NOW READING

7 Kamera Untuk Bikin Vlog, Tipe Terbaru Harga Terjangkau

 572
+
 572

7 Kamera Untuk Bikin Vlog, Tipe Terbaru Harga Terjangkau

by The Daily Oktagon

Kamera yang biasa digunakan untuk vlog rusak atau kemampuannya sudah kurang mumpuni ? Atau kamu yang memang lagi cari kamera untuk mulai bikin vlog ? Gak usah bingung, karena saat ini sudah tersedia beberapa seri kamera terbaru yang cocok buat bikin Vlog.

Hadir sebagai seri terbaru, beberapa kamera ini pastinya sudah dilengkapi fitur yang lebih mumpuni dibandingkan versi sebelumnya. Jadinya, bisa bikin kamu lebih semangat bikin vlog, karena bisa menghasilkan video yang lebih bagus dengan kamera terbaru ni. Nah, setidaknya ada 9 kamera terbaru yang bisa kamu pilih untuk bikin vlog. Ini dia pilihannya :

Sony Cyber-shot RX100 VI

Sony memperkenalkan produk kamera saku terbarunya yaitu Sony Cyber-shot RX100 VI. Meski tampilannya bisa dikatakan mirip dengan beberapa seri sebelumnya, tapi kamera Sony terbaru ini sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih baru. Ini membuatnya mampu unggul dibandingkan kamera saku lain di kelasnya. Dan pastinya cocok banget untuk bikin video vlog

Sony Cyber-shot RX100 VI menjadi produk keluarga seri RX100 yang pertama kali dilengkapi dengan layar sentuh. Pastinya ada keuntungan tersendiri dengan tersedianya layar sentuh pada kamera Sony ini, terutama untuk bikin vlog. Ini membuat pengguna semakin mudah saat ingin menentukan fokus, karena saat layar menayangkan tampilan viewfinder kamera, pengguna cukup menyentuh layar untuk menentukan bagian pada objek foto yang akan diberi fokus.

Kemudahan lain dari adanya layar sentuh ini yaitu pengguna dan mengatur beberapa menu Setting yang juga tampilan pada layar sentuh ini. Apalagi layar sentuh berukuran 3 inci pada kamera Sony Cyber-shot RX100 VI  ini bisa dilipat ke atas hingga sejauh 180 derajat. Bahkan layar ini juga bisa  dilipat ke bawah sejauh 90 derajat sehingga bisa menyesuaikan sudut pengambilan gambar. Ini cocok sekali buat para vlogger yang biasanya memperlukan berbagai macam angle saat membuat vlog.

Selain layar sentuh, fitur terbaru pada kamera Sony terbaru ini yaitu kemampuan lensanya yang bisa melakukan oprical zoom lebih panjang. Pada seri sebelumnya, yaitu Sony Cyber-shot RX100 V, menggunakan lensa 24-70mm F1.8-F2.8. Nah di Sony Cyber-shot RX100 VI kini diperkuat dengan lensa yang juga buatan Carl Zeiss dengan ukuran 24-200mm F2.8–4.5 yang mampu melakukan optikal zoom 8.3x.

Gak Cuma itu, sensor di kamera Sony Cyber-shot RX100 VI juga sudah terbilang mumpuni. Karena sudah diperkuat dengan sensor Exmor RS CMOS yang bisa menghasilkan foto hingga resolusi 20.1 megapixel.

Untuk kemampuan perekaman videonya, kamera Sony ini mampu menghasilkan video berresolusi maksimum 3840 x 2160 piksel @ 30p / 100 Mbps. Dengan kemampuan kamera yang mumpuni itu, membuat kamu bisa membuat vlog dengan kualitas yang tajam.

Keunggulan lain dari Sony Cyber-shot RX100 VI untuk bkin vlog yaitu sudah dilengkapi fasilitas koneksi yang lengkap. Gak Cuma dilengkapi port USB dan HDMI, tapi juga koneksi wireless berupa NFC dan Wifi. Ini tentu akan memudahkan saat ingin mentransfer foto atau video dari kamera Sony ke perangkat lainnya. Jadi vlog yang sudah selesai dibuat bisa dengan mudah ditransfer ke laptop atau PC untuk diedit. Sony Cyber-shot RX100 VI dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 16,6 juta.

Baca juga : Kamera Sony A7 III Terbaru, Salah Satu Mirrorless Low-end Terbaik?

Fujifilm X-A5

Fujifilm Indonesia menambah koleksi produk kamera digital mereka dengan meluncurkan seri kamera mirrorless Fujifilm X-A5 terbaru. Kamera ini  digolongkan ke dalam kelas entry level yang cocok buat kamu yang mau mulai bikin vlog. Kamera ini meluncur ke pasar indonesia setelah pendahulunya Fujifilm X-A3 hadir sebagai penantang di kategori entry level kamera mirrorless.

Kamera mirrorless Fujifilm terbaru ini ditujukan untuk mereka yang memiliki dua aktifitas kehidupan berbeda. Yaitu saat kerja dan berlibur, antara siang dan malam atau saat weekdays atau weekend. Fujifilm X-A5 dirancang untuk bisa menangkap momen-momen berharga dalam dua sisi kehidupan individu tersebut.

Fujifilm juga mencoba untuk memahami setiap individu yang memiliki beberapa peran berbeda. Secara umum, peran berbeda ini merupakan #theXtraside dari setiap individu untuk bisa melakukan aktivitas berbeda baik saat weekdays dan weekend atau antara siang dan malam.  Di tengah-tengah aktifitas tersebut, mengabadikan peristiwa-peristiwa bermakna menjadi penting melalui jepretan foto atau rekaman video. Untuk itulah kamera Fujifilm X-A5 ini dihadirkan.

vlog

Fujifilm X-A5 diklaim memiliki beberapa fitur baru yang belum pernah ada di kamera mirrorless dari seri X-A. Beberapa fitur tersebut yaitu teknologi on-chip phase-detect autofocus dan sistem Hybrid AF (phase detect dan contrast detect).

Fujifilm X-A5 juga dilengkapi dengan kemampuan merekam video berkualitas tinggi yaitu mencapai resolusi 4K. Dengan frame rate 15 FPS ( frame per second ) pengguna bisa merekam video 4K dan durasi 5 menit. Sementara untuk video resolusi full HD ( 1080p ), X-A5 mampu merekam dengan frame rate hingga 60 FPS selama 14 menit. Ini membuat bisa menghasilkan video vlog yang bagus.

Model terbaru dari seri X-A ini juga diperkuat dengan lensa perdana superzoom yang diberi nama lensa “powerzoom” dari Fujifilm, XC-15-45 mm f/3.5-5.6 OIS PZ.

Selain itu, Fujifilm X-A5 juga dilengkapi sensor gambar APS-C 24 dalam X-A5. Rentang sensitivitas X-A5 mencakup ISO 200 hingga 12.800 dan dapat diperpanjang 100 sampai 51.200. Dalam gaya retro dengan LCD touchscreen 3 inci yang bisa dilipat 180 derajat, untuk memudahkan pemotretan selfie. Pabrikan asal Jepang ini juga menyematkan konektor untuk mikrofon ekstrenal.

Fujifilm X-A5 dipasarkan dengan harga Rp 8.999.000 untuk kamera X-A5 dengan lensa bawaan “powerzoom” XC-15-45 mm f/3.5-5.6 OIS PZ.

Fujifilm X-T100

Fujifilm baru saja meluncurkan kamera mirrorless terbarunya untuk kelas entry-level yang pas untuk vlog. Kamera yang dibanderol dengan harga terjagkau ini hampir mirip dengan penahulunya seri X-A5.

Kamera ini dibekali dengan sensor 24.2MP APS-C CMOS dengan rentan IOS dari 100-51, 200. Dengan kemampuan resolusi perekaman video 4K UHD (3840×2160 piksel) kecepatan 15fps. Sedangkan untuk perekaman video Full-HD kamera ini bisa merekam dengan kecepatan 60fps.

Didalamnya pengguna akan disediakan beragam fitur konektivitas Bluetooth (v4.1 LR) dan WiFi (802.11.b/g/n), USB 2.0, Micro HDMI. Yang menarik adalah dengan adanya pilihan Microphone. Dengan pilihan ini maka buat kamu yang suka vlogging bisa menggunakan mic eksternal untuk mendapatkan hasil audio terbaik.

Kamera yang berukuran 121x83x47mm dan berat 448 gram ini kini menggunakan layar tilt-angle, kini di X-T100 menggunakan fitur baru dengan konstruksi tiga arah, sehingga menawarkan rentang pergerakan layar view finder yang lebih bebas dibandingkan dengan desain X-T2 dan X-H1.

Dengan kondisi ini maka layar dapat dimiringkan keluar dari tubuh untuk pemotretan hingga di tingkat pinggang atau lebih tinggi. Sementara layarnya juga masih bisa dapat ditarik keluar bagi mereka yang suka menembak narsis.

Perubahan besar lainnya pada kamera mirorless ini dibandingkan X-A5 adalah dengan datangnya built-in electronic viewfinder (EVF,. Kamera ini memiliki electronic viewfinder (EVF) 2.360K-dot OLED yang dimana terdapat juga pada kamera X-T20. Didukung pula dengan touchscreen berukuran 3-inch TFT LCD 1.040K-dot.

Meski fiturnya lebih mirip X-A5, namun dari sisi desain exterior, kamera mirrorless ini lebih mirip dengan X-T20. X-T100 memiliki desain yang agak retro. Namun di kamera mirrorless ini menggunakan material penutup bodi anodized aluminum pada bagian luar. Kamera ini tersedia dalam tiga warna pilihan, dark silver, black dan champagne gold. Sementara pada kontrol eksterior sedikit menjadi ramping dibandingkan dengan kamera Seri X lainnya, X-T100 memiliki tiga tombol kontrol di penutup atas.

Jika kamu menginginkan kamera Mirrorless X-T100, maka kamu akan mendapatkan paket kit denngan lensa standart zoom lens XC15-45mm. Produk ini baru akan tersedia pada akhir late June. Untuk harganya sendiri akan dibanderol di kisaran Rp 9 Jutaan.

Canon PowerShot SX740

Canon baru saja meluncurkan produk  kamera poket terbarunya yaitu kamera Canon PowerShot SX740 HS. Kamera ini ditujukan untuk pengguna yang gak mau ribet dalam penggunaan kamera pocket. Selain itu juga diklaim cocok untuk Vlogger yang ingin bisa dengan mudah membuat vlog Dan tentunya Canon menjanjikan kualitas foto dan video yang dihasilkan lebih baik dari tangkapan kamera smartphone.

Kamera terbaru ini dilengkapi dengan sensor kamera berresolusi 20.3MP. Juga dibekali dengan lensa equivalent 24-960mm yang membuat kamera ini bisa melakukan optical zoom hingga 40x. Kemampuan zooming itu lebih dari cukup untuk kebutuhan fotografi. Apalagi hal itu bisa dilakukan oleh sebuah perangkat kamera saku.

vlog

Kehebatan lain dari kamera terbaru ini yaitu dalam hal perekaman video. Kamera saku ini bisa merekam video hingga resolusi 4K, yang memang sudah menjadi standar video berkualitas tinggi. Hal ini juga menjadikan  Canon PowerShot SX740 HS menjadi kamera Canon PowerShot series yang pertama kali mengusung kemampuan ini.

Tidak hanya itu, kamera yang satu ini juga diperkuat dengan Canon’s newest DIGIC 8 image processor. Ini membuat kamera ini bisa merekam video dengan resolusi tinggi meski saat mode 7.4fps continuous shooting.

Nah, buat kamu para vlogger, untuk memudahkan kamu saat merekam video saat bikin vlog dalam berbagai posisi, kamera Canon ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang bisa diputar sejauh 180 derajat. Layar ini memiliki luas berukuran 3 inci.

Kemudahan lain yang ditawarkan  Canon PowerShot SX740 HS buat para Vlogger, yaitu sudah menyediakan koneksi Bluetooth dan WiFi. Ini pastinya semakin mudah untuk mengirimkan konten foto dan video hadil jepretan kamera ini ke perangkat lain, misalnya ke smartphone lain atay laptop.

Canon PowerShot SX740 HS tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan silver. Kamera terbaru ini akan mulai tersedia di pada akhir Agustus 2018 di pasaran Amerika. Kamera Canon ini dibandrol dengan Rp5,7 jutaan.

Canon EOS M50

Canon memboyong produk kamera mirrorless terbarunya ke Indonesia, yaitu Canon EOS M50. Kamera Canon ini sudah dibekali dengan berbagai fitur dengan teknologi terkini. Kamera mirrorless terbaru ini mengusung teknologi Dual Pixel CMOS AF. Selain itu kamera ini juga dilengkapi fitur Touch & Drag AF yang memungkinkan pengguna untuk menentukan area fokus melalui sentuhan jari di layar LCD, bahkan pada saat sedang membidik dengan Electrical Viewfinder (EVF) sekalipun. Ini tentunya cocok  buat kamu yang gemar buat vlog.

Kamera Canon EOS M50 juga disokong prosesor gambar DIGIC 8, serta kemampuan merekam video 4K dan sistem AF terkini yang cepat dan akurat. Selain mengusung teknologi tinggi, kamera Canon ini memiliki bodi yang ringkas dan mudah digunakan.

Tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih, kamera Canon EOS M50 juga dirancang untuk pengoperasian dengan satu tangan. Di mana tombol pengaturan terletak di sisi kanan kamera yang membuat pengguna mudah menyesuaikan pengaturan.

Kamera ini juga memiliki LCD touch screen yang dapat diputar hingga 360 derajat. Sehingga mampu memberikan fleksibilitas dalam pengambilan gambar dari sudut yang sulit sekalipun. Desain layarp putar sangat membantu terutama saat kamera diberi tambahan aksesori seperti mic external atau lampu tambahan, di mana layar tidak akan terhalang aksesori tambahan tersebut.

Canon mengklaim kamera ini memiliki kemampuan merekam video dengan format Full HD dan 4K terbaik di kelasnya. Kamera ini cock untuk para vlogger dan fotografer yang menginginkan kamera yang ringkas, ringan dan mudah dibawa ke mana saja.

Dengan lensa kit standar 15-45mm bersudut lebar, pengguna bisa dengan leluasa saat berswafoto (selfie/wefie) atau membuat vlog. Kamera ini juga bisa melakukan pengambilan video time-lapse dalam format 4K. Pengguna cukup memilih interval waktu yang diinginkan.

Kamera Canon EOS M50 ini juga dapat merekam video dalam format Full HD dengan frame rate hingga 120p sehingga dapat menghasilkan video slow motion yang halus.Kamera ini juga dilengkapi Combination IS dengan 5-axis image stabilization (IS), ini untuk membantu menciptakan video yang sangat halus dan tajam, bahkan ketika menggunakan lensa non-IS.

Fitur IS ini mampu meredam guncangan pada saat pengambilan gambar sambil berjalan atau bergerak. Selain itu ada juga fitur mode Silent, yang memungkinkan pengguna dapat mengambil gambar tanpa gangguan suara, misalnya saat ada bayi yang sedang tidur.

Dibekali prosesor gambar DIGIC 8 dan sensor CMOS ukuran APS-C 24,1 megapiksel, Kamera ini bisa menghasilkan gambar yang begitu tajam. Dilengkapi Built-in Electronic Viewfinder (EVF), pengguna bisa dengan lebih nyaman mendapatkan gambar yang akurat. Belum lagi kecepatan ISO 25600 yang dapat ditingkatan hingga 51200 menjadikan kamera ini andal dalam pengambilan gambar di kondisi minim cahaya.

Kehebatan kamera mirrorless ini juga didukung Dual Pixel CMOS AF pada EOS M50 memberikan kecepatan dan akurasi AF yang sangat membantu ketika mengambil subjek bidikan yang bergerak cepat. Selain itu, kamera ini memiliki 143 titik AF yang tersebar merata (mencakup 88% horizontal dan 100% area vertikal). Dengan kecepatan continuous shooting 10 fps pada mode one shot AF dan 7,4 fps pada mode servo AF, subjek yang bergerak cepat dapat ditangkap dengan akurat.

Kemampuan mobilitas kamera ini juga didukung dengan ketersediaan konektivitas Bluetooth, Wi-Fi dan Near-Field Communication (NFC). Hal ini memudahkan pengguna untuk mentranser hasil jepretan kamera ke perangkat lain, seperti smartphone atau laptop.

Proses transfer tersebut dibantu dengan aplikasi Canon Camera Connect yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Melalui aplikasi ini pengguna juga bisa melakukan pengaturan kamera dari jarak jauh secara real-time.

Canon EOS M50  dibanderol dengan harga Rp10.263.000 (body only) , Rp 12.023.000 (dengan lens 15-45mm), dan Rp16.170.000 (dengan lens 15-45mm & 55-200mm).

Olympus PEN E-PL9

Buat kamu yang masih gemar pakai kamera digital buat mengabadikan momen berharga atau untuk bikin vlog, ada nih kamera terbaru dari Olympus. Kamera ‘interchangeable lens’ terbaru ini yaitu Olympus PEN E-PL9.

Olympus PEN E-PL9 hadir dengan desain yang yerbilang mungil sehingga praktis untuk dibawa bepergian dan tidak akan merepotkan. Baik mau dipegang atau dimasukkan ke dalam tas. Kamera standar Micro Four Thirds System ini dilengkapi berbagai fitur yang membuat fotografi lebih menyenangkan. Gak Cuma untuk yang sudah jago fotografi, tapi juga mudah buat yang masih belajar fotografi.

vlog

Kamera E-PL9 menggunakan sensor Live MOS 16 megapiksel serta prosesor gambar TruePic VIII. Fitur baru yang paling signifikan adalah video capture 4K 30p. PEN-PL9 juga membawa teknologi autofokus contrast-detect yang sama seperti E-M10 Mark III lengkap dengan dukungan 121 titik fokus.Untuk menunjang kemampuan rekam videonya tersebut Olympus turut menambahkan dukungan fitur Stabilizer. Selain itu kamera ini juga membawa sederetan mode pemotretan baru . Seperti mode Sweep Panorama, beragam pilihan filter Instant film , dan mode Advanced Photo untuk mempermudah proses pengambilan foto foto light painting, HDR dan multi exposure.

Kamera Mirrorless ini dibekali dengan teknologi yang memungkinkan pengguna dengan mudah menangkap foto-foto dengan tampilan yang keren dan tajam. Bahkan pengguna dengan mudah dapat mengimpor foto yang diambil dengan kamera Olympus ini ke smartphone, yang kemudian bisa langsung di-share ke media sosial. Karena sudah dilengkapi dengan akses Bluetooth.

Olympus PEN E-PL9 juga menyediakan Mode Filter Seni ( Art Filter ) yang membuat hasil foto lebih mengesankan bahkan layaknya hasil jepretan kamera profesional. Menariknya lagi, lensa di kamera ini memungkinkan untuk dicopot-pasang. Sehingga bisa menggunakan berbagai macam lensa untuk memperluas ekspresi fotografis, seperti mengontrol perspektif untuk menghasilkan gambar yang menonjol atau mencapai efek defocusing yang indah.

Olympus PEN E-PL9 yang disertai 14-42mm EZ Lens Kit dijual dengan harga Rp 10.499.000. Pada paket pembelian, konsumen akan mendapatkan bonus gratis SDHC 32Gb Class 10.

Baca juga : Bawa 3 Kamera Leica, Ini Smartphone Huawei P20 dan P20 Pro

Leica C-Lux

Belum lama ini Leica memerkenalkan seri kamera digital terbarunya. Kamera terbaru itu bernama Leica C-Lux. Sejumlah fitur termutakhir sudah dijejalkan ke dalam kamera Leica terbaru ini.

Leica C-Lux diperkuat dengan lensa zoom 24-360 mm F3.3-6.4 dan sensor BSI-CMOS berukuran 1 inci dengan resolusi 20 MP. Selain mampu memotret hasil foto yang tajam, lensa kamera ini juga sanggup melakukan perekaman video hingga resolusi 4K. Selain itu juga memiliki kemampuan electronic viewfinder (EVF) dengan resolusi 2,3 juta dot.

Kamera Leica terbaru ini memiliki kemampuan untuk menyimpan file foto dalam format RAW dan JPG dengan resolusi gambar mencapai 8 MP. Sedangkan untuk menyimpan video, kamera ini bisa menyimpan video hasil perekaman kamera hingga kualitas 4K dengan frame rate hingga 30 fps dan bit rate hingga 100 Mbps.

vlog

Asyiknya lagi, kamera digital ini juga dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi. Sehingga memudahkan saat ini mentransfer hasil foto dari kamera ini ke smartphone. Selain itu koneksi WiFi ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh.

Kamera Leica ini juga dilengkapi dengan tombol shutter yang didesain dengan kombinasi shutter elektronik dan mekanik. Tombol ini bisa membuat lensa kamera bisa melakukan penangkapan cahaya terhadap sensor hingga 120 detik yang dapat dicapai melalui pengaturan mode T pada kamera tersebut.

Pengguna juga bisa mengatur shutter mekanik terpanjang yang dapat dilakukan hingga jangka waktu 60 detik. Sedangkan shutter elektronik dapat memberikan waktu pemotretan dari 1 detik hingga 1/16.000 detik.

Kamera digital ini juga dilengkapi dengan fitur ISO yang kepekaannya mencapai 25600. Hal ini membuat kamera Leica C-Lux sanggup menghasilkan gambar dengan warna alami di berbagai kondisi cahaya saat pemotretan. Selain itu kamera ini juga dibekali dengan fitur lensa zoom, sistem autofocus cepat, dan pendeteksi wajah. Termasuk beberapa fitur fotografi yang mendukung saat pengguna ingin melakukan pemotretan objek foto secara spontan.

Leica C-Lux dibanderol dengan harga sekitar Rp14,8 juta. Leica C-Lux tersedia dalam pilihan warna hitam dan gold.

0 comments