NOW READING

8 Aplikasi Ini​ Bisa Jauhkan Anak dari Konten Berbahaya di Smartphone

 2328
+
 2328

8 Aplikasi Ini​ Bisa Jauhkan Anak dari Konten Berbahaya di Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Saat ini banyak konten berbahaya di smartphone dan Internet
  • Gunakan beberapa aplikasi ini untuk mengamankan gadget mereka
  • 8 aplikasi ini bisa menjauhkan anak dari konten berbahaya

Melalui smartphone, anak-anak bisa dengan mudah menerima konten atau isi yang ada di dalamnya. Apalagi jikasmartphone tersebut langsung dapat terhubung ke internet. Yang pasti para orang tua wajib memastikan setiap smartphone yang mereka gunakan haruslah aman.

Dengan menggunkan aplikasi di smartphone, orangtua bisa mengontrol konten yang dikonsumsi anak-anaknya melalui smartphone. Aplikasi apa saja yang bisa membuat smartphone lebih aman digunakan untuk anak-anak? Berikut ada 10 aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membatasi konten di smartphone.

1. Kakatu Parental Control

Ini adalah salah satu aplikasi parental control buatan Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan startup asal Bandung. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pengguna dapat mengatur daftar aplikasi, bahkan waktu penggunaan sesuai pengaturan. Selain itu masih banyak lagi fungsi lainnya.

2. Dunia Anak – Kontrol Orang Tua

Aplikasi ini menawarkan sistem untuk mengatur aplikasi apa saja yang dapat di akses oleh anak. Aplikasi ini secara otomatis dapat memblokir Play Store atau toko aplikasi lainnya. Bahkan bisa memberikan kata sandi setiap ada aplikasi yang akan di-download oleh anak. Sehingga anak anda tidak bisa begitu saja mengunduh aplikasi.

Baca juga : 6 Aplikasi Smartphone yang Aman Digunakan oleh Anak-anak

3. Kid’s Shell

Aplikasi ini menyediakan tampilan antarmuka baru, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur semua aplikasi yang dapat di akses oleh anak Anda. Aplikasi ini juga menyediakan sistem keamanan dengan password saat akan menutup aplikasi. Melalui aplikasi ini para orangtua dapat mengatur daftar aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak-anak mereka. Misalnya, begitu anak anda tidak dapat menelpon atau menulis pesan teks atau membuka aplikasi lain tanpa persetujuan.

4. Family Time Parental Control

Aplikasi ini menyediakan dua versi, yaitu versi orang tua dan juga versi untuk anak. Dengan versi yang terpisah ini, maka para orang tua dapat dengan mudah mengatur waktu penggunaan perangkat smartphone anak meski dari jarak jauh sekalipun. Para orang tua dapat mengakses dashboard aplikasi yang ada di smartphone anak mereka. Dengan begitu para orang tua dapat dengan mudah melihat apa saja yang di akses oleh sang anak seperti daftar panggilan, daftar aplikasi yang di-install, history web browsing, dan banyak lagi.

5. Kids Zone Parental Control

Aplikasi ini menyediakan beragam fitur untuk mengamankan smartphone dengan sistem penggunaan profile. Ini berguna untuk membuat daftar aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh anak. Apalagi para orang tua juga bisa menambahkan wallpaper untuk anak Anda. Untuk keamanan aplikasi ini harus menggunakan kata sandi saat keluar. Aplikasi ini juga bisa mengatur waktu penggunaan untuk dapat digunakan pada anak, sehingga anda para orang tua bisa menentukan kapan anak bisa menggunakan dan harus berhenti menggunakan smartphone.

6. Norton Family Parental Control

Aplikasi buatan dari developer anti virus terkenal Norton ini mampu melaporkan situs apa saja yang dikunjungi anak dan memblokir situs yang mereka buka. Bahkan dapat dimasukan kata kunci yang diatur oleh orang tua. Saat anak membuka situs yang dilarang, orang tua akan menerima email atau SMS. Bahkan aplikasi ini dapat memantau dengan siapa saja anak berkomunikasi dan segala aktivitasnya di sosial media.

Baca juga : 3 Games Seru untuk Dimainkan Bersama Anak Pada Hari Libur

7. Kid Mode: Free Games + Lock

Aplikasi ini bisa dibilang memiliki fitur yang terbilang lengkap untuk membatasi penggunaan anak-anak. Karena aplikasi ini juga tersedia beberapa game edukatif untuk anak usia 3 hingga 7 tahun. Ada juga beragam buku cerita yang disediakan. Bahkan kanvas untuk untuk anak-anak berkreasi melukis. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Lock agar orang tua dapat mengunci aplikasi yang tidak sesuai untuk anak dengan PIN.

8. Family Protect Telkomsel

Bekerjasama dengan Family Zone, Telkomsel menghadirkan layanan berbentuk aplikasi Family Protect yang memungkinkan orang tua untuk memonitor sekaligus mengontrol aktivitas di perangkat seluler anak, sehingga anak terlindung dari dampak kurang baik ketika berinternet seperti cyber-bullying, mengakses situs web terlarang, dan waktu pemakaian Internet yang berlebih. Aplikasi Family Protect memiliki fitur memonitor dan mengontrol aktivitas internet di perangkat seluler yang dimiliki oleh anak. Aplikasi ini dapat memblik konten negatif ataupun konten dewasa, blokir situs, dan pembatasan pencarian dari situs Google, Bing dan YouTube berdasarkan kata kunci tertentu.

0 comments