NOW READING

Adu 3 Kamera Vlog Mungil Terbaru : Sony RX0 II vs DJI Osmo Pocket vs GoPro Hero 7

 1006
+
 1006

Adu 3 Kamera Vlog Mungil Terbaru : Sony RX0 II vs DJI Osmo Pocket vs GoPro Hero 7

by The Daily Oktagon

Hobi nge-vlog (video blogging) sedang melanda banyak orang. Mereka bisa dikatakan sedang senang-senangnya membuat video yang nantinya akan di-upload ke YouTube. Agar hasil videonya terlihat bagus, perangkat kamera menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Terutama kemampuannya dalam merekam video vlog yang berpenampilan tajam dan stabil. Tapi itu saja ternyata tidak cukup, juga dibutukan kamera vlog yang nyaman digunakan selama melakukan membuat vlog.

Dan kini ada pilihan perangkat kamera vlog, yang tidak hanya punya kemampuan merekam video resolusi tinggi dan stabil, tapi juga memiliki bentuk dan ukuran yang mungil sehingga memudahkan dalam penggunaan. Kamera tersebut selain lebih nyaman digunakan, juga bisa menjangkau sudut-sudut yang tidak bisa dilakukan kamera biasa.

Baca juga : 7 Smartphone Terbaru Yang Bisa Diandalkan Bikin Vlog YouTube

Setidaknya ada 3 pilihan kamera vlog mungil terbaru saat ini, antara lain yaitu Sony RX0 II vs DJI Osmo Pocket vs GoPro Hero 7. Dan berikut keunggulan masing-masing kamera vlog tersebut :

Sony RX0 II

Sony baru saja memerkenalkan produk terbaru kamera mungilnya yaitu Sony RX0 II (model DSC-RX0M2). Kamera vlog terbaru ini masih membawa beberapa fitur unggulan dari seri sebelumnya (RX0), seperti tahan air/tahan debu, tahan guncangan, tahan tindihan dan sangat ringkas, model terbaru ini menawarkan perekaman video internal 4K; layar LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah, dan dapat berfungsi di dalam air; serta solusi stabilisasi gambar terbaru untuk perekaman video.

kamera vlog Sony RX0-II-b

Pada kamera vlog Sony RX0 II terbaru ini terdapat sensor gambar bertumpuk tipe 1.0 15,3 megapixel1 Exmor RS™ serta mesin prosesor gambar BIONZ X™ yang memberikan reproduksi warna yang telah diperkaya10 dan dapat menghasilkan warna kulit yang indah. Kombinasi yang ampuh ini telah dioptimalkan untuk menghasilkan performa yang sangat cepat dan kualitas gambar yang menawan untuk foto maupun video dengan pilihan sensitivitas luas yaitu ISO 8011 – 12800. Lensa wide-angle fixed ZEISS® Tessar T* 24mm3 F4.0 memilki jarak fokus minimal yang telah diperpendek menjadi 20cm.

Sony RX0 II adalah kamera vlog “worry-free” yang dapat dibawa ke tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh kamera lain. Dengan ukuran hanya 59mm x 40,5mm x 35mm dan dengan berat hanya 132 gram, Sony RX0 II dapat dengan mudah masuk ke dalam kantong dan tahan banting. Kamera vlog ini tahan air hingga kedalaman 10 meter, anti debu, anti guncangan dan tahan tindihan hingga tekanan seberat 200kg. Selengkapnya Sony RX0 II >>

DJI Osmo Pocket

Belum lama ini, DJI yang biasanya banyak ‘bermain’ di kamera drone, juga meluncurkan kamera mungil yang diberi nama DJI Osmo Pocket. DJI Osmi Pocket merupakan kamera dengan gimbal mini yang terintagrasi langsung. DJI Osmo Pocket memiliki bentuk yang kecil hanya setinggi empat inci dan beratnya hampir 116 gram. Saat tidak aktif gimbal akan memiringkan kamera sehingga seluruh sistem dapat masuk ke dalam gimbal. Sehingga mudah untu dimasukan ke dalam dalam saku.

Kamera vlog DJI-Osmo-Pocket

Foto: Todaynews

DJI Osmo Pocket didisain untuk menangkap gambar lebih stabil. Ini berkat gimbal akan mempertahankan posisi kamera dan akan mengurangi getaran saat merekam video, karena memiliki gimbal 3-axis.

Kameranya menggunakan sensor 1 / 2.3-inci dan dapat mengambil rekaman 4K hingga 60 frame per detik pada 100Mbps. DJI mengatakan bahwa Osmo Pocket akan bertahan hingga dua jam. Pengambilan gambar dalam 4K dengan footage yang sedikit lebih rendah 30 fps. Osmo pocket juga menangkap hasil foto dengan kualitas 12 megapiksel, dan memiliki mikrofon ganda untuk merekam audio. Selengkapnya DJI Osmo Pocket >>

GoPro Hero 7

Go Pro memang selama ini sudah dikenal sebagai produsen kamera mungil atau biasa disebut juga Action Camera. GoPro Hero 7 adalah seri paling baru yang diluncurkan. Dan sudah tersedia di pasaran Indonesia sejak Oktober 2018.

GoPro Hero generasi terbaru ini memiliki tiga varian Black, White dan Silver. Masing-masing seri kamera GoPro terbaru tersebut memiliki harga dan keunggulan yang berbeda-beda. Dimulai dari versi yang paling murah Hero 7 Silver. Varian ini sudah dilengkapi fitur slow motion, tapi Cuma bisa sebatas frame rate 60 fps. Nah, bedanya dengan Hero 7 White, kemampuan merekam video slow motion lebih rendah. Karena action camera yang ini hanya bisa merekam video dengan resolusi tertinggi 1440p.

kamera vlog GoPro-Hero-7

Baca juga: 3 Kamera GoPro Hero 7 Terbaru Resmi Dirilis, Ini Harga dan Fitur Unggulannya !

Lalu yang kedua, untuk varian yang ditengah Hero 7 Silver. Action Camera ini memiliki yang mirip dengan Hero 6 Black. Action camera terbaru GoPro yang satu ini juga sanggup merekam video berresolusi 4K dengan frame rate 30fps. Sedangkan untuk kemampuan memotretnya bisa mencapai resolusi 10 megapixel.

Dan yang terakhir yang varian paling mahal Hero 7 Black. Kemampuan kamera GoPro Hero 7 Black antara lain sanggup merekam hingga resolusi 4K dengan frame rate 60 fps. Selain itu Action camera ini juga dilengkapi fitur Super Slow Motion sehingga bisa merekam video gerak lambat. Adapun fitur baru yang disematkan di Hero 7 Black antara lain yaitu live streaming, hyperlapse/timelapse, dan digital image stabilization yang lebih canggih. Selengkapnya GoPro Hero 7 >>

0 comments