NOW READING

8 Fitur di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli

 4306
+
 4306

8 Fitur di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli

by The Daily Oktagon

Samsung meluncurkan dua seri smartphone-nya sekaligus, yaitu Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Galaxy S9 dan Galaxy Plus menjadi smartphone flagship yang mengusung fitur lengkap. Hadir sebagai smartphone terkini, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus sudah dilengkapi tidak hanya dengan desain mewah nan menawan, tapi juga dibekali fitur dengan teknologi tercanggih. Setidaknya ada 8 fitur canggih yang dibawa smartphone Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, yang sepertinya bisa memikat para pengguna.

1. Desain Mewah Anti Air
Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus memiliki tampilan desain yang elegan. Smartphone ini mengusung layar sentuh luas berukuran, tapi dengan ukuran yang berbeda.  Galaxy S9 Plus didesain dengan dimensi layar yang lebih luas, yaitu berukuran 6.2 inci. Sedangkan Galaxy S9 mengusung layar sentuh dengan ukuran 5.8 inci.

Tampilan layarnya di kedua seri smartphone tersebut terlihat tajam karena sudah menggunakan teknologi Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2960 pixel. Layar sentuh ini membentang luas pada sisi depan dengan ukuran ratio yang tinggi yaitu 18,5 : 9.

Saking luasnya, layar ini hampir menutupi seluruh bodi depan, dan hanya menyisakan sedikit bezel atau disebut juga desain bezel-less. Samsung menyebut desain layarnya dengan sebutan Infinity Display. Dengan tampilan layar yang begitu luas, membuat nyaman dan puas saat melihat foto, menyaksikan video atau menikmati konten lainnya. Apalagi layar ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan terhadap goresan oleh benda tajam sekalipun.

Untuk bodinya sendiri, Samsung merangcang Galaxy S9 Plus dengan bentuk yang terbilang ramping dan mewah. Bentuk bodinya didesain ergonomis sehingga nyaman digengaman. Di bagian bodi belakang, disematkan sensor fingerprint sebagai fitur keamanan. Galaxy S9 Plus tampil premium dengan varian warna Midnight Black, Coral Blue, Titanium Gray dan Lilac Purple.

Dibalik tampilannya yang elegan, ternyata ada ketangguhan pada desain Galaxy S9 Plus. Ini karena bodinya sudah berkemampuan anti air dan anti debu. Kamu bisa leluasa menggunakan smartphone ini saat terkena air hujan atau kena tumpahan air. Bahkan Kamu bisa leluasa menggunakan smartpone ini di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

2. Kamera Dual Aperture 
Samsung Galaxy S9 Plus dilengkapi dengan fitur kamera yang handal. Mengikuti tren kekinian, Samsung sudah menyematkan dual kamera di bodi belakang Galaxy S9 Plus. Kamera ganda ini memiliki kekuatan resolusi 12 MPix + 12 MPix. Dual Camera yang ada di Galaxy S9 Plus terdiri dari kamera wide-angle Dual Pixel 12 MPix sensor, dengan apertures f/1.5 dan f/2.4. Dan kamera satunya yaitu 12 MPix telephoto lens dengan apertures f/2.4.

Sedangkan di bodi belakang Galaxy S9 terdapat kamera Dual Pixel 12 MPix sensor dengan apertures f/1.5 dan f/2.4. Untuk kamera depannya, kedua Hape ini sama-sama dibekali kamera berkekuatan 8 MPix AF sensor dengan  aperture f/1.7

Bukaan diafragma Galaxy S9 Plus bisa dikatakan yang terbesar saat ini, karena mencapai aperture F1.5. Tidak hanya itu, Galaxy S9 Plus juga memiliki satu pengaturan diafragma lainnya yakni f/2.4. Kehadiran dual aperture, menjadikan Galaxy S9 Plus, sebagai hape dengan fasilitas kamera paling inovatif saat ini. Dengan kemampuan dual aperture, kamera smartphone ini, diklaim mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya saat memotret. Tidak heran jika kamera ini bisa menghasilkan foto yang tajam. Bahkan ketika memotret di kondisi minim cahaya atau low light, hasil foto tetap terlihat tajam dan terang.

Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (OIS). Fitur ini berfungsi saat Kamu memotret atau merekam video dalam kondisi bergerak atau goyang. Karena fitur OIS, akan meredam efek gerak dan goyang sehingga hasil foto dan video tetap terlihat stabil, tajam dan tidak blur.

Dan yang tidak ketinggalan, dual kamera di smartphone ini juga bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh. Yaitu foto dengan tampilan background yang blur, layaknya hasil foto dari kamera DSLR.

Baca juga : Mudahnya Membuat Video Slow Motion di Samsung Galaxy S9 dan S9+

 

3. Super Slow Motion
Salah satu kecanggihan teknologi terbaru yang diusung Galaxy S9 dan S9 Plus yaitu kemampuan kamera merekam video super slow motion. Dengan fitur ini kamera bisa merekam video dengan gerakan yang diperlambat.

Fitur Super Slow-mo ini memiliki kecepatan yang luar biasa saat merekam video slow motion, yaitu video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel. Efek super slow-motion ini memungkinkan perekaman sebuah momen yang begitu cepat hingga 0,2 detik dapat menjadi enam detik. Perekaman ini juga dapat dilakukan multi-capture hingga 12 kali. Hasilnya, sebuah video berresolusi tajam dengan tampilan slow motion yang terlihat menakjubkan.

Video slow motion ini bisa Kamu simpan sebagai koten GIF, dipadukan dengan lagu favorit, atau ditampilkan sebagai wallpaper. Ini membuat perekaman video terasa beda dan lebih menyenangkan dengan menggunakan Samsung Galaxy S9 Plus. Untuk perekaman video biasa, kamera bisa merekam hingga resolusi 2160p@60fps, tidak heran jika tampilan video terlihat begitu tajam.



4. Kamera Selfie Untuk Iris Scanner dan Face Recognition
Untuk mengakomodasi tren selfie yang kasih kekinian, Galaxy S9 dan S9 Plus menyediakan kamera depan dengan resolusi yang tinggi, yaitu 8 MPix. Kamera ini memiliki aperture f/1,7, makanya hasil foto kamera selfie terlihat terang dan tajam. Tidak hanya itu, kamera selfie ini mampu merekam video hingga resolusi 1440p@30fps. Dengan resolusi yang besar tersebut, Kamu bisa menghasilkan video selfie atau membuat video blogging dengan tampilan video yang tajam.

Kemampuan kamera selfie di Galaxy S9 dan S9 Plus tidak hanya itu saja. Kamera ini juga bisa berfungsi sebagai iris scanner. Fitur ini merupakan salah satu sistem keamanan lainnya yang disediakan , selain fingerprint. Di mana sistem iris scanner memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Karena iris mata tiap orang pasti berbeda dan sangat sulit untuk dipalsukan. Tidak hanya itu, kamera depan ini juga bisa menjalankan fungsi sebagai Face Recognition yang mampu memindai wajah pengguna. Fitur Face Recognition juga bisa dijadikan sebagai sistem keamanan alternatif.



5. AR Emoji dengan Wajah Sendiri
Galaxy S9 dan S9 Plus juga dilengkapi dengan teknologi canggih lainnya, yaitu Augmented Reality (AR). Teknologi ini dimanfaatkan Samsung untuk menyediakan fitur baru bernama AR Emoji.

AR Emoji memanfaatkan kecanggihan kamera depan untuk dijadikan sebagai pengenal wajah. Kamera ini mampu mendeteksi lebih dari 100 titik wajah yang berbeda, dan kemudian menerapkan menjadi tampilan model 3D untuk menghasilkan emoji yang terlihat mirip wajah Kamu dan bisa meniru ekspresi wajah Anda.

Dengan fitur AR Emoji memungkinkan Kamu membuat emoji dengan tampilan wajah Kamu sendiri. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menyesuaikan dengan gaya tampilan sendiri. Kamu bisa mengatur bentuk rambut, pakaian, aksesoris dan lainnya. Serunya lagi, Kamu bisa membuat video dengan emoji wajah Kamu yang dapat bergerak, berbicara, bernyanyi dan gaya lain yang Kamu sukai. Kamu pun bisa membagikan emoji yang Kamu buat ke orang lain, atau menggunakan emoji tersebut di pesan yang ingin Kamu kirim.


6. Bixby, Fitur Voice Assistant yang Cerdas
Bixby adalah fitur voice assistant buatan Samsung yang sudah hadir pada seri Samsung Galaxy sebelumnya. Fitur ini kembali dihadirkan di Galaxy S9 dan S9 Plus. Fitur ini bisa memberikan informasi apapun ke pengguna secara real time.

Cara peggunaannya juga mudah, Kamu cukup mengarahkan kamera ke suatu objek, kemudian Bixby akan mengenalinya dan langsung menyajikan informasi yang terkait dengan objek tersebut. Bixby juga bisa berfungsi sebagai penerjemahan yang sangat bermanfaat saat Kamu berpergian ke luar negeri.

7. Speaker AKG Dolby Atmos
Fitur lain yang dijagokan Samsung Galaxy S9 dan S9  Plus yaitu kemampuan audio-nya yang bersuara stereo berkualitas tinggi. Ini karena Samsung membenamkan speaker stereo dari AKG. Berbekal hardware tersebut, Samsung menjamin keluaran suara dari speaker Galaxy S9 dan S9 Plus akan lebih jernih, detil dan kaya.Tak lupa, ada pula dukungan Dolby Atmos yang memberikan pengalaman audio surround sound hingga jangkauan 360 derajat.

Baca juga : Samsung Galaxy S9 Snapdragon VS Exynos, Mana yang Lebih Kencang?

 

8. Performa Tinggi Didukung Prosesor Kencang 
Berbagai fitur canggih di smartphone ini mampu dijalankan dengan mulus. Galaxy S9 dan S9 Plus mampu berjalan dengan kinerja yang mumpuni. Ini karena sudah didukung prosesor terbaru dengan performa tinggi.

Untuk kinerjanya, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus didukung oleh prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810. Namun Samsung Galaxy S9 Plus yang beredar di Indonesia menggunakan prosesor Exynos 9810 Octa-core yang memiliki kecepatan 2.7Ghz Quad + 1.7Ghz Quad, 64bit 10nm (nanometer). Selain itu performa smartpone yang mengadopsi sistem operasi Android 8.0 (Oreo) ini juga disokong RAM berkapasitas besar.

Tapi ada perbedaan, Galaxy S9 disokong RAM 4 GB, sedangkan Galaxy S9 Plus mengandalkan RAM 6 GB. Kedua smartphone ini dibekali memori internal dengan pilihan 64/128/256 GB. Tidak heran berbagai fitur yang ada bisa dijalankan , bahkan secara multitasking, dengan mulus. Untuk daya tahan hidupnya, Galaxy S9 Plus dibekali baterai 3.500 mAh, sedangkan Galaxy S9 didukung baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Dapatkan Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus dengan harga terbaik di sini

0 comments