NOW READING

8 Kelebihan iPhone X yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli

 4231
+
 4231

8 Kelebihan iPhone X yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli

by The Daily Oktagon
  • iPhone X menandakan perjalanan Apple selama 10 tahun dalam mengembangkan iPhone.
  • iPhone X digadang-gadang menjadi seri iPhone yang paling diandalkan Apple.
  • Di balik kemewahan iPhone X, di dalamnya tersimpan berbagai fitur baru yang canggih.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, 2017 adalah tahun spesial untuk bagi Apple. Karena tahun ini menandakan Apple sudah 10 tahun mengembangkan iPhone. Oleh karenanya Apple membuat gebrakan baru dengan meluncurkan tiga iPhone seri terbaru sekaligus, salah satunya adalah iPhone X.

iPhone X digadang-gadang menjadi seri iPhone yang paling diandalkan Apple untuk saat ini. Beragam fitur canggih disematkan pada smartphone spesial ini. Seperti apa fitur tersebut dan apa saja kelebihannnya ? Berikut ulasannya :

foto : apple.com

Prosesor A11 Bionic

Salah satu fitur terbaru yang dibawa iPhone X adalah prosesor buatan Apple terbaru yang bernama A11 Bionic. Prosesor ini juga digunakan di iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus. Kelebihan dari prosesor terbaru ini adalah sudah mendukung enam ‘otak’ prosesor sehingga mampu bekerja semakin cepat. Apple mengatakan dengan prosesor ini ada peningkatan performa dibandingkan prosesor terdahulu. Apple bahkan mengklaim prosesor barunya ini memiliki kinerja 70% lebih baik dibandingkan A10 Fusion.

Desain Baru

Tidak seperti seri iPhone sebelumnya, desain iPhone X sangat berbeda. Perubahan desain ini bisa dlihat dari tidak adanya tombol Home yang biasanya melekat di bawah layar. Kini semua navigasi menu di iPhone X dilakukan dari layar. Untuk itu Apple juga menyelaraskan dengan tampilan user interface yang berbeda dari yang ada di iPhone seri sebelumnya.

Baca juga : iPhone 8 dan iPhone X Resmi Diluncurkan

Layar Super Tajam

iPhone X menggunakan layar terbaik dibandingkan iPhone lain yang pernah dibuat sebelumnya. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5.8 Inch. Tidak cuma memiliki resolusi tinggi, tampilan layar ini juga terlihat tajam dan detil dalam menampilkan berbagai macam warna.

Di iPhone X ini, Apple mengklaim menggunakan teknologi layar OLED yang jauh lebih baik dari teknologi OLED sebelumnya. Ini karena di dalam panel layar OLED sudah dilengkapi tampilan HDR yang menghasilkan tingkat kontras dan tampilan yang sangat bagus dan tajam.

Jika kita bandingkan dengan pendahulunya, iPhone X memiliki rasio kontras 1:1.000.000, dan iPhone 8 memiliki rasio kontras (hanya) 1:1.400. Dengan perbandingan ini sudah tentu iPhone 8 masih terpaut jauh di bawah iPhone X, alias layar iPhone X lebih bagus. Tidak hanya itu, Apple juga menyematkan teknologi Super Retina Display, yang membuat tampilan layar tidak hanya lebih tajam tapi juga natural.

Kamera TrueDepth

Kamera depan iPhone X mengusung teknologi TrueDepth. Teknologi ini mampu menghasilkan efek blur atau bokeh seperti halnya kamera DSLR. Ini karena memungkinkan kamera bisa mengukur kedalaman objek gambar, jadi bisa mengetahui jarak antara objek dengan lensa kamera. iPhone X juga telah dibekali fitur dual OIS (optical image stabilization) pada kameran depan dan belakang. yang berfungsi untuk menjaga kestabilan saat memotret.

foto : shutterstock

Face ID

iPhone X tidak lagi menggunakan sensor fingerprint untuk fitur keamanannya. Kini Apple menggantinya dengan teknologi Face ID. Fitur Face ID memanfaatkan kehadiran kamera depan, yang memungkinkan pengguna membuka layar iPhone X yang terkunci, menggunakan identifikasi wajah. Metode Face ID sangat mirip dengan Touch ID, teknologi ini akan mengenali wajah melalui otentikasi dengan menggunakan data biometrik.

Animoji

Apple berhasil mengembangkan teknologi Animoji, yakni emoji yang bisa bergerak mengikuti pergerakan dan ekspresi wajah pengguna. Fitur ini tersedia berkat teknologi terbaru yang ada di kamera depan iPhone X, yang bisa mendeteksi gerakan dan gesture wajah lalu diimplementasikan ke dalam tampilan animasi emoji tertentu.

Baca juga : Apple Digugat Karena Fitur Animoji di iPhone X

Wireless Charging

Meski fitur ini tidak benar-benar baru untuk sebuah perangkat smartphone, namun fitur ini menjadi yang pertama bagi iPhone. iPhone X kini secara resmi mengusung teknologi pengisian daya baterai secara nirkabel. Sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan kabel untuk mengisi daya baterai. Cukup letakkan iPhone X di atas alat khusus untuk wireless charging.

Foto: Apple.com

Baterai Tahan Lama

Apple mengklaim bahwa iPhone X memiliki daya tahan hidup lebih lama dibandingkan seri sebelumnya, termasuk iPhone 8. iPhone X disebutkan mampu bertahan selama 21 jam, sedangkan iPhone 8 hanya dapat bertahan selama 14 jam. Ini membuat pengguna tidak perlu khawatir jika lupa membawa charger atau sedang dalam perjalanan jauh.

Itu dia 8 fitur yang menjadi kelebihan iPhone X. Jadi jika Anda memang memutuskan untuk membeli iPhone X, jangan hanya masalah gengsi yang menjadi pertimbangan, tapi juga fungsionalitas dari smartphone ini perlu diperhatikan. Karena di balik kemewahan iPhone X, di dalamnya tersimpan berbagai fitur baru yang sangat berfungsi untuk berbagai aktivitas. Bagi yang tertarik untuk memiliki smartphone terbaru iPhone X harus sabar menunggu, karena Apple belum menentukan kapan iPhone X akan masuk ke Indonesia. Namun saat ini Anda sudah bisa melakukan pre order iPhone X di sini.

0 comments