NOW READING

6 Aplikasi Smartphone yang Aman Digunakan oleh Anak-anak

 1290
+
 1290

6 Aplikasi Smartphone yang Aman Digunakan oleh Anak-anak

by The Daily Oktagon
  • Selama ini, internet dianggap sebagai “dunia” yang menyeramkan bagi anak-anak.
  • Penggunaan internet tanpa pengawasan bisa memberikan dampak negatif bagi anak.
  • Namun, dengan supervisi dan pemilihan konten yang ketat, internet bisa menjadi sarana belajar anak yang efektif.

Internet bisa menjadi media belajar yang efektif untuk anak jika digunakan dengan tepat. Salah satu caranya adalah selektif memilih konten yang bisa diakses anak.

Banyak kasus penyalahgunaan konten internet yang sering dilakukan oleh anak-anak. Hal itu memang membutuhkan perhatian khusus mengingat internet merupakan “dunia” yang tak berbatas, yang menyajikan konten tak berbatas, tanpa memandang usia.

Yang harus selektif adalah orangtua. Seberapa sering anak boleh mengakses internet dan konten apa saja yang boleh diakses. Jika disupervisi dengan benar, anak bisa mendapatkan banyak manfaat dari keberadaan internet, salah satunya kesempatan belajar banyak hal baru dengan cara yang kreatif dan tak biasa.

Baca juga : Cara Ayah Memanfaatkan Teknologi untuk Mendidik Anak

foto : shutterstock

Misalnya, di Google Play, tersedia banyak aplikasi yang didesain untuk anak-anak. Beberapa di antaranya sebagai hiburan semata, lainnya dikhususkan untuk memberikan edukasi. Aplikasi-aplikasi yang menawarkan nilai edukasi inilah yang bisa menjadi pilihan, memberikan gaya belajar baru yang membuat anak tak sadar jika mereka sedang belajar.

Berikut beberapa aplikasi menarik yang sangat bermanfaat bagi anak.

Amazon Kindle

Tak ada yang bisa membantah jika membaca adalah jendela dunia. Anak-anak yang memiliki kebiasaan membaca akan tumbuh menjadi anak yang imajinatif dan kreatif. Beragam buku menarik tersedia untuk anak yang gemar membaca. Bisa pula Anda membuat kebiasaan baru, yaitu membaca bersama anak. Dengan begitu, anak akan tertarik dengan buku dan terdorong untuk membaca lebih banyak buku.

foto : shutterstock

ClassDojo

Aplikasi ini menawarkan pengalaman seperti anak sedang belajar di sebuah ruang kelas, tetapi secara virtual. Orangtua, murid, dan guru bisa saling berinteraksi melalui aplikasi ini. Guru bisa berkomunikasi dengan anak mengenai kebutuhan pendidikan mereka. Orangtua pun bisa tetap mengikuti perkembangan pendidikan anak mereka. Sementara itu, anak akan mendapatkan perhatian yang dibutuhkan yang berkaitan dengan pendidikannya. Aplikasi ini berperan sebagai positive reinforcement dan alat untuk berkomunikasi antara orangtua, guru, dan anak. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan Anda memiliki kenalan guru yang juga mau menggunakan aplikasi ini.

Baca juga : Tip Memantau Perilaku Anak Dalam Menggunakan Internet

foto : ClassDojo

Cram.com Flashcards

Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar menggunakan flash card, atau semacam permainan kartu-kartu bergambar yang dilengkapi kata-kata, diperlihatkan dan dibacakan secara cepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat flash card mengenai banyak hal.  Menariknya, Anda bisa mengakses flash card yang pernah dibuat orang lain. Aplikasi ini bisa diakses secara online maupun offline. Jika membeli versi premium, Anda bisa membuat hingga 100 flash card.

Duolingo

Aplikasi ini tak hanya menjadi andalan orang dewasa. Anak-anak pun bisa memanfaatkannya untuk belajar bahasa asing. Ada cukup banyak bahasa yang tersedia di aplikasi ini, seperti Spanyol, Jerman, Italia, Belanda, dan Bahasa Inggris. Pengembang aplikasi ini mengklaim jika belajar selama 34 jam melalui Duolingo setara dengan belajar selama satu semester.

PBS Kids Video

PBS sudah tersohor dengan video-video edukasinya. Anda bisa mengakses konten PBS di Android melalui PBS Kids Video. Tak perlu khawatir akan konten yang tak pantas bagi anak. Aplikasi ini hanya berisi konten yang ramah anak. Melalui kartun-kartun lucu, anak akan menikmati video ini, tanpa sadar bahwa mereka sedang belajar. Aplikasi ini juga menyediakan educational goal tracker yang bisa dimanfaatkan orangtua untuk memantau perkembangan belajar anak dan mengeset target yang ingin dicapai.

foto : YouTube

YouTube Kids

Khawatir jika anak mengakses YouTube dan menemukan konten tak pantas? Unduh saja aplikasi ini dan anak Anda bisa bebas mengeksplor semua video yang ada di sana. Pada dasarnya video-video yang ada di aplikasi ini juga ada di YouTube reguler. Namun, Anda tak perlu lagi repot-repot mencarinya satu per satu.

0 comments