NOW READING

7 Fitur Baru di WhatsApp yang Masih Jarang Digunakan

 1700
+
 1700

7 Fitur Baru di WhatsApp yang Masih Jarang Digunakan

by The Daily Oktagon
  • Sejak dibeli oleh Facebook, WhatsApp selalu melakukan pemutakhiran diri.
  • Berbagai fitur baru dibuat, memberikan pengalaman chatting yang berbeda dari sebelumnya.
  • Tak lama lagi, WhatsApp kembali akan menghadirkan fitur-fitur barunya.

WhatsApp tak pernah berhenti berinovasi dan terus memunculkan fitur baru. Semenjak berpindah ke tangan Facebook, aplikasi ini tak pernah lelah berusaha mempertahankan pengguna mereka agar tak pindah ke lain hati.

Jauh sebelum dibeli oleh Facebook pada 2014, Whatsapp telah merebut hati banyak orang. Kemudahan penggunaan menjadi alasan mengapa orang berbondong-bondong pindah dari BBM ke aplikasi ini. WhatsApp, yang penggunaannya melalui “hanya” nomor telepon dan bisa diakses dari OS mana pun, mendapatkan pamornya dengan cepat.

foto : shutterstock

Sejak diakuisisi Facebook, WhatsApp terus berbenah dan terus berlari, mengejar perkembangan teknologi dan berusaha memenuhi permintaan pasar yang dinamis. Khususnya generasi milenial, yang menjadi pengguna teknologi terbesar.

Cari Tahu Cara Melacak Lokasi Lawan Chatting Melalui WhatsApp

November tahun lalu, WhatsApp meluncurkan fitur video call, melengkapi fitur voice call yang sudah ada sebelumnya. Fitur ini membuat Whatsapp bersaing ketat dengan Skype, Google Duo, Line, dan WeChat. Sebelumnya, Whatsapp menciptakan beberapa fitur esensial, seperti fitur direct reply, poke friends, huruf tebal dan miring, starred messages, memblokir kontak, sampai menyembunyikan Last Seen dan tanda “Read”.

Tak sampai di situ saja, WhatsApp memiliki deretan fitur baru yang sudah dan akan semakin melengkapi fungsinya sebagai aplikasi instant messaging, berikut beberapa di antaranya.

foto : shutterstock

Status Updates

Saat ini, ketika ingin memperbarui status, kita bisa melakukannya melalui foto, video, maupun GIF. Tak hanya sampai situ, sekarang, Anda juga bisa update status menggunakan teks dengan latar belakang warna-warni. Jika Anda merasa seperti deja vu, memang begitu adanya karena fitur ini sudah ada lebih dulu di Facebook. Anda bisa mengubah status menggunakan fitur ini dengan mengklik ikon pensil di tab “My Status”.

Berbagi file berukuran (lebih) besar

Bersukacitalah karena akhirnya Whatsapp memperbesar pusat penyimpanan datanya. Jika biasanya Anda harus menerima kenyataan gambar-gambar yang Anda kirim via Whatsapp terkompres ke ukuran yang mungil, kali ini kenyataan berkata lain. Akhirnya Anda bisa mengirimkan file berukuran hingga 100 MB via WhatsApp tanpa khawatir hasilnya akan mengecewakan.

Manajemen penyimpanan

Selama ini sering pengguna kurang menyadari file apa saja yang tersimpan di smartphone, yang berasal dari WhatsApp. Nah, kini Anda bisa mengatur ruang penyimpanan lebih “rapi”. Anda bisa menentukan kapasitas untuk foto, video, dan media lainnya.

Filter foto

Biasanya, Anda akan langsung mengirimkan foto yang sudah Anda jepret ke kontak WhatsApp yang Anda tuju. Jangan lupa, sekarangWhatsApp memiliki fitur seperti Instagram yang memungkinkan Anda mengedit foto jepretan terlebih dahulu sebelum mengirimkannya. Anda hanya perlu swipe ke atas setelah selesai mengambil foto. Tersedia lima efek yang bisa dipilih.

Cara Cerdik dan Aman Cari Jodoh Lewat Aplikasi Kencan

foto : shutterstock

Membalas dengan “swipe”

Jika ingin membalas pesan, pengguna WhatsApp biasanya harus menekan lama di kolom yang diinginkan, kemudian memilih opsi ‘Reply”. Para pengguna iOS ternyata tak perlu lagi melakukan hal itu. WhatsApp mempermudah dan mempersingkat proses tersebut hanya dengan melakukan swipe–menggeser– di boks yang dituju. Boks Reply akan langsung muncul di kolom Tulis Pesan.

Menghapus Pesan yang Belum Terbaca

Fitur ini sedang dalam penggodokan. Nantinya, pengguna WhatsApp bisa menghapus pesan yang sudah dikirim. Syaratnya, pesan tersebut belum sempat terbaca atau belum dikirim dalam waktu lebih dari 7 menit.

Memantau Lokasi Lawan Bicara

WhatsApp belum lama ini menghadirkan fitur terbarunya yaitu, Live Location. Fitur ini memungkinkan untuk memantau lokasi lawan bicara.Untuk mengakses live location, pengguna harus membuka dulu fitur Location, lalu akan ditemukan fitur Share Live Location. Aktifkan fitur ini jika Anda ingin lawan bicara mengetahui lokasi Anda berada.

0 comments