NOW READING

Adu Pintar 3 Smartwatch Canggih

 1679
+
 1679

Adu Pintar 3 Smartwatch Canggih

by The Daily Oktagon
  • Teknologi komputasi membuat jam tangan juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dan mengetahui kondisi fisik penggunanya.
  • Smartwatch Apple Watch 2, Samsung Gear S3, dan Motorola Moto 360 2nd Generation mengusung teknologi terkini untuk menunjang aktivitas penggunanya.
  • Berbagai teknologi baru, mulai dari grafis yang lebih tajam dan fitur kesehatan yang lebih mumpuni.

Sebuah penelitian terbaru dari Gartner memperlihatkan bahwa penggunaan smartwatch di beberapa negara besar masih dalam tahap early adopter. Amerika misalnya, angka pengguna awalnya berada di 12 persen dari seluruh peserta penelitian. Sementara Inggris dan Australia ada di angka 9 dan 7 persen.

Namun walau terkesan “lambat”, bukan berarti para produsen ikut-ikutan melambat dalam meluncurkan smartwatch terbarunya. Agar tidak bingung saat memilih smartwatch yang akan dibeli pada awal tahun ini, The Daily Oktagon memilihkan tiga smartwatch yang layak dilirik. Apa saja kelebihan yang ditawarkan smartwatch tersebut?

Apple Watch 2

Kelebihan jam tangan pintar buatan Apple ini adalah waterproof resistant alias antiair. Arloji ini bisa diajak menyelam hingga kedalaman 50 meter. Di dalam Apple Watch 2 juga ditanamkam GPS (builtin GPS), yang berguna untuk merekam jejak lari, mendaki, dan bersepeda.

Dari segi desain, tidak ada banyak perubahan dari generasi pertama, yaitu kotak dengan sisi yang tumpul. Namun, untuk generasi kedua, Apple menyediakan beberapa pilihan tali pengikat. Apple bekerja sama dengan Hermes untuk menyediakan beragam tali pengikat jam tangan.

smartwatch

apple-watch2-3up

Untuk sistem operasi (OS), Apple Watch 2 menggunakan watchOS 3. Ini merupakan sistem operasi terbaru buatan Apple untuk jam tangan pintar buatan mereka. Apple Watch 2 menggunakan prosesor dualcore teranyar, yaitu S2. Prosesornya ini diklaim lebih cepat 50 persen dari pendahulunya.

Grafisnya juga dua kali lebih tangguh dan mampu mengakomodasi tampilan yang lebih ramah mata. Selain itu, kecerahan layarnya pun ditingkatkan agar tetap bisa dilihat saat matahari bersinar dengan terik.

Untuk harga, Apple Watch 2 42 mm Gold Aluminium dengan tali pengikat warna coklat dan hitam dijual di kisaran harga Rp6,6 juta. Sementara untuk Apple Watch 2 38 mm Rose Gold Aluminium dengan tali pengikat warna pink dijual di harga Rp6,4 juta.

Simak trik jitu memilih smartwatch sesuai kepribadian di sini

Samsung Gear S3

Smartwatch ini berpenampilan layaknya arloji normal untuk aktivitas sehari-hari dan hadir dalam dua varian, yaitu Classic dan Frontier.

Kedua model itu menggunakan layar bulat dan dihiasi dengan bingkai besi. Beberapa fiturnya pun sama, hanya ada perbedaan kecil pada desain dan konektivitas. Namun, keduanya sama-sama dilengkapi dengan prosesor 1 GHz dualcore dan RAM 758 MB dan sama-sama menjalankan sistem operasi Tizen.

Kedua varian Gear S3 itu menggunakan layar Super AMOLED dengan resolusi 360 x 360 pixel. Layar jam tangan pintar buatan Korea Selatan ini dilindungi dengan kaca tangguh Gorilla SR+ buatan Corning. Untuk tenaganya, Samsung Gear S3 menggunakan baterai 380 mAh.

Samsung-Gear-S3-classic-7

samsung-gear-s3-frontier-3

Mirip dengan Apple Watch 2, Samsung Gear S3 juga memiliki kemampuan antiair dan antidebu bersertifikasi IP68. Samsung mengklaim dua lini teranyarnya sudah dites pada kondisi standar militer, mencakup temperatur tinggi dan rendah, serta getaran yang ekstrim.

Tentu tetap ada pembeda dari dua varian yang ditawarkan Samsung Gear S3. Varian Classic menjadi penerus seri terdahulu, yaitu Gear S2. Varian ini memiliki desain lebih minimalis seperti arloji analog dengan tubuh berbalut stainless steel. Beberapa tombol berbalut metal diletakkan di sisi bingkai layar. Bobotnya pun lebih ringan, yaitu 57 gram. Untuk konektivitas, Classic mendukung Wi-Fi dan Bluetooth.

Sementara penampilan varian smartwatch Frontier lebih garang, karena ditujukan kepada yang gemar bertualang. Tombol navigasi Frontier menyatu sebagai bodi. Bobotnya pun lebih berat, yaitu 62 gram.

Soal konektivitas, Frontier sudah kompatibel dengan jaringan LTE melalui fitur NumberSync. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Samsung Gear S3 Frontier menerima dan mengirim SMS serta bertelepon dengan nomor yang sama dengan yang di smartphone.

Simak juga berbagai produk hi tech terbaru yang tak kalah canggih di sini

Motorola Moto 360 2nd Generation

Moto 360 generasi kedua mengusung desain yang mirip dengan generasi pertamanya, yaitu bentuk bundar dengan antarmuka yang bundar pula. Bedanya, tali pengikat smartwatch ini dibuat menonjol ke luar agar bisa dilepas pasang dengan mudah.

Motorola menyediakan dua pilihan diameter jam, yaitu 46 mm dan 42 mm, serta edisi khusus wanita. Model yang satu ini berdiameter 42 mm, tetapi dengan tali pengikat atau strap berukuran lebih kecil, yaitu 16 mm.

Moto 360 2nd Gen ukuran 46 mm mengusung layar dengan resolusi 360 x 360 pixel dengan tingkat kerapatan 233 ppi. Resolusi ini sedikit meningkat dari generasi pertamanya, yang hanya 320 x 290 pixel dengan tingkat kerapatan 233 ppi.

Dengan resolusi seperti itu, pengguna akan mendapatkan gambar yang lebih tajam, baik untuk teks maupun ikon. Permukaan layarnya juga dilengkapi dengan lapisan kaca antigores Gorilla Glass 3.

Secara keseluruhan, desain Moto 360 nampak menarik dengan bentuk bundarnya yang khas dengan tombol yang minimalis di sisi kanan. Letak tombol fisik juga diubah menjadi sedikit condong ke atas. Di generasi pertama, tombol fisik ada di tepi kanan tengah.

Moto_360_(2nd gen)_Cognac_Lifestyle

Moto_360_(2nd gen)_Black_Tan_Hero

Untuk perangkat kerasnya, Motorola 360 2nd Generation menggunakan prosesor Snapdragon 400, RAM 512 MB, baterai 300 mAh (untuk versi 42mm) atau 400 mAh (untuk versi 46 mm), dan media penyimpan data berukuran 4 GB. Sistem operasinya menggunakan Android Wear buatan Google.

Mengisi ulang baterai bisa dilakukan dengan cukup cepat. Hanya dalam tempo satu jam, baterai smartwatch sudah terisi penuh. Unit pengisi ulang daya baterai (charger) yang disertakan Motorola juga memiliki desain yang modern dengan fitur wireless charging dan bisa dijadikan sebagai dudukan jam.

Bicara baterai, berikut ini smartphone terbaru dengan baterai super

Moto 360 2nd Gen juga dilengkapi fitur kesehatan dengan disematkannya sensor denyut nadi (heart rate sensor) yang berada di sisi belakang. Dengan memasang aplikasi Moto Body, pengguna bisa mengetahui kondisi fisiknya, seperti jumlah langkah dan kalori yang dibakar serta detak jantung.

Di Indonesia, Moto 360 dipasarkan dalam empat varian yang dibedakan dari warna dan jenis strap, yakni Sport Black Edition (45 mm), Black Leather (42 mm), Rose Gold (42 mm), dan Cognac Leather (46 mm), yang dijual dengan harga Rp4,6 juta.

Dari tiga smartwatch ini, mana yang merupakan pilihan Anda?

0 comments