NOW READING

Adu Eksis Smartphone Selfie

 1157
+
 1157

Adu Eksis Smartphone Selfie

by The Daily Oktagon
  • Kegemaran membuat foto diri atau selfie membuat produsen berlomba-lomba membuat smartphone yang memiliki kamera depan mumpuni.
  • Kualitas foto yang dijepret dengan kamera depan Vivo V5 Plus setara dengan foto yang dihasilkan dari kamera DSLR.
  • Untuk bersaing di pasar smartphone yang ditujukan untuk penggemar selfie, Oppo meningkatkan kapasitas RAM dan memori internal F1S.

Banyaknya pengguna smartphone melakukan aktivitas selfie mendorong produsen telepon pintar berlomba membuat smartphone dengan kamera depan yang mumpuni.

Tahun lalu, Oppo, produsen smartphone dari Tiongkok, meluncurkan F1S, yang diklaim sebagai ahlinya selfie. Beberapa waktu lalu, Vivo, yang juga datang dari Tiongkok, meluncurkan smartphone yang diklaim jauh lebih hebat dalam urusan selfie, yaitu V5 Plus.

Tidak mau kalah bersaing dengan Vivo V5 Plus, pada awal tahun ini Oppo meningkatkan kemampuan F1S dengan menambah besar kapasitas RAM dan memori smartphone andalan mereka itu. The Daily Oktagon akan mengulas kelebihan dua smartphone tersebut.

Semua Tentang Kamera

Senjata andalan yang membuat Vivo V5 Plus berbeda dengan smartphone lain adalah kamera depan. Kamera utama memiliki resolusi 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 aperture f/2.0. Kamera ini berfungsi untuk mengambil atau menangkap gambar dan kamera kedua beresolusi delapan megapiksel aperture f/2.8 berfungsi untuk menangkap kedalaman foto (depth of field/bokeh), sehingga foto terlihat lebih hidup.

Dengan kamera ganda tersebut, kualitas foto yang dihasilkan Vivo V5 Plus mendekati kualitas foto yang dijepret dengan kamera DSLR. Menariknya, bokeh bisa diedit kembali dengan mengubah titik fokus guna mendapatkan efek blur yang diinginkan.

Vivo V5 Plus

Sebagai pendukung kamera depan, Vivo V5 Plus dibekali lampu flash yang disebut produsennya sebagai Softlight. Lampu flash ini bakal menyala dalam kondisi cahaya minim atau malam hari.

Bicara kamera, jangan lewatkan juga Moto Z dengan Mods Hasselblad-nya

Lalu, bagaimana dengan kamera di bagian belakang smartphone? Vivo membekali V5 Plus dengan kamera belakang yang memiliki 16 megapiksel. Meski resolusinya lebih kecil, tetapi foto yang dihasilkan kamera belakang V5 Plus tidak kalah bagusnya dengan foto yang diambil menggunakan kamera depan.

Sementara untuk layar, Vivo V5 Plus menggunakan display Corning Gorilla Glass 4 berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Ada pun untuk perangkat keras, Vivo V5 Plus dibekali chipset Snapdragon 625, CPU 2,0 GHz octa-core, RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB yang bisa diperbesar dengan kartu microSD berukuran 256 GB. Perangkat keras tersebut menjalankan OS Android 6.0 dengan UI Funtouch 3.0.

Oppo F1S sendiri menggunakan kamera depan dengan resolusi yang lebih kecil, 16 megapiksel. Kamera ini menggunakan sensor 1/3,1 inci dengan aperture F/2,0. Tersedia fitur Beautify 4.0 untuk mendapatkan foto selfie yang natural, sesuai dengan warna kulit orang Asia. Fitur Screen Flash Technology membuat foto memiliki kualitas yang baik, meski dijepret di tempat yang minim cahaya.

Ada pun untuk kamera belakang, smartphone yang dijual dengan harga Rp3,9 juta itu dibekali kamera beresolusi 3 megapiksel dengan aperture f/2,2. Kamera ini memiliki fitur phase detection autofocus, yang membuat penguncian fokus berlangsung cepat, serta didukung lampu kilat LED.

Simak artikel ini tentang adu smartphone dengan fitur audio yang canggih

RAM dan Daya Tampung

Sementara itu, Oppo meningkatkan kapasitas kapasitas RAM dan memori internal F1S terbaru mereka. Peningkatan kapasitas RAM dari 3 GB ke 4 GB untuk meningkatkan performa smartphone tersebut. Dengan RAM sebesar itu, tidak ada lagi aplikasi, terutama game, yang berjalan tersendat-sendat.

Oppo F1s

Semakin banyak selfie yang dibuat, maka dibutuhkan memori internal yang lebih besar. Karena itu Oppo meningkatkan ruang penyimpanan F1S menjadi berukuran 64 GB. Daya tampung memori internal bisa ditingkatkan dengan menggunakan kartu microSD berukuran 128 GB. Secara total, Oppo F1S terbaru mampu menyimpan berkas data hingga berukuran 192 GB.

Langkah yang diambil Oppo sepertinya tidak terlepas dari fasilitas yang dimiliki Vivo V5 Plus. Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp5,5 juta ini memiliki RAM sebesar 4 GB, dengan media penyimpanan yang juga sama, 64 GB. Sehingga lagi-lagi, kemampuan kedua ponsel ini dalam faktor RAM dan daya tampung hampir serupa.

Nokia kembali datang dengan smartphone Android pertamanya. Baca ulasannya di sini

Saling Unjuk Kekuatan

Untuk spesifikasi lain, tidak ada perbedaan antara F1S edisi lama dengan yang baru. Oppo F1S tetap menggunakan chipset MT6750 delapan inti 1,5GHz. Layarnya berukuran 5,5 inci Full HD dan dilindungi dengan Gorilla Glass 4.

Sementara Vivo V5 Plus menampilkan kehebatan baterai berkapasitas 3.160 mAh. Baterai tersebut memiliki kemampuan fast charging, yang waktu pengisian dayanya 20 persen lebih cepat dari baterai biasa.

Selain itu, Vivo V5 Plus juga dilengkapi fitur canggih Fingerprint Scanner. Desain smartphone ini juga terlihat elegan berkat seluruh permukaan casing yang dilapisi bahan full metal yang dikombinasikan dengan sentuhan teknologi 2.5 D Curved Glass, yang memberi sedikit lengkungan di kedua sisi layar.

Dengan berbagai faktor tersebut, kedua smartphone selfie ini relatif sulit untuk dicari kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Mungkin hanya tinggal persoalan “selera” konsumen dan program pembelian menarik yang ditawarkan sehingga bisa memilih salah satunya.

0 comments