NOW READING

Agar Bekerja di Rumah Bisa “Senyaman” di Kantor

 967
+
 967

Agar Bekerja di Rumah Bisa “Senyaman” di Kantor

by The Daily Oktagon
  • Kerja tidak harus di kantor. Berkat teknologi dan koneksi internet kini bekerja pun bisa dilakukan di rumah.
  • Ragam perangkat teknologi untuk membuat rumah Anda serasa seperti kantor, hadir dalam beragam bentuk dan fungsi yang unik.
  • Bekerja di rumah pun bisa sama produktifnya seperti di kantor.

Tuntutan kerja yang semakin cepat membuat aktivitas bekerja tidak hanya dilakukan di kantor. Berdasarkan studi Microsoft Asia Workplace 2020 misalnya, disebutkan bahwa 85% karyawan paling tidak menghabiskan satu hari penuh untuk bekerja di luar kantor, salah satunya di rumah.

Rumah juga berarti “kantor” bagi para pekerja lepas (freelance) yang memang tidak membutuhkan ruang kantor resmi dalam menjalankan profesinya. Apalagi kini koneksi internet berkecepatan tinggi juga sudah dapat dengan mudah dipasang untuk kebutuhan rumah tangga sehingga bekerja di rumah semakin mudah.

Berikut ini informasi mengenai beberapa perangkat yang bisa membuat Anda lebih produktif bekerja di rumah.

Lampu Meja

Mungkin terdengar tidak terlalu penting karena di setiap kamar pasti sudah terdapat lampu. Namun lampu meja bisa memberikan efek fokus atau membantu konsentrasi ketika bekerja. Apalagi jika Anda seorang makhluk nocturnal atau yang bisa bekerja lebih baik ketika di malam hari.

Di pasar saat ini banyak tersedia lampu meja pintar atau smart desk lamp yang memiliki banyak fitur, salah satunya fitur yang paling dibutuhkan adalah terdapat pengaturan intensitas cahaya yang dihasilkan oleh perangkat lampu pintar tersebut sehingga mata menjadi nyaman.

Misalnya Xiaomi Philips EyeCare 2 Smart Desk Lamp, merupakan lampu meja pintar yang bisa terhubung dengan smartphone sehingga smartphone kita bisa difungsikan layaknya remote untuk mengoperasikan lampu tersebut yaitu untuk mengatur intensitas cahaya yang pas dengan mata kita.

Mudah sekali, cukup dengan menghubungkan lampu dan smartphone dengan Bluetooth lalu kendalikan lewat aplikasi Mi Home.

Hebatnya lagi lampu pintar ini memiliki sensor cahaya sehingga ketika cahaya di ruang kerja Anda semakin gelap atau terang maka intensitas cahaya yang dihasilkan akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya di dalam ruangan.

Anda sering melakukan perjalanan bisnis? Temukan bantuan gadget yang tepat di sini

External Hard Disk

Sebagian dari Anda mungkin ada yang enggan menyimpan data di laptop dan membutuhkan media penyimpanan memori tambahan dengan alasan takut jika nanti laptop dan perangkat mobile gadget Anda rusak maka seluruh data Anda hilang. Berbeda jika di kantor, tentu saja kantor sudah menyediakan tim teknis dan backup storage untuk seluruh komputer karyawan.

External hard disk menjadi salah satu solusinya bagi Anda yang memilih bekerja di rumah, kini hampir semua external hard disk hadir dengan desain portable namun bagi untuk pemakaian di rumah biasanya hadir dengan ukuran yang sedikit besar.

Modelnya pun perlu diketahui, hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD) sebab ini akan berpengaruh terhadap kecepatan dan kapasitas memori penyimpanan data. Selain itu tersedia fitur lain seperti tersedia slot kartu MicroSD dan konektivitas WiFi.

Beberapa merek juga menyedikan layanan penyimpanan cloud sekaligus sehingga data dari external hard disk yang ada di rumah tetap bisa diakses saat kita bera di luar selama perangkat tersebut terkoneksi internet di rumah Anda.

Seagate Wireless Plus adalah hard disk internal yang cocok bagi Anda yang bekerja di rumah apalagi ingin bisa bekerja di ruangan mana saja di rumah Anda sebab perangkat ini memiliki konektivitas WiFi built-in yang bisa terhubung dengan tiga perangkat sekaligus. Jadi Anda tidak perlu repot menyambungkan perangkat ini dengan laptop Anda atau perangkat gadget lainnya.

Selain itu perangkat ini juga memiliki baterai tersendiri sehingga bisa aktif tanpa harus ada sambungan listrik. Baterainya mampu bertahan hingga 10 jam, jadi Anda bisa tetap bekerja dan terhubung dimana saja tanpa ribet.

Penghangat Minuman

Bekerja tidak lengkap jika tidak ditemani minuman atau cemilan, dari dulu hingga saat ini kopi pun masih menjadi minuman pendamping ketika Anda mengerjakan tugas kantor atau lain-lainnya di depan komputer maupun laptop, khususnya Anda yang senang bekerja di malam hari.

Cup holder tentu akan sangat berguna untuk mencegah minuman Anda terbentur tangan Anda dan malah menyiram perangkat kerja Anda. Menariknya kini ada banyak cup holder yang bisa terhubung dengan kabel data ke laptop sehingga memiliki fitur lain, misalnya untuk tetap menjaga minuman Anda tetap hangat.

Thanko USB-Powered Paper Cup Warmer jadi salah satu gadget unik bagi Anda pecinta Starbucks yang gemar membuka laptop sambil meminum kopi. Cukup dengan waktu 4 menit saja maka minuman Anda mencapai titik hangat dan terus tetap hangat.

Untuk Anda eksekutif muda, temukan ragam rekomendasi laptop di sini

Wireless Charger

Memiliki banyak gadget artinya berhadapan dengan rumitnya kabel data yang bersliweran kemana-mana. Apalagi di rumah biasanya lubang colokan hanya ada di beberapa tempat dan posisinya tersebar. Padahal kita seringkali bekerja dengan dua perangkat sekaligus, satu laptop/komputer dan satu lagi mobile gadget, yaitu smartphone.

Teknologi wireless charger pun menjadi solusi yang pas bagi Anda yang tidak mau ribet colok kabel sana sini, MobilePal QIWI-G2-KL Gen-2 Wireless Power Bank adalah salah satu pernagkat yang harus miliki sebab nilai tambahnya adalah sifatnya yang portable. Jadi ketika Anda berniat untuk bekerja di kafe dengan rumah Anda yang biasanya tidak tersedia banyak colokan, maka perangkat ini akan sangat membantu.

MobilePal QIWI-G2-KL Gen-2 Wireless Power Bank memiliki kapasitas 10.000mAh yang mendukung wireless charging maupun dengan kabel USB sehingga bisa menjadi charger hub untuk semua perangkat.

Tidak kalah hebatnya lagi wireless charging ini juga mendukung teknologi quick charging sehingga pengisian daya power bank maupun perangkat yang terhubung dengan wireless charging bisa terisi lebih cepat dan efisien.

Baca: Adu Ringkas tablet berukuran compact

Mesin Printer Multifungsi

Mesin cetak atau printer pun masih dibutuhkan lho meskipun kini semua sudah serba digital, paling tidak Anda butuh mencetak dokumen sebelum esok hari Anda pergi ke kantor atau institusi yang membutuhkan dokumen fisik.

Namun mesin printer tidak harus sekadar mampu mencetak dokumen dengan kualitas terbaik dan dalam waktu cepat tiap lembarnya, perangkat tersebut juga harus memiliki fitur lain misalnya memindai dokumen fisik ke digital atau yang bisa disebut scanner. Apalagi jika dokumen tersebut membutuhkan tanda tangan otentik.

Canon G2000 misalnya salah satu printer buatan Canon dari kelas premium dengan kemampuan multifungsi, yakni printer, scanner, dan copy. Tidak hanya itu, kemampuan cetaknya pun tidak sebatas dokumen, tetapi juga foto dengan ukuran 4R penuh satu halaman alias borderless maupun dalam ukuran A4 dengan proses hanya 60 detik saja.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah perangkat ini mendukung koneksi nirkabel dan bisa terhubung dengan internet sehingga kegiatan cetak mencetak bisa dilakukan dari layanan cloud yang ada di mobile gadget. Jadi Anda tidak harus menunggu berada di depan printer dahulu baru mencetak dokumen yang diinginkan.

Dengan bantuan berbagai gadget ini, bekerja di rumah akan semakin nyaman, dan produktivitas pun akan meningkat.

0 comments