang. Meski ia cukup kuat namun tidak direkomendasikan membawa CHiP ke wilayah luar yang tergolong ekstrem, apalagi basah karena ditakutkan dapat merusak komponen bagian dalamnya.

Ketika dikeluarkan pertama kali dari dalam dusnya, biasanya CHiP memerlukan untuk pengisian baterai secara langsung dan penuh. Kemudian CHiP dapat langsung diperbarui sistemnya melalui CHiP App. Setelahnya ia siap untuk diajak bermain. Sudah siap ditemani si “anjing pintar” ini?

Untuk robot pintar lainnya bisa Anda lihat di sini

0 comments