NOW READING

7 Aplikasi Kerja Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas

 2118
+
 2118

7 Aplikasi Kerja Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas

by The Daily Oktagon
  • Kesibukan saat bekerja seringkali membuat kita merasa kewalahan.
  • Berbagai distraksi dan menyambi beragam pekerjaan juga sering membuat tugas malah urung rampung.
  • Untungnya, saat ini tersedia beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Kita menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop, namun pekerjaan sepertinya urung rampung. Atau kita harus menghabiskan waktu berjam-jam di tengah kemacetan untuk menghadiri sebuah meeting—waktu yang seharusnya bisa digunakan menyelesaikan berbagai pekerjaan. Jika hal ini terdengar akrab bagi Anda, mungkin Anda bisa mengintip beberapa aplikasi kerja ini, yang memang diciptakan untuk membantu profesional seperti Anda meningkatkan produktivitas kerja dan menghemat waktu:

1. Trello

Seperti asisten pribadi yang cekatan, Trello dirancang untuk membantu mengatur beragam proyek yang tengah Anda kerjakan. Aplikasi kerja ini memungkinkan Anda memonitor dan melacak berbagai proyek secara bersamaan—terutama jika proyek melibatkan banyak orang dari banyak divisi atau kantor cabang. Tampilan visualnya memang sangat cocok untuk proyek dalam grup besar.

Setiap orang yang terlibat dalam proyek dapat menambahkan informasi, memberi komentar, atau mengunggah dokumen dari laptop, Dropbox, atau Google Drive. Prioritas pekerjaan dapat diatur, dan alur pekerjaan menjadi lebih jelas, efektif, dan efisien. Tak perlu rapat untuk membagi-bagi tugas, memberi briefing, menentukan tenggat waktu, atau memberikan update mengenai status pekerjaan masing-masing anggota tim. Semua bisa dilakukan hanya lewat dashboard Trello Anda. Aplikasi gratis ini dapat digunakan pada desktop, iOS, maupun Android, dan dapat diunduh di sini.

Baca juga : Lima Device dengan Stylus untuk Meningkatkan Produktivitas

2. Be Focused Pro

Mudah terdistraksi saat bekerja? Aplikasi ini mengadopsi metode lawas dari Francesco Cirillo yang telah teruji keandalannya: metode Pomdoro. Dengan metode ini, Anda dikondisikan untuk bekerja dalam beberapa jeda waktu—memaksa Anda berfokus pada satu pekerjaan selama 25 menit saja.

Setelah 25 menit berlalu, Anda diminta menghentikan apa pun yang sedang Anda kerjakan, beristirahat selama 5 menit, lalu memulai lagi pekerjaan Anda untuk 25 menit selanjutnya. Hal ini dilakukan hingga 4 x 25 menit. Setelahnya, Anda diberi jeda panjang selama 30 menit.

Bagi Anda yang terbiasa multi-tasking dan menyambi—namun seringkali merasa kewalahan dan akhirnya malah tak merampungkan semua pekerjaan dengan baik, metode Pomodoro ini cocok untuk Anda. Anda dipaksa berfokus pada satu tugas saja selama 25 menit, sehingga produktivitas Anda juga terjaga. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan seharga USD$ 4,99 dan dapat diunduh di sini untuk versi iOS dan di sini untuk versi Android.

foto : shutterstock

3. Strides

Aplikasi ini membantu Anda menetapkan target dan mewujudkannya dalam rentang waktu yang Anda tentukan. Perkembangan Anda dalam mencapai target dapat dilacak dari waktu ke waktu. Terdapat pula notifikasi pengingat serta berbagai diagram yang mudah dicerna untuk melihat perkembangan dan kemajuan Anda dalam mencapai target.

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang kerap merasa kesulitan memonitor perkembangan sebuah proyek, sering menunda-nunda, atau kerap melewati tenggat waktu. Aplikasi ini dapat diunduh di sini seharga USD$ 4,99, meskipun versi gratisnya juga tersedia dengan fasilitas terbatas. Stride juga dapat digunakan pada laptop Anda.

4. Magnet

Pekerjaan Anda mengharuskan Anda multi-tasking dan memonitor berbagai hal dalam waktu bersamaan? Pernah berharap layar komputer dapat terbagi menjadi beberapa jendela? Aplikasi ini menjawab kebutuhan tersebut.

Memindahkan, memeriksa, atau membandingkan dokumen dalam beberapa jendela dapat dilakukan secara bersamaan pada satu layar komputer. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa tombol pintas untuk memudahkan Anda berpindah dari satu jendela ke jendela lain. Dengan membayar sebesar USD$ 1,39, Anda dapat memperoleh aplikasi ini bagi pengguna iOS dan Mac ini di sini.

5. Blue Mail

Aplikasi ini bekerja layaknya sekretaris pribadi, dan cocok bagi Anda yang sering kewalahan melihat inbox email yang membludak. Blue Mail membantu memilah setiap email yang masuk ke inbox Anda, dan mengategorikannya berdasarkan pengirim, grup, institusi, proyek, maupun klasifikasi tertentu yang dapat Anda rancang sendiri. Anda juga dapat menentukan prioritas dan urgensi dari email yang perlu Anda baca dan balas secepatnya.

Aplikasi ini kompatibel untuk segala jenis gawai, baik iOS maupun Android. Untuk iOS, Anda dapat mengunduhnya di sini, sedangkan untuk Android bisa didapatkan di sini. Sesegera mungkin, Blue Mail juga akan dapat digunakan pada laptop Windows dan Mac. Versi betanya dapat diunduh di sini.

Baca juga : Maksimalkan Smartphone untuk Kembalikan Produktivitas Setelah Liburan

foto : shutterstock

6. Join.me

Ingin melakukan meeting berkualitas tanpa harus beranjak dari tempat duduk dan menghabiskan berjam-jam di tengah kemacetan? Bisa. Aplikasi Join.me dirancang untuk mengakomodasi berbagai meeting secara online. Dari panggilan video, telepon internasional, berbagi file, berbagi layar, ataupun menjadikan layar sebagai papan tulis (hanya pada iOS) kini bisa dilakukan di manapun Anda berada.

Aplikasi yang bisa diakses dari Android dan iOS ini menawarkan paket-paket meeting yang variatif. Dengan paket USD$20 saja, Anda sudah bisa melangsungkan meeting dengan 50 partisipan sekaligus. Tak perlu lagi membuang waktu dalam perjalanan ke tempat meeting dan kembali lagi ke kantor! Versi gratis dari aplikasi ini dapat Anda unduh di sini untuk iOS ataupun di sini untuk Android. Aplikasi gratis terbatas hanya untuk 3 peserta meeting.

7. Doodle

Ketika meeting secara temu muka tak dapat dihindari, Doodle bisa jadi jawaban. Terutama jika Anda perlu mengatur jadwal meeting dengan beberapa kolega, agensi, dan klien sekaligus. Jika kolega bisa pada hari dan jam yang ditentukan, klien tidak bisa, dan ketika klien bisa di hari dan jam lain, giliran Anda yang tidak bisa. Rasanya seperti menyatukan minyak dengan air, dan waktu Anda terbuang hanya untuk bolak-balik mengubah dan menanyakan jadwal kosong dari beberapa pihak. Jadi kapan waktu yang tepat bagi semua orang? Doodle akan membantu mencari jawabannya.

Tentukan meeting apa yang hendak Anda lakukan, dan berikan beberapa opsi pilihan hari dan jam yang sesuai dengan waktu kosong Anda, kemudian masing-masing peserta meeting dapat memilih waktu yang cocok bagi mereka. Doodle kemudian akan membantu Anda dan kolega menemukan slot waktu terbaik bagi semua semua orang—tanpa perlu membuat Anda bolak-balik bertanya dan mengubah jadwal! Aplikasi ini dapat diunduh secara cuma-cuma untuk iOS di sini dan untuk Android di sini.

Gawai Anda, bisa menjadi distraksi—namun di sisi lain, juga bisa mengunduh berbagai aplikasi untuk membantu Anda fokus bekerja dan menjadi lebih produktif. Aplikasi mana yang paling cocok untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas di tempat kerja?

0 comments