NOW READING

Adu Laptop untuk Kebutuhan Desain Grafis

 5988
+
 5988

Adu Laptop untuk Kebutuhan Desain Grafis

by The Daily Oktagon
  • Profesi desainer grafis lekat dengan cetusan ide kreatif yang bisa hadir kapan dan dimana saja. Laptop yang ringkas dapat menjadi ‘penangkap’ cetusan ide itu dengan segera.
  • Laptop untuk desain grafis membutuhkan spesifikasi tertentu, misalnya kecepatan dapur pacu, kualitas layar, dan kemampuan kartu grafis yang menunjang kualitas resolusi layar.
  • Apple MacBook Pro dikenal sebagai salah satu laptop andalan desainer grafis namun laptop gaming seperti Asus ROG G751JL diklaim sudah cukup mampu menjadi alternatif pilihan laptop untuk para desainer grafis.

Profesi desainer grafis dekat dengan tuntutan pekerjaan yang sering membutuhkan ide kreatif. Ide tentu bisa datang kapan saja, sehingga pelakunya biasanya dapat bekerja di manapun dan kapanpun.

Dengan tuntutan profesi semacam ini, tentu saja perangkat laptop menjadi senjata andalan untuk bekerja. Tentu juga bukan sembarang laptop, melainkan laptop yang memiliki spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan khusus para desainer grafis dalam satu paket.

Spesifikasi yang dibutuhkan antara lain, seperti kecepatan dapur pacu atau prosesor yang digunakan, kualitas resolusi layar yang ditampilkan serta kartu grafis yang mendukungnya.

Berikut perbandingan dua laptop yang layak jadi pilihan untuk desain grafis, Apple MacBook Pro dan Asus ROG G751JL. Meski nama kedua ditujukan sebagai laptop gaming, namun memiliki kemampuan yang bisa dipergunakan bagi desainer grafis sekaligus mereka yang mengaku gamer.

Desain Perangkat dan Ukuran Layar

Apple MacBook Pro memiliki desain yang lebih elegan dan minimalis ketimbang Asus ROG G751JL. Perangkat ini menggunakan pakem yang sudah menjadi ciri khas dari tiap perangkat buatan Apple.

Apple MacBook Pro

Berbeda dengan Asus ROG G751JL yang memang sejak awal diposisikan sebagai laptop gaming, desainnya lebih mencolok perhatian siapapun yang melihatnya.

Perlu diketahui Apple MacBook Pro hadir dengan dua jenis ukuran, yaitu 13 inci dan 15 inci, namun ukuran layar yang lebih besar tentu akan lebih nyaman digunakan bagi desainer grafis. Apple MacBook Pro memiliki dimensi tubuh 13,75 x 9,48 inci dengan ketebalan 0,61 inci dan bobot 1,37 kg saja.

Asus ROG G751JL mengusung layar berukuran 17 inci sehingga dimensi tubuh lebih besar yakni 16,4 x 12,5 inci dengan ketebalan 1,7 inci serta bobot 4,3 kg. Ukuran layar tentu menentukan tingkat kenyamanan mata pengguna, namun bobot ringan juga dibutuhkan supaya tidak berat dibawa kemana-mana.

Simak profil arsitek Cosmas Gozali dan tantangan teknologi dalam profesinya.

Resolusi Layar dan Kartu Grafis

Kualitas resolusi layar yang dihasilkan menjadi sangat penting karena desain grafis berurusan dengan kualitas visual, misalnya detil warna, ketajaman, kecerahan, dan lain-lain. Apple MacBook Pro memiliki layar beresolusi 2800 x 1800 dengan kerapatan 220 pixel per inci.

Bagaimana dengan ASUS ROG G751JL? Perangkat ini beresolusi FHD 1920 x 1080. Meskipun angka resolusi yang dihasilkan tidak sebesar atau setajam MackBook Pro namun perangkat ini terbukti mampu menyajikan pengalaman visual yang jauh lebih baik ketimbang laptop pada umumnya.

Asus ROG G751JL

Tentu saja kualitas visual tidak hanya diukur dari ukuran maupun resolusi layar yang dihasilkan, tetapi juga otak dibaliknya yakni kartu grafis yang membantu mengolah visual yang dihasilkan.

Baik Apple MacBook Pro dan Asus ROG G751JL sama-sama dibekali kartu grafis non-standar dari merek yang mensuplai kartu grafis untuk perangkat laptop gaming, NVIDIA GTX965M 2GB DDR 5 untuk Asus dan AMD Radein Pro 455 2GB DDR5 untuk Apple.

Perlu diperhatikan bahwa angka dengan satuan gigabyte setelah seri kartu grafis pun juga sama pentingnya karena ini adalah memori kartu grafis yang akan membantu mempercepat proses pengolahan visual. Terlihat bahwa kedua perangkat sudah mampu menyediakan kebutuhan pengolahan grafis atau visual untuk desain grafis.

Jika Anda sedang mencari laptop untuk gaming, simak artikel ini.

Otak Perangkat dan Kapasitas Memori

Prosesor tidak lupa menjadi indikator kemampuan sebuah perangkat, sebab disini semua proses dan kegiatan diolah, semakin cepat semakin baik dan ini adalah tuntutan utama dari kebutuhan desain grafis.

Tidak hanya menggunakan prosesor tertinggi di kelasnya tetapi juga laptop untuk kebutuhan desain grafis membutuhkan RAM dan memori internal atau ROM yang cukup besar.

Ibaratkan RAM adalah ruang untuk prosesor ini bernapas dan ROM adalah ruang untuk menyimpan beragam aplikasi dan data yang diolah selama proses kerja.

Apple MacBook Pro dibekali dengan prosesor Intel Core i& quad-core dengan kecepatan 2,7 GHz yang dalam mode Turbo Boost bisa melesat hingga 3,6 GHz sehingga kecepatan pengoperasiannya tetap stabil meski membuka aplikasi desain grafis dan begitu banyak data secara bersamaan. Menariknya kemampuan tersebut rupanya sama seperti yang tertanam pada Asus ROG G751JL.

Bagaimana dengan RAM yang juga faktor penting dalam kecepatan perangkat ketika digunakan? Apple MacBook Pro dan Asus ROG G751JL lagi-lagi memiliki kesamaan yakni memiliki kapasitas RAM sebesar 16GB di paket awal penjualan, tentu saja kapasitas ini masih bisa ditingkatkan.

Bagi Anda yang mobile, tablet ringkas bisa jadi gadget andalan. Simak yang terbaru di sini.

Perbedaan terletak pada jenis dan kapasitas ROM yang ditanamkan, apabila Apple MacBook Pro menggunakan ROM dengan jenis perangkat SSD berkapasitas 512 sedangkan Asus ROG G751JL menggunakan jenis HDD berkapasitas 1024GB alias 1TB.

Hal tersebut lumrah bahwa kapasitas SSD memang tidak lebih besar ketimbang HDD selain itu harganya lebih mahal sebab SSD memberikan kecepatan proses kerja memori yang lebih cepat dari HDD. Faktor tersebut cukup membantu sebuah RAM untuk mendongkrak kecepatan laptop.

Apple MacBook Pro sendiri dijual dengan harga kisaran Rp 30 juta-an dan untuk Asus ROG G751JL dilepas dengan harga Rp18 juta-an. Jelas bagi Anda yang belum kesampaian untuk memiliki laptop desain grafis jagoan buatan Apple mungkin alternatifnya bisa memilih laptop gaming Asus yang mampu dipergunakan juga sebagai laptop untuk desain grafis.

0 comments