NOW READING

Adu Ringkas Tablet 9,7 Inci: Samsung Galaxy Tab S2 dan Apple iPad

 1613
+
 1613

Adu Ringkas Tablet 9,7 Inci: Samsung Galaxy Tab S2 dan Apple iPad

by The Daily Oktagon
  • Samsung dan Apple berlomba untuk menghasilkan tablet yang ringkas dengan ukuran layar yang serupa.
  • Samsung Galaxy Tab S2 menawarkan bentuk yang tipis dengan didukung prosesor berunjuk kerja tinggi.
  • Apple iPad terbaru memiliki layardengan tingkat kecerahan yang tinggi.

Mobilitas manusia yang terus meningkat membuat kebutuhan akan alat kerja yang praktis semakin tinggi. Tablet tentu menjadi salah satu pilihan, karena ukurannya yang pas dan memiliki bobot yang ringan sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana ketimbang komputer jinjing.

Samsung dan Apple merupakan produsen yang relatif konsisten meluncurkan tablet yang menyasar para pekerja, yang membutuhkan tablet untuk meningkatkan produktivitas. Produk tersebut adalah Samsung Galaxy Tab S2 dan Apple iPad (9,7 inci). Berikut ini The Daily Oktagon coba bandingkan keduanya.

Desain klasik

Meski jadi pengganti iPad Air 2, iPad terbaru itu memiliki bentuk dan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, yaitu 9,7 inci. Namun, iPad 2017 lebih tebal dari iPad Air 2. Ketebalan iPad mencapai angka 7,5 milimeter, sedangkan lebarnya 169,5 milimeter dan memiliki panjang mencapai 240 milimeter.

iPad

Sementara untuk desain, iPad tampil dengan gaya klasik, yaitu terdapat bezel mengilap yang menghiasi seluruh tepi tablet, lapisan aluminium keras di bagian belakang, serta magnet untuk menempelkan smart cover. Tablet terbaru ini juga masih memiliki tombol fisik Home berukuran bulat yang ditempatkan di bagian bawah.

Ada pun Samsung Galaxy Tab S2 lebih tipis, yaitu 5,6 milimeter. Sementara dengan panjang 237,3 milimeter dan lebar 169 milimeter, juga sedikit lebih kecildari iPad. Untuk beratnya, tablet ini hanya berbobot 389 gram (koneksi Wi-Fi) serta 392 gram (koneksi 4G LTE).

Tab S2

Memiliki bagian siku yang membulat, tanpa sudut yang tajam, Galaxy Tab S2 cukup nyaman saat digunakan dengan satu tangan, baik dalam posisi landscape, kala menonton video, mau pun dalam posisi portrait ketika digunakan untuk membaca buku elektronik.

Untuk desain tidak perlu diragukan, karena Samsung Galaxy Tab S2 memiliki bentuk yang elegan dan ramping. Bodi tablet ini telah dilapisi logam berkualitas tinggi, sedangkan bagian belakangnya menggunakan bahan antislip, yang membuatnya mantap saat dipegang dengan satu tangan.

Maksimalkan komputer untuk Anda yang super sibuk. simak tipsnya di sini

Layar kemilau

Layar Samsung Galaxy Tab S2 menggunakan teknologi Super AMOLED sehingga diklaim membuat gambar tampak alami. Rasio kontras yang tinggi memberikan kedalaman dan kepadatan yang sempurna, sehingga gambar menjadi sangat jernih. Sementara resolusi layar mencapai angka 2.048 x 1.536 pixel dengan kepadatan pixel hingga 264 ppi.

Resolusi serupa juga dimiliki layar iPad terbaru. Menurut Apple, layar tablet terbaru mereka 25 persen lebih terang dari produk terdahulu, membuat tampilan gambar lebih cerah dan tegas. Namun, layar iPad 2017 tidak memiliki lapisan antireflective, seperti halnya yang ada di iPad Air 2.

iPad

Tablet terbaru buatan Apple itu juga tidak menggunakan layar True Tone, seperti yang diadopsi oleh iPad Pro. Akan tetapi, fitur Retina Display tetap ada, sehingga tampilan layar tetap terlihat jernih.

Simak ulasan smartphone flagship Xiaomi di sini

Hardware mumpuni

Bagaimana dengan kinerja Samsung Galaxy Tab S2 dan iPad? Tab S2 diotaki prosesor Octa Core-64 Bit dan RAM 3GB. Prosesor tersebut memiliki dua inti, yaitu Quad Core 1.9 Ghz dan Quad Core 1.3 Ghz.

Setiap inti prosesor ditempatkan di System on a Chip (SoC) buatan Samsung, yaitu Exynos 5 Octa 5433. Kerja prosesor tersebut dioptimalkan oleh pengolah grafis Mali-T760 MP6.

Chipset Octa Core generasi terbaru tersebut membuat performa multitasking Samsung Galaxy Tab S2 semakin cepat, sehingga bisa menjalankan dua aplikasi di satu layar dengan sangat mulus.

Tab S2

Tablet ini juga mampu menjalankan beragam video game dengan kualitas grafis yang tinggi dan tiga dimensi (3D). Sehingga, untuk penggunaan bermain games pun tablet ini sangat cocok untuk Anda.

Untuk sistem operasi, Galaxy Tab S2 yang diproduksi pada 2016 menggunakan Android 6.0.1 (Marshmallow) dan bisa ditingkatkan ke Android 7.0 (Nougat).

Jika yang Anda cari tablet hybrid, baca artikel ini

Sementara iPad terbaru menggunakan prosesor A9, sama seperti yang digunakan iPhone produksi 2015. Berkat prosesor itu, kinerja iPad 2017 lebih cepat dari iPad Air 2, tetapi lebih lamban dari iPad Pro, yang menggunakan prosesor A9X. Untuk sistem operasi menggunakan iOS 10.3.

Untuk menyimpan data, iPad 2017 menggunakan memori internal berukuran 32 GB dan 128 GB. Sementara Galaxy Tab S2 menggunakan memori internal berukuran 32 GB dan 64 GB serta dapat diperluas dengan microSD hingga sebesar 256 GB.

Dari dua tablet di atas, mana yang jadi pilihan Anda? Berdasarkan spesifikasi dan kemampuannya, iPad 2017 cocok bagi yang baru pertama kali membeli tablet buatan Apple atau yang ingin mengganti iPad lama, yang kinerjanya sudah melamban.

Ada pun bagi mereka yang menginginkan tablet ringkas yang berukuran lebih tipis, Galaxy Tab S2 bisa jadi pertimbangan pertama. Meski memiliki bentuk yang tipis, tetapi kinerja tablet tersebut sangat luar biasa.

0 comments