NOW READING

Adu Smartphone Flagship : Xiaomi Mi 5 vs Apple iPhone 6s vs Huawei P9

 3563
+
 3563

Adu Smartphone Flagship : Xiaomi Mi 5 vs Apple iPhone 6s vs Huawei P9

by The Daily Oktagon

Bicara soal persaingan smartphone, paling enak dan seru tentu saja jika membahasnya di kelas flagship atau yang tertinggi. Di kelas ini, ada nama beken seperti LG G4 dan Samsung Galaxy S7 series yang sudah diluncurkan Februari lalu. Selain mereka, ada produk lain yang turut mencuri perhatian baru-baru ini, yakni Xiaomi Mi 5 dan Huawei P9. Lalu, seperti apa performa keduanya jika dibandingkan Apple iPhone 6s yang juga diprediksi bakal menjadi favorit di tahun ini?

Tentu Anda pensaran, kan? The Daily Oktagon sudah menyiapkan artikel menarik tentang adu smartphone flagship : Xiaomi Mi 5 vs Apple iPhone 6s vs Huawei P9.

Xiaomi Mi 5 paling ramah kantong

Baik iPhone 6s, Xiaomi Mi 5, dan Huawei P9 adalah smartphone tertinggi saat ini bagi perusahaan masing-masing. iPhone 6s dan Huawei P9 dibanderol dengan harga selangit. Kebalikan 180 derajat, Xiaomi Mi 5 justru ditawarkan dengan harga hampir separuhnya. Padahal, spesifikasi yang ditawarkan tidak kalah dibandingkan kedua pesaingnya.

mi-5
Di Indonesia, iPhone 6s belum masuk secara resmi hingga saat ini. Varian 64 GB yang paling banyak diminati, rata-rata dijual dengan harga Rp 10 jutaan. Huawei P9 juga belum hadir di Indonesia. Namun, smartphone satu ini diyakini bakal dijual dengan harga tak kurang dari Rp 11 juta ketika tiba di Indonesia nanti. Nah, kalau kedua smartphone tadi dinilai overbudget, Xiaomi Mi 5 yang juga belum hadir secara resmi dengan status garansi distributor versi 32 GB dijual hanya Rp 4,5 jutaan saja.

Yuk, baca artikel menarik ini, Berkenalan dengan Teknologi Dolby di Smartphone

Performa dan kecepatannya bersaing

Bicara smartphone flagship sudah pasti akan membahas dan membandingkan performa prosesor yang menentukan seberapa kuat dan cepat dalam beroperasi. iPhone 6s menggunakan CPU dual-core Apple A9, Xiaomi Mi 5 dijalankan CPU quad-core Snapdragon 820, serta Huawei P9 menggunakan CPU octa-core HiSilicon Kirin 955.

Untuk performa multitasking, Huawei P9 sudah pasti paling unggul. Di pengujian Geekbench multi-core, skor yang dihasilkan mencapai 7.497 poin, diikuti Snapdragon 820 milik Mi 5 dengan skor 5.466 poin, serta iPhone 6s di posisi ketiga dengan skor 4.403 poin. Tak heran karena jumlah core prosesor Kirin 955 lebih banyak dari Snapdragon 820 dan Apple A9.

huawei-p9
Sedangkan untuk pengujian Geekbench single-core, Apple A9 mendominasi dengan skor 2.522 poin. Snapdragon 820 menguntit di urutan kedua dengan skor 2.353 poin, serta Kirin 955 dengan skor hanya 1.809 poin. Dari uji benchmark ini, bisa diketahui bahwa Xiaomi Mi 5 di atas kertas lebih unggul untuk urusan multitasking membuka banyak aplikasi sekaligus.

game-iphone
Jika bicara performa game, harus diakui bahwa iPhone 6s lah juaranya. Pasalnya, game mobile terberat saat ini belum membutuhkan banyak core prosesor, sehingga dua inti core masih sangat mencukupi. Peran GPU 6-core PowerVR-G7600 pada iPhone 6s juga turut memengaruhi performa gaming yang dimilikinya. Ditambah dengan sistem operasi iOS yang hemat, hasilnya iPhone 6s paling lancar menjalankan game dibanding dua pesaingnya.

Huawei P9 jago motret, iPhone 6s andal merekam video

Urusan performa, Huawei P9 boleh kalah dibanding Xiaomi Mi 5 dan iPhone 6s. Tapi bagi yang gemar fotografi, dua buah kamera 12 MP yang dimiliki oleh P9 tidak bisa dianggap remeh. Kedua lensa tersebut dirancang bersama dengan Leica, produsen kamera kenamaan.

Penggunaan dua lensa juga bukan tanpa alasan. Lensa pertama berfungsi menghasilkan foto berwarna, lensa lain untuk menangkap foto dengan warna hitam dan putih. Ketika disatukan, kedua lensa ini bisa menghasilkan foto dengan warna yang sangat baik untuk standar smartphone. Jadi, tidak perlu repot-repot instal aplikasi filter foto.

Pengaturan manual pada kamera Huawei P9 juga yang paling lengkap di sini. Anda bisa menghasilkan foto light trail di malam hari layaknya kamera profesional. Pada Xiaomi Mi 5, kamera 16 MP yang diusung sebenarnya juga tergolong baik. Tapi, kurang bisa diandalkan untuk menghasilkan foto kreatif. Sedangkan kamera 12 MP milik iPhone 6s paling standar karena tidak ada pengaturan yang disediakan.

Untuk merekam video, kamera iPhone 6s yang paling baik. Ada mode perekaman 4K 30 fps, full HD 60 fps, 720p 240 fps, hingga time lapse. Perpindahan fokus obyek terasa sangat smooth seperti kamera profesional. Meskipun tidak ada OIS, hasil videonya juga halus dan minim guncangan.

Sebaliknya, meski punya OIS 4-axis, kamera Xiaomi Mi 5 tetap bisa semaksimal kamera iPhone 6s dalam urusan merekam video. Bahkan kualitas rekamannya masih di bawah Huawei P9, video seringkali berjalan tersendat, belum mencapai standar pro. Nah, mana yang paling cocok dengan selera dan kebutuhan Anda?

Baca juga, Duel Smartphone Android dengan Kamera Beresolusi Tinggi

0 comments