NOW READING

Abadikan Momen Pernikahan dengan Camcorder yang Tepat

 2401
+
 2401

Abadikan Momen Pernikahan dengan Camcorder yang Tepat

by The Daily Oktagon
  • Video menjadi kelengkapan acara pernikahan yang sudah “wajib” ada saat ini.
  • Berbagai momen seperti janji pernikahan hingga sungkeman harus terekam dengan baik.
  • Dibutuhkan camcorder yang ringkas, namun dilengkapi berbagai fitur teknologi yang memadai.

Apa momen dalam rangkaian pernikahan yang paling menarik untuk Anda? Saat pengantin mengucapkan janji pernikahan, kala sungkeman dengan orangtua, atau ketika melempar buket bunga?

Apa pun momen yang menurut Anda paling menarik, pendokumentasian berbagai momen tersebut tentu menjadi faktor penting, baik dalam bentuk foto atau video.

Jika Anda videografer pernikahan, baik yang baru terjun maupun sudah lama terjun ke dunia profesi ini, camcorder sebagai alat perekam tentu memegang peranan penting. Sudah pasti Anda tidak ingin salah pilih camcorder yang nantinya malah mengakibatkan masalah saat merekam berbagai momen penting tadi.

Camcorder sendiri saat ini terbagi menjadi tiga macam kategori sesuai dengan teknologinya, yaitu camcorder non pro, semi pro, dan juga pro. Perbedaan di antara ketiga jenis camcorder tersebut terletak dari fitur yang ditanamkan di dalam dan juga output videonya. Lalu jenis camcorder mana yang tepat untuk videografi pernikahan?

Kemampuan Berbagai Jenis Camcorder

Merekam momen pernikahan tentu memerlukan camcorder yang memadai, mampu mengakomodasi panjang dan ragamnya kegiatan yang terjadi. Misalnya saja kemampuan menangkap detail raut wajah atau item tertentu.

Sementara di pasaran, camcorder jenis non pro biasanya hanya memiliki fitur dasar, yaitu merekam gambar dan suara. Kualitas output videonya sendiri masih standar definition dengan frame rates yang kecil. Sehingga camcorder jenis ini biasanya digunakan untuk konsumsi harian.

shutterstock_463171427

Untuk kelas camcorder semi pro, fitur-fitur yang ditanamkan di dalamnya sudah jauh lebih lengkap dibandingkan dengan non pro. Beberapa camcorder kelas menengah ini pun memiliki kualitas output video yang mencapai full HD (1920×1080) atau bahkan 4K. Ada juga yang menyediakan input audio XLR guna mendapatkan kualitas rekaman audio yang berkualitas.

Di kelas pro, kualitas output video yang dihasilkan sudah mencapai 4K Ultra HD dengan berbagai macam fitur canggih di dalamnya. Namun tak jarang camcorder kelas pro memiliki harga terlampau tinggi sehingga tidak “ramah kantong”.

Melihat penjabaran di atas, camcorder semi pro dapat menjadi pilihan yang tepat untuk merekam momen pernikahan karena memiliki kualitas output yang bagus, namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Baca juga ini: Cara membuat video live streaming yang menarik

Semi Pro Pilihan Bijak

Dari kelas semi pro, Panasonic Camcorder HC-PV 100 dapat menjadi pilihan yang bijaksana. Camcorder ini memiliki berbagai macam fitur serbabisa layaknya camcorder profesional, sehingga mampu mengatasi berbagai kendala umum yang terjadi saat momen pernikahan.

Misalnya saja merekam pernikahan yang mengambil tempat di dalam ruang, yang belum tentu mempunyai penerangan cukup memadai. Hal ini dapat dihindari dengan adanya sensor 1/3.1-inch BSI Sensor dan kemampuan 20 kali optical zoom/F1.8. Perpaduan keduanya membuat Panasonic Camcorder HC-PV 100 tetap mumpuni digunakan meski dalam kondisi ruangan yang minim cahaya.

Image2_PV100

Jika masih dirasa terlalu gelap, Anda dapat menggunakan fitur built-in LED Video Light yang tingkat kekuatannya bisa disesuaikan dengan menggunakan filter. Tak perlu lagi “deg-degan” dengan hasil gambar yang buram.

Pernikahan tentu identik dengan keramaian dan tak jarang dilangsungkan di sebuah lokasi yang indah. Kehadiran lensa 29.5 mm Wide-Angle membuat camcorder ini mampu menangkap lebih banyak detail yang ditampilkan dalam video, seperti jumlah orang yang lebih banyak ter-capture atau pun lansekap latar belakang yang lebih luas.

Sulit untuk mendapatkan momen haru dari raut wajah pengantin atau orangtuanya? Ini tentu kembali ke urusan detail. Nah, Panasonic Camcorder HC-PV 100 masih didukung dengan tiga cincin manual untuk pengaturan fokus, bukaan rana (iris), dan juga zoom di bagian lens barrel-nya, sehingga hasil tangkapan video bisa lebih kreatif dan dinamis.

Sementara layar LCD 3.0-inch Slide-Retractable dengan teknologi layar sentuhnya mempermudah pengguna untuk melakukan pratinjau hasil rekaman.

Simak profil para pembuat video humor di sini

Fitur Beragam

Memastikan suara saat janji pernikahan bisa terekam dengan baik? Tentu hal ini akan berbicara tentang kualitas rekaman audio. Panasonic Camcorder HC-PV 100 menanamkan 2-Channel XLR Audio Input Terminal dengan +48 V phantom power supply yang bisa dipasangkan dengan mikrofon berkualitas tinggi. Teknologi ini sudah memiliki standar spesifikasi profesional dan sanggup menghasilkan rekaman audio yang berkualitas tinggi.

Image_PV100_hand

Desainnya yang hadir dengan model camcorder palm type (jinjing) tentunya memudahkan pergerakan pengguna dalam menangkap momen dengan angle-angle yang sulit. Belum lagi kebutuhan videografer untuk berpindah-pindah tempat secara cepat agar tidak ketinggalan momen yang terjadi.

Cukup sampai di sini kehebatan teknologinya? Belum. Fitur lainnya yang membuat Panasonic Camcorder HC-PV 100 dapat diandalkan untuk merekam momen dengan durasi yang cukup lama seperti pernikahan adalah ketersediaan dua slot SD Card. Kedua slot memory saling berkesinambungan, dalam artinya mereka dapat merekam gambar secara bersamaan.

Selain itu, camcorder ini juga memiliki fitur Hot Swap yang memungkinkan pengguna untuk mengganti salah satu SD Card yang penuh dengan yang baru tanpa harus mematikan perekaman terlebih dahulu. Masalah klien yang kecewa karena ada momen yang terlewat pun dapat dihindari.

Melihat spesifikasi teknologi unggulan Panasonic Camcorder HC-PV 100 yang begitu banyak, camcorder ini sudah sangat mumpuni untuk dapat diandalkan dalam merekam berbagai macam momen spesial seperti pernikahan. Jangan lama-lama pula untuk memutuskan camcorder ini sebagai gear andalan, karena selama masa promo, Anda bisa mendapatkan keuntungan cashback Rp2.000.000, dan juga bonus baterai VW-VBD58.

Untuk memastikan Panasonic Camcorder HC-PV 100 berada di tangan, cek daftar dealer Panasonic Camcorder HC-PV100 di sini. Pastikan Anda telah memilih camcorder yang tepat untuk menghasilkan video pernikahan yang memadai, hingga dapat mendatangkan keuntungan bisnis profesi yang maksimal.

0 comments