NOW READING

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik

 3357
+
 3357

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik

by The Daily Oktagon

Saat Anda tengah berburu smartphone baru, apa saja kriteria yang Anda prioritaskan? Kualitas layar? Performa? Daya tahan baterai? Sistem operasi? Semua ini seringkali menjadi pertimbangan utama konsumen, namun di saat yang sama, mereka juga mementingkan kualitas kameranya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kamera memang menjadi faktor penting bagi setiap pabrikan smartphone. Saat memperkenalkan produk-produk flagship-nya, besar kemungkinan mereka juga akan memamerkan kebolehan kameranya.

Melihat begitu banyaknya smartphone yang ada di pasaran, seringkali konsumen bertanya-tanya, “Apakah smartphone yang dengan kamera terbaik?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita tak bisa hanya memantau dari spesifikasi di atas kertasnya, tetapi juga bagaimana kualitasnya ketika dicoba secara langsung. Maka dari itu, dalam artikel kali ini, The Daily Oktagon telah memilih 5 smartphone dengan kamera terbaik berdasarkan opini berbagai reviewer.

Apple iPhone 6 Plus

Satu hal yang selalu diperdebatkan adalah, apakah megapixel berpengaruh besar terhadap kualitas gambar? Untuk menjawabnya, sepertinya dibutuhkan satu artikel terpisah yang penuh dengan pembahasan teknis. Namun pada kenyataannya, kamera 8 megapixel milik iPhone 6 Plus menuai banyak pujian dari para reviewer.

iphone-6-plus

Salah satunya adalah situs DPReview, yang menguji kamera iPhone 6 Plus secara super-intensif. Mereka tidak segan menyebut hasil fotonya lebih detail ketimbang kamera 13 megapixel milik mayoritas smartphone lain.

Performanya secara menyeluruh juga disebut sangat responsif, dan sistem autofocus-nya sangat cepat. Di saat yang sama, mode panorama serta HDR pun bisa dijalankan dengan baik.

Kekurangan iPhone 6 Plus dari segi kamera adalah terbatasnya fitur yang ditawarkan. Lebih lanjut, tidak ada opsi perekaman video 4K, meski kualitas video 1080p-nya juga mendapat pujian.

Samsung Galaxy S6

Kameranya punya 16 megapixel, lensa f/1.9 dan video 4K. Di atas kertas, kamera milik smartphone andalan Samsung ini sangat menarik. Dan berdasarkan benchmark yang dilakukan DPReview, Samsung Galaxy S6 menempati posisi teratas, mengalahkan Samsung Galaxy Note 4 dan iPhone 6 Plus.

samsung-galaxy-s6

Di dunia nyata, Forbes cukup percaya diri menyimpulkan bahwa kamera milik Samsung Galaxy S6 lebih oke ketimbang milik iPhone 6 – yang seukuran, bukan iPhone 6 Plus. Gambar yang dihasilkan sangat detail, reproduksi warnanya akurat, dan fitur-fitur ekstranya cukup lengkap.

Soal performa, Samsung Galaxy S6 diyakini tidak kalah canggih dibanding iPhone 6, termasuk dalam hal menangkap fokus. Kalau diminta menyebutkan kekurangan kamera Galaxy S6, mungkin yang harus dihighlight adalah tidak adanya mode pemotretan dalam format RAW secara default, padahal hardware-nya memungkinkan, seperti yang bisa kita lihat dari LG G4 di bawah ini.

LG G4

Paling baru di antara yang lain, LG G4 juga mengemas spesifikasi kamera yang menarik: 16 megapixel, lensa f/1.8 dan opsi perekaman video 4K. Melihat hasil jepretannya, banyak reviewer yang memuji ketajaman dan reproduksi warnanya yang akurat.

Namun yang menjadi sorotan utama dari kamera LG G4 adalah kelengkapan fiturnya. Pengguna yang paham fotografi bisa mengakses semua parameter yang biasa diatur di kamera, alias mengontrol kinerja kamera secara manual. Reviewer kondang Marquees Brownlee pun tak segan memberikan pujian soal ini.

lg-g4

Tak hanya itu saja, LG G4 merupakan salah satu smartphone pertama yang sanggup memotret dalam format RAW menggunakan aplikasi kamera bawaannya, untuk kemudian diolah lebih lanjut pada software photo editing seperti Adobe Lightroom.

Performa juga mendapat pujian di sini. Computerworld menyebutkan bahwa secara keseluruhan kamera LG G4 bisa beroperasi dengan cepat, termasuk dalam hal menangkap fokus. Satu-satunya kekurangan kamera LG G4 adalah perihal konsistensi, dimana terkadang gambar yang dihasilkan berwarna sedikit pucat dan kurang fokus.

Google Nexus 6

Pada generasi-generasi sebelumnya, tidak jarang konsumen yang kecewa dengan kualitas kamera Google Nexus. Namun di generasi keenamnya, keluhan itu sudah tidak sebanyak dulu.

Di atas kertas, kamera Nexus 6 mengemas sensor 13 megapixel, lensa f/2.0 dan perekaman video 4K. Hasil fotonya terbukti bagus, meski DPReview menilai iPhone 6 Plus masih sedikit lebih unggul. Kendati demikian, resolusi yang lebih besar menjadikan Nexus 6 lebih fleksibel soal cropping.

nexus-6

Performanya secara keseluruhan juga responsif, dan mode HDR+ miliknya tidak kalah efektif dibanding milik iPhone 6 Plus, bahkan jika digabungkan dengan OIS-nya, sanggup meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi low-light.

Soal fitur, aplikasi kamera bawaan Nexus 6 terbilang cukup terbatas seperti iPhone 6. Terlepas dari itu, kamera Nexus 6 masih termasuk salah satu yang terbaik, dan layar besarnya merupakan bonus agar Anda bisa menyunting foto dan video dengan lebih mudah.

Microsoft Lumia 930

Satu-satunya Windows Phone dalam artikel ini, Lumia 930 juga mengemas salah satu kamera terbaik di dalam smartphone. Ukuran sensor 20,1 megapixel-nya tidak jauh berbeda dibanding milik kamera saku. Hasil fotonya detail, tajam dan reproduksi warnanya cukup akurat.

lumia-930

Sebelum LG memperkenalkan G4, Lumia 930 sudah lebih dulu menawarkan kontrol manual dan dukungan format RAW. Kinerjanya juga cepat, dan berdasarkan penuturan Pocket-lint, autofocus-nya mampu bekerja secara optimal di kondisi remang-remang. Sebagai bonus, Lumia 930 merupakan satu dari segelintir smartphone yang disertai tombol shutter.

Secara keseluruhan, bisa dikatakan kelemahan terbesar dari kamera Lumia 930 adalah bukaan lensanya yang ‘hanya’ f/2.8. Hal ini berarti di kondisi low-light ia tak bisa mengumpulkan cahaya sebanyak smartphone lain dengan bukaan lensa lebih besar. Alhasil, tingkat ISO harus ditinggikan, yang berujung pada munculnya lebih banyak noise.

0 comments