NOW READING

5 Tripod Andalan untuk Traveling

 7783
+
 7783

5 Tripod Andalan untuk Traveling

by The Daily Oktagon
  • Tripod yang ringkas dan ringan menjadi pilihan utama saat traveling.
  • Daya topang dan stabilitas juga menjadi poin yang penting dalam memilih tripod untuk traveling.
  • Kelima tripod yang kami tampilkan di sini memiliki keunggulan tersendiri dan cocok untuk menjadi andalan saat traveling.

Tripod dalam dunia fotografi telah menjadi bagian yang penting dalam menghasilkan foto yang menarik. Tak terkecuali saat traveling. Bagi mereka yang suka mengabadikan momen terbaik saat jalan-jalan, kehadiran tripod tentu menjadi alat penunjang pilihan terbaik.

Salah satu hal terpenting yang patut diperhatikan saat memilih tripod untuk menemani liburan adalah tringkas dan ringan. Selain soal berat dan dimensi, fitur-fitur penunjang menjadi poin khusus dalam memilih tripod untuk traveling ini.

Lewat artikel ini The Daily Oktagon akan merekomendasikan tripod-tripod ringkas dan ringan yang bisa diandalkan untuk menemani Anda menangkap momen-momen indah saat traveling.

Manfrotto 190 Go!

Seri tripod Manfrotto 190 telah dikenal di dunia fotografi selama bertahun-tahun dan seri 190 Go! ini menandai lini Manfrotto 190 yang memiliki bobot lebih ringan dan ringkas dari saudara terdahulunya. Penambahan kata “Go!” di belakangnya seakan mempertegas bahwa tripod ini memang diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan tripod untuk menangkap momen terbaik saat traveling.

Manfrotto-190-Go

Manfrotto 190 Go! memiliki hampir semua apa yang dibutuhkan oleh traveler dari sebuah tripod yang ringkas. 190 Go! memiliki panjang sekitar 45 cm saat dilipat dan setiap kakinya memiliki empat leg section dengan sudut tinggi maksimum 146 cm dan sudut tinggi minimum mencapai 7 cm. Penggunaan material aluminium pun membuat produk ini hanya memiliki bobot seberat 1,7 kg saja.

Namun, dengan keringkasannya bukan berarti 190 Go! tidak kaya akan fitur. Bobotnya yang ringan tak membuat tripod seharga Rp5,1 jutaan ini kewalahan menopang bobot kamera maksimal 7 kg (setara dengan kamera DSLR dengan lensa 70-200mm f/2.8). Ia juga dilengkapi dengan kolom yang bisa disesuaikan sudutnya sampai 90° untuk menangkap sudut-sudut sulit dan juga fitur soket Easy Link untuk penambahan aksesori kamera seperti reflektor atau pun lampu LED.

Kalau sedang mendalami traveling photography, simak ilmunya di artikel ini

Manfrotto MT190XPRO4

Tripod ini merupakan pembaharuan dari seri 190 sebelumnya. Salah satu fitur andal yang membedakan MT190XPRO4 dengan seri 190 sebelumnya adalah terdapatnya fitur Quick Power Lock System. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka semua perpanjangan hanya dengan satu tangan saja. Sebuah sistem pengoperasian yang sederhana bagi mereka yang suka traveling.

manfrotto-mt190-xpro4-2

MT190XPRO4 memiliki tinggi maksimum 173 cm dan minimum 8 cm dengan empat leg section. Saat dilipat produk ini memiliki dimensi yang cukup ringkas, yaitu panjang 62 cm dan berat sebesar 3,1 kg. Berbicara tentang kapasitas, MT190XPRO4 mampu menopang beban kamera-lensa hingga 6 kg. Dan seperti seri 190 lainnya, seri ini juga dipasangkan kolom 90° yang bisa dioperasikan dengan mudah untuk mendapatkan sudut-sudut yang menarik dan juga Easy Link untuk aksesori kamera tambahan.

Salah satu highlight utama dari tripod seharga Rp3,2 jutaan ini adalah dipasangkannya tuas pegas untuk mengatur dan mengunci sudut kaki. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengunci salah satu posisi sudut 4 kaki dengan hanya satu gerakan saja dan dapat menghindari dari kejadian jari terjepit saat melepas kuncinya.

Manfrotto BeFree

Dengan berat hanya 1,4 kg saja, tripod ini menjadi pilihan terdepan bagi para traveler yang menginginkan tripod yang ringan untuk dibawa bepergian. Selain ringan, Manfrotto BeFree juga memiliki ukuran panjang yang kecil saat dilipat, yaitu hanya 40 cm saja dengan tinggi maksimal 144 cm dan minimal 123 cm (memiliki empat leg section). Sebuah tripod yang ringan dan juga ringkas untuk menemani momen traveling Anda.

Be free versione A 0001

Selain keunggulan pada sisi dimensi, BeFree juga memiliki fitur yang menarik. Stabilitas adalah hal yang paling diutamakan para fotografer saat memilih tripod dan BeFree dapat menjadi jawaban tepat untuk stabilitas yang mumpuni bagi sebuah tripod yang ringan.

Dengan spesifikasi di atas, produk seharga Rp2,4 jutaan ini masih bekerja sangat baik saat menanggung beban seberat 2 kg dengan minimnya getaran yang terjadi. BeFree menjadi pilihan yang sulit dikalahkan dengan ukuran berat, tinggi, dan tentu saja harga yang terjangkah untuk ukuran tripod ringkas bagi para traveling photographer.

Simak artikel ini untuk profil kamera mirrorless format medium dengan klaim pertama di dunia

MeFOTO GlobeTrotter

Tripod ini juga menjadi andalan saat traveling karena selain bisa menopang beban kamera hingga 12 kg, MeFOTO GlobeTrotter juga bisa berfungsi sebagai monopod. Dua fungsi aksesori kamera dalam satu alat saja.

Dengan material berbahan alumunium, tripod ini memiliki bobot 1,7 kg. Tinggi maksimalnya mencapai 170 cm (monopod) – 163 cm (tripod) dengan lima leg section dan minimal 41 cm (dilipat) sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas traveling.

MeFOTO-Globetrotter

Sebuah kait pegas yang terletak di bagian bawah kolom tengah membuat MeFOTO GlobeTrotter sanggup menahan beban yang cukup berat tanpa harus mengkhawatirkan sisi stabilitas kamera. Keunggulan lainnya dari tripod sekelasnya adalah produk ini memiliki harga yang sangat kompetitif.

Velbon Ultra 655

Velbon mengeluarkan model flagship dari lini tripod compact mereka dalam Ultra 655 ini. Daya topang seberat 4 kg membuat tripod ini cocok untuk digunakan pada kamera DSLR kelas menengah dan juga mirrorless.

Velban-Ultra-655

Velbon Ultra 655 memiliki fitur menarik, yaitu TSS (Trunnion Shaft System) yang membuat tripod ini bisa mencapai ketinggian maksimum 154 cm (lima leg section) dan minimum 37,2 cm (saat dilipat). Bagian bawah dari kolom tengah pun bisa dicopot dan memungkinkan menurunkan sudut tripod hingga 13,3 cm dengan kaki-kaki yang dilebarkan untuk mengambil sudut yang lebih rendah.

Satu hal lagi yang membuat Ultra 655 menjadi produk yang cocok untuk traveling adalah bobotnya yang ringan, yaitu hanya 1,3 kg saja.

Masing-masing tripod datang dengan kelebihan dan orientasi kegunaan tersendiri.Tinggal bagaimana mencocokkannya dengan keperluan Anda.

Tips fotografi: teknik membingkai foto. Intip kiatnya di sini

 

0 comments