NOW READING

Action Cam Xiaomi Yi 4K atau GoPro Hero 4, Pilih yang Mana?

 9974
+
 9974

Action Cam Xiaomi Yi 4K atau GoPro Hero 4, Pilih yang Mana?

by The Daily Oktagon

Editorial image credit: Gilmanshin / Shutterstock.com

  • Xiaomi boleh jadi memang pemain baru di medan bisnis action cam, tapi bukan berarti bisa diremehkan.
  • Lewat Xiaomi Yi 4K, perusahaan yang lazim dikenal lewat produk smartphone-nya ini cukup bernyali untuk menantang dominasi GoPro (yang juga populer) di ladang action cam.
  • Apa saja keunggulan dari Xiaomi Yi 4K kalau dibandingkan head-to-head dengan GoPro Hero 4?

Xiaomi selama ini dikenal sebagai vendor yang berani memproduksi smartphone berkualitas dengan harga miring. Siapa sangka, perusahaan asal Tiongkok ini kini masuk ke lahan bisnis baru, yakni action cam.

Xiaomi tampaknya tak main-main. Lewat seri Yi 4K, Xiaomi ingin menggeser dominasi rival utamanya GoPro yang selama ini menjadi kiblat action cam di dunia.

Seperti apa kualitas keduanya? Agar lebih yakin, The Daily Oktagon akan mengupas perbandingan kamera Xiaomi Yi 4K dengan GoPro Hero 4. Berikut ulasannya:

action cam xiaomi vs gopro

1. Desain

Pascakehadiran Xiaomi Yi 4K, hampir sebagian besar orang mengira bahwa Yi 4K adalah GoPro. Desainnya memang mirip-mirip, tetapi Yi 4K hanya memiliki satu tombol yang berada di tengah bodi.

Aktivitas merekam, mengambil foto, mematikan dan menyalakan kamera dilakukan dengan satu tombol. Yang menjadi rumit, Anda harus terhubung aplikasi Yi 4K di Android atau iOS untuk mengganti pengaturan.

Sementara, GoPro memiliki dua tombol yang berada di atas dan tengah bodi. Selain fungsi sama seperti di atas, bedanya Anda dapat mengotak-atik pengaturan langsung di kamera.

Baca lebih lengkap tentang detail spesifikasi Xiaomi Yi 4K sebagai action cam Xiaomi yang ‘naik kelas’

2. Waterproof Cover

Yang membuat GoPro Hero 4 sangat disukai adalah waterproof cover atau kover antiair. Anda tentu dapat membawanya langsung saat nyebur di pantai atau kolam renang. ‘Rumah’ ini disertakan langsung dalam paket pembelian GoPro.

Sayangnya tak demikian dengan Yi 4K. Untuk membeli tambahan aksesori ini, Anda harus membelinya secara terpisah dengan kisaran harga US$ 13 atau sekitar Rp 168 ribuan.

action cam xiaomi vs gopro

3. Baterai

Bagaimana soal daya tahan baterainya? Dalam sebuah pengujian, baterai Yi 4K dan Hero 4 dites untuk mengambil video dengan standar resolusi 1080p 30fps.

Hasilnya, Xiaomi ternyata lebih unggul selama 2 jam 48 menit, sedangkan GoPro hanya bertahan 1 jam 38 menit. Tentu ini sangat penting bagi mereka yang membutuhkan action cam untuk keperluan footage.

Simak juga komparasi kamera untuk merekam gambar dengan kualitas 4K

4. Kualitas Kamera

Perkara kualitas gambar adalah salah satu poin penting pada action cam. Nah dalam hal ini, GoPro Hero 4 relatif mampu menghasilkan gambar lebih tajam dari Yi 4K. Begitu juga dengan tone warna dan fokus objek. Mode pengambilan foro Yi 4K juga tak sekomplet GoPro Hero 4.

Selain itu, cukup disayangkan, foto wide-angle Yi 4K sudah terpasang 155 derajat, dan tak bisa diganti. Pada akhirnya, Anda tak bisa mengubah opsi ruang pandang (field of view) antara wide, medium, dan narrow seperti yang dimiliki GoPro.

action cam xiaomi vs gopro

5. Fitur Tambahan

Satu lagi kekurangan Yi 4K adalah tidak adanya bunyi notifikasi saat mengambil video atau foto. Jika Anda pengguna GoPro, Anda pasti akan mendengar bunyi ‘beep‘ saat memotret.

Untuk pengambilan foto selfie, bunyi notifikasi ini bisa dibilang cukup penting, agar kita mengetahui kalau kamera sudah menangkap gambar.

Yang menarik soal fitur tambahan, pada aplikasi transfer foto Xiaomi yang mudah digunakan, Anda pun bisa menambahkan koleksi filter Instagram ke dalam aplikasi dan menyambungkannya langsung ke aplikasi berbagi foto tersebut.

Apa saja kamera yang cukup tangguh untuk dipertimbangkan sebagai penantang GoPro?

Jadi, Xiaomi Yi 4K atau GoPro Hero 4?

Ya, memang keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan keunggulan. Dan salah satu faktor pembanding yang paling diperhatikan adalah harga. Berapa nilai jual masing-masing device ini?

Jangan kaget, karena meski kualitasnya relatif setara, Xiaomi Yi 4K dijual dengan harga separuh dari GoPro Hero 4. Yi 4K dijual dengan harga Rp 3.249.000, sementara GoPro Hero 4 dibanderol Rp 6.990.000.

Nah bagaimana? Sudah lebih terang untuk menentukan pilihan?

0 comments