NOW READING

7 Aplikasi Olahraga untuk Menjaga Kebugaran Lewat Smartphone

 2094
+
 2094

7 Aplikasi Olahraga untuk Menjaga Kebugaran Lewat Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Keterbatasan waktu dan biaya membuat beberapa orang enggan berkomitmen menjaga kebugaran
  • Namun, lewat berbagai aplikasi kebugaran di ponsel, waktu dan biaya bukan lagi menjadi masalah
  • Beberapa aplikasi kebugaran ini bisa membantu pengguna berolahraga dan menjaga kebugaran di mana pun, kapan pun

Gadget, kabarnya, membuat penggunannya jadi lebih malas bergerak. Namun, banyak pula pengguna gadget yang mengunduh berbagai aplikasi olahraga untuk membantu mereka tetap bugar lewat panduan layar smartphone.

Menjaga tubuh tetap bugar memang hal penting yang perlu diperhatikan. Namun, jujur saja, terkadang komitmen untuk hidup sehat melahirkan banyak alasan baru: keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, sampai keengganan untuk berkomitmen. Meskipun demikian, bagi mereka yang membutuhkan latihan olahraga dan menjaga kesehatan di sela-sela kesibukan, beberapa aplikasi di bawah ini dapat membantu mengatasi keterbatasan waktu, biaya, dan komitmen untuk tetap bugar:

Baca juga : Aplikasi Olahraga yang Tepat Saat Diet

  • Endomondo

Endomondo merupakan salah satu aplikasi fitnes terbaik di kelasnya saat ini. Dengan aplikasi ini, perkembangan kebugaran dan kesehatan dapat terlacak dengan baik. Anda juga dapat merekam berbagai saran atau pertanyaan seputar kebugaran dan kesehatan, lalu membagikannya kepada teman-teman, ataupun sebaliknya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara cuma-cuma baik lewat App Store ataupun Google Play. Untuk fungsi menyeluruh, versi premium bisa didapatkan seharga USD$5,99 per bulan atau USD$ 29,99 per tahun. Dengan fitur premium, perencanaan berbagai latihan yang spesifik yang sesuai bagi kondisi Anda, analisis detak jantung, serta berbagai fitur lain bisa diperoleh.

  • Jefit

Aplikasi personal training ini, menawarkan lebih dari 1.300 jenis latihan. Jefit dilengkapi petunjuk gerak animasi serta langkah step-by-step untuk melakukan setiap latihan—agar gerakan dapat dilakukan dengan sempurna. Pengguna dapat memilih latihan untuk bisep, trisep, otot perut, atau otot lainnya, sesuai kebutuhan.

Jefit tersedia untuk pengguna Android, iPhone, dan bahkan bisa diakses secara online melalui laptop. Anda bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu, dan jika dirasa cocok, versi utuh bisa didapatkan dengan biaya sebesar USD$4,99.

foto : shutterstock

  • MyFitnessPal

Selain tubuh yang bugar, makanan sehat juga menjadi kunci menjaga stamina. Aplikasi ini memahami hal tersebut. MyFitnessPal mampu melacak kalori lebih dari 6 juta jenis makanan. Di samping itu, aplikasi ini juga memiliki fitur resep sehat, analisis diet, dan data latihan kebugaran yang dilakukan.

MyFitnessPal dapat diintegrasi dengan berbagai aplikasi kebugaran lainnya. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar USD$9,99 per bulan atau USD$49,9 per tahun dan tersedia untuk pengguna Android maupun iPhone. Versi cuma-cuma juga tersedia jika Anda hendak menjajalnya terlebih dahulu.

  • Earthmiles

Akrab dengan metoda air mileage yang ditawarkan berbagai perusahaan penerbangan? Aplikasi ini menggunakan metoda yang sama. Untuk setiap kegiatan berlari, berjalan, bersepeda, atau yoga, pengguna dapat mengumpulkan rewardReward dalam bentuk poin dapat ditukarkan dengan voucher bonus atau diskon untuk berbagai kelas kebugaran, makanan vegetarian, pakaian, atau produk-produk kebugaran lainnya.

Earthmiles dapat diintegrasikan dengan aplikasi olahraga lainnya, dan melakukan penghitungan reward secara menyeluruh. Perkembangan pengguna juga dapat dibagi dengan kawan-kawan atau keluarga. Aplikasi ini tersedia lewat App Store dan Google Play.

  • Strava

Mereka yang kompetitif akan menyukai Strava, sebuah aplikasi yang menyediakan gelanggang untuk berkompetisi dengan diri sendiri, teman-teman, maupun pengguna lain di lokasi yang sama. Pengguna bisa saling memotivasi lewat kompetisi menjadi yang tercepat atau terbaik selagi berlatih menjaga kebugaran. Fitur-fitur utama aplikasi ini bisa didapatkan dengan USD$7,99 per bulan atau USD$59,99 per tahun. Namun, versi gratisnya bisa diunduh lewat App Store ataupun Google Play.

Baca juga : Gandeng Nike, Apple Watch Series 3 Tersedia Edisi Spesial

foto : shutterstock

  • DailyYoga

Tak punya cukup waktu untuk melakukan yoga di studio? DailyYoga hadir dengan lebih dari 100 sesi yoga dan meditasi untuk berbagai level. Aplikasi ini seperti jurnal elektronik yang sekaligus merekam segala aktivitas yoga yang Anda lakukan. Tiap sesi ditampilkan dengan video berkualitas tinggi, intonasi yang jelas, dan musik latar yang dapat dipilih sesuai selera.

Disediakan juga berbagai program seperti body healing, yin yoga, dan flexibility training bersama dengan tantangan-tantangan untuk memotivasi pengguna. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan USD$9,99 per bulan, USD$2,49 per tahun, atau USD$99 untuk seumur hidup. Versi gratisnya dapat diunduh lewat App Store ataupun Google Play.

  • Runtastic

Memilih beraktivitas fisik di luar ruangan untuk tetap bugar? Runtastic mungkin bisa menjadi asisten yang baik untuk melacak aktivitas berlari, jogging, bersepeda, trekking, ataupun hiking. Jarak, waktu, kecepatan, kelandaian, serta jumlah kalori yang terbakar bisa dicatat dengan rapi. Keuntungan lainnya, aplikasi ini dapat terkoneksi dengan Apple watchRuntastic dapat digunakan di gawai WindowsAndroid, ataupun iOS. Hanya perlu mengeluarkan uang sebesar USD$2,99 per bulan atau USD$35,90 per tahun untuk mendapatkan versi utuhnya, namun tentu selalu ada versi gratis untuk dicoba.

Berbagai aplikasi ini tentu dapat membantu Anda hidup bugar, dan membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima—apalagi jika digabungkan dengan penggunaan smartwatch dalam beraktivitas.

0 comments