NOW READING

6 Teknologi Smartphone yang Bakal Jadi Tren di 2018

 1467
+
 1467

6 Teknologi Smartphone yang Bakal Jadi Tren di 2018

by The Daily Oktagon
  • Jika dua tahun sebelumnya smartphone dengan layar besar (di atas 5 inci) mendominasi pasar, kini smartphone dengan layar penuh nyaris tanpa bezel (bezeless) dan kamera ganda justru paling dicari banyak orang.
  • Pada kenyataannya, tren teknologi tersebut hanya hadir lewat smartphone premium yang ditujukan bagi kelas atas. Jadi bisa dikatakan, pasar smartphone kelas premium masih mendominasi tren ini.
  • Lantas, apakah tren teknologi smartphone pada tahun ini akan terus berkelanjutan pada 2018 mendatang? Akankah smartphone entry level hingga menengah juga akan mengikuti tren serupa?

Tren smartphone selama setahun terakhir memang mengerucut ke sejumlah fitur canggih. Jika dua tahun sebelumnya smartphone dengan layar besar (di atas 5 inci) mendominasi pasar, kini smartphone dengan layar penuh nyaris tanpa bezel (bezeless) dan kamera ganda justru paling dicari banyak orang.

Melihat besarnya animo pasar dengan tren tersebut, maka tak heran banyak vendor kenamaan gencar memperkenalkan fitur ini pada flagship-nya. Sebut saja iPhone X, Samsung Galaxy Note 8, Google Pixel 2, Oppo F5, Vivo V7 Plus, dan beberapa lainnya.

Pada kenyataannya, tren teknologi tersebut hanya hadir lewat smartphone premium yang ditujukan bagi kelas atas. Jadi bisa dikatakan, pasar kelas premium masih mendominasi tren ini.

Lantas, apakah tren teknologi smartphone pada tahun ini akan terus berkelanjutan pada 2018 mendatang? Akankah kelas entry level hingga menengah juga akan mengikuti tren serupa?

Pakar gadget Herry SW, mengungkap akan ada enam tren teknologi smartphone yang akan mendominasi pasar di 2018. Apa saja? simak penelusurannya bersama The Daily Oktagon berikut ini.

Kelas Menengah Bakal Usung Layar Bezeless

Herry mengatakan, tren smartphone yang ada di Indonesia pada kenyataannya sama dengan tren yang ada di banyak negara-negara lain.

Ia mengakui bezeless adalah tren terbesar yang mendapat perhatian di sepanjang 2017. Bukan tidak mungkin, menurutnya tren smartphone layar bezeless (dengan rasio layar 2:1 atau 18:9) akan terus berlanjut di tahun depan.

smartphone

Akan tetapi, kata Herry, jika pada tahun ini layar bezeless hanya hadir lewat kelas premium, pada tahun depan smartphone layar bezeless justru akan hadir pada segmen menengah.

“Kita sudah bisa tebak kok, di tahun depan akan ada beberapa ‘pemain’ yang merilis seri terbaru kelas menengah dengan layar bezeless,” ujar Herry kepada The Daily Oktagon.

Simak geliat Apple sebagai raksasa teknologi dengan inovasi tiada henti di artikel ini

Herry sayangnya tak mengungkap produsen mana yang akan mengusung layar bezeless di kelas menengah. Namun jika merujuk pada rumor yang beredar, salah satu pemain yang disebut Herry diduga kuat adalah Samsung.

Diketahui, raksasa teknologi asal Negeri Ginseng tersebut memang tengah menyiapkan seri kelas menengahnya, Galaxy A5, yang dikabarkan akan mengusung layar bezeless Infinity Display ala Galaxy S8 dan Note 8.

Lantas, selain Samsung, adakah vendor lain yang juga sedang menyiapkan langkah serupa? Herry menjawab, “Yang pasti ada beberapa, jadi orang mikir di tahun depan smartphone layar penuh itu bukan cuma yang mahal saja.”

USB Type-C

Herry juga mengatakan, bakal lebih banyak smartphone baru yang hadir dengan port USB Type-C di 2018. Ini menandakan, port USB Micro-B atau 2.0 tak akan lagi menjadi tren.

“Yang pasti nanti akan beberapa atau mungkin banyak smartphone hadir dengan port USB Type-C. USB tipe yang satu ini banyak kegunaannya dan tentu lebih baik ketimbang Micro-B,” sebut pria yang hobi mengulas gadget tersebut.

smartphone

Beberapa keuntungannya, lanjut Herry, antara lain seperti USB Type-C ternyata bisa digunakan dalam posisi bolak-balik, berbeda dengan 2.0 yang cuma bisa digunakan dalam posisi ke atas.

Selain itu, USB Type-C juga diklaim lebih cepat untuk membantu proses transfer dokumen dan bisa mengisi daya lebih cepat, meski tak didukung dengan kemampuan Fast Charging.

Face Recognition

Pemindai sidik jari alias fingerprint ternyata tak lagi dianggap sebagai fitur canggih pada smartphone. Padahal, fitur ini sempat menjadi tren selama beberapa tahun terakhir. iPhone 5s boleh dibilang jadi pionirnya.

smartphone

Lantas, menurut Herry, tren yang akan menggantikan fingerprint tak lain adalah fitur pemindaian wajah alias Face Recognition, atau juga sering disebut facial scanning.

Fitur ini sebelumnya sudah diadopsi pada beberapa kelas premium yang dirilis pada 2017, beberapa di antaranya seperti iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8. Face Recognition juga hadir pada smartphone kelas menengah, seperti Oppo F5 dan Vivo V7.

Konten negatif di Indonesia bisa dicegah oleh mesin sensor? Untuk lebih lengkap, cari tahu di sini

“Bukan tidak mungkin metode membuka layar smartphone dengan wajah bisa menjadi tren, dan saya pikir banyak vendor menyiapkan produk barunya dengan teknologi ini di tahun depan,” tukasnya,

Kamera Ganda Setara DSLR

Bicara soal kamera ganda yang telah menjadi tren smartphone 2017, Herry mengungkap tren ini akan tetap berlanjut hingga beberapa tahun ke depan, atau bahkan dalam jangka waktu panjang.

smartphone

“Konfigurasinya sama seperti Samsung Galaxy Note 8, atau beberapa seri lain dengan dua kamera ganda, satu lensa untuk modus telephoto, dan yang satunya lagi modus wide-angle,” ujar Herry.

Dengan kemampuan tersebut, efek foto yang dijepret akan menghasilkan citra ‘bokeh’ ala bidikan kamera profesional seperti DSLR atau mirrorless.

Bye-bye Headphone Jack 3.5mm!

Absennya lubang headphone jack 3.5mm, juga akan menjadi tren populer. Padahal, menurut Herry, ini sudah lebih dulu dilakukan Apple pada iPhone 7 dan 7 Plus sejak 2016 lalu.

“Butuh waktu lama bagi beberapa vendor agar akhirnya bisa mengikuti ‘jejak’ Apple untuk menghilangkan lubang headphone pada produk terbarunya. Di 2017 juga sudah ada beberapa, seperti Pixel 2, Xiaomi Mi 6, HTC U11,” ujar Herry.

smartphone

Nanti, smartphone baru tanpa lubang headphone jack 3,5mm akan mengandalkan teknologi nirkabel. Bukan tidak mungkin, beberapa di antaranya akan mengikuti langkah Apple merilis earphone nirkabel khusus untuk iPhone tanpa lubang headphone jack.

Tanpa Tombol Home

Bersamaan dengan tren bezeless, tombol home fisik diprediksi Herry akan hilang pada jajaran smartphone terbaru di tahun depan. Sebagai ganti, layar smartphone bisa jadi akan disematkan fingerprint untuk membuka layar.

“iPhone X sudah duluan, tapi dia kan mengandalkan FaceID (teknologi pemindai wajah). Beberapa di antara vendor smartphone kemungkinan akan mengikuti Apple. Vivo juga sudah memperkenalkan teknologi Under Display Fingerprint Scanning kan. Jadi smartphonenya nanti nggak akan pakai tombol home fisik, buka smartphone cuma perlu sentuh layar,” tutur Herry.

smartphone

Dengan demikian, tanpa adanya tombol home, smartphone akan benar-benar tampil dengan layar utuh. Untuk alternatif membuka layar, pengguna bisa memanfaatkan fitur Face Recognition, Iris Scanning, serta fingerprint yang disematkan langsung di bawah layar seperti Vivo.

Inovasi pada pasar smartphone tentunya tak akan berhenti sampai hal-hal di atas. Tentunya masih banyak lagi inovasi yang sedang disiapkan dan disimpan rapat-rapat oleh para vendor untuk mengejutkan para konsumen smartphone di masa mendatang.

0 comments