NOW READING

5 Smartphone dengan Baterai Paling Besar

 3129
+
 3129

5 Smartphone dengan Baterai Paling Besar

by The Daily Oktagon

Selain kamera dan layar, ada salah satu komponen penting yang kerap jadi bahan pertimbangan ketika seseorang memutuskan membeli smartphone, yakni kapasitas baterai. Rasanya lumayan repot kalau beberapa jam sekali, harus mengisi daya dan mencari colokan. Masalah ini nyata dan perlu solusi.

Semakin hari pabrikan perangkat smartphone pun berlomba-lomba untuk tidak hanya menghadirkan perangkat yang berkinerja gahar tapi di saat yang bersamaan juga punya daya tahan baterai yang mumpuni.

Diurutkan secara acak, berikut ini adalah 5 smartphone yang dibekali kapasitas baterai paling besar yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Lenovo Vibe Z2 Pro

Smartphone berbekal baterai kapasitas tertinggi yang pertama ialah Lenovo Vibe Z2 Pro. Smartphone keluaran Agustus 2014 ini tampil prima dengan baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh. Jeroan perangkat dihuni oleh chipset Snapdragon 801 yang mengemas prosesor 2.5GHz quad-core, RAM sebesar 3GB dan pengolah grafis Adreno 330.

lenovo-smartphone-vibe-z2-pro

Orang-orang dari NDTV yang berkesempatan menjajal performa baterai Lenovo Vibe Z2 Pro harus cukup puas dengan durasi pemakaian selama 9 jam 24 menit. Dalam kondisi normal, perangkat dapat bertahan lebih dari satu hari. Untuk memperoleh efisiensi terbaik, Lenovo menyertakan aplikasi Power Manager sebagai pengatur daya.

Huawei Honor 6 Plus

Huawei Honor 6 Plus memiliki baterai berkapasitas 3.600mAh. Sebuah bekal yang sangat baik untuk ukuran smartphone kelas menengah berlayar 5,5 inci dan prosesor buatan sendiri, HiSilicon Kirin 925.

Dengan penggunaan normal, Huawei Honor 6 Plus diklaim mampu bertahan selama dua hari dalam satu kali isi ulang. Huawei telah menyiapkan tool khusus yang memungkinkan pengguna memperoleh potensi efisiensi dengan memilih mode penghematan, misalnya mode Smart atau mode Ultra Power Saving.

honor_6_plus_2

Kinerja prosesor Kirin mendapatkan topangan yang solid dari RAM 3GB dan juga pengolah Mali-T628 MP4. Untuk media penyimpanan, Huawei menawarkan dua konfigurasi, 16GB (3G model) dan 16GB atau 32 GB (LTE model).

HTC One Max

Dibalut layar bongsor, 5,9 inci FHD membuat HTC One Max juga membutuhkan pasokan daya yang bertenaga besar. Faktor ini yang melatar-belakangi hadirnya baterai sebesar 3,300mAh di panel belakang perangkat.

htc-one-max-en-f05-01

Baterai inilah yang kemudian membuat perangkat mampu bertahan selama 28 jam waktu bicara dan 585 jam waktu siaga.

Sementara itu performa perangkat menjadi tanggung jawab dari chipset Qualcomm Snapdragon 600 yang mengemas prosesor quad-core berkecepatan 1,7GHz dipadu dengan RAM 2GB.

Samsung Galaxy Note 4

Di antara keluarga besar Samsung Galaxy, Galaxy Note 4 inilah yang tergolong punya kapasitas baterai paling besar. Di atas kertas, Samsung Galaxy Note 4 punya kapasitas baterai sebesar 3.220mAh yang dilengkapi dengan teknologi fast charging.

Baterai kekar ini memberikan waktu bicara selama 20 jam dan mampu bertahan selama 80 jam untuk memutar musik tanpa henti. Jika diperlukan, pengguna bisa mengaktifkan mode Ultra Power Saving untuk mendapatkan efisiensi yang optimal.

galaxy_note_4_2

Tampak luar, Galaxy Note 4 dijejali layar 5,7 inci Super AMOLED yang jernih. Secara default ada dua konfigurasi jeroan yang diterapkan oleh Samsung tergantung negara tujuan. Konfigurasi pertama menggunakan prosesor 2.7GHz Quad Core dan konfigurasi kedua mengandalkan prosesor Octa Core (1.9GHz Quad + 1.3GHz Quad Core). Kedua varian sama-sama dibekali kamera belakang 16MP dan kamera depan 3,7MP.

Lenovo S860

Smartphone berbaterai besar yang terakhir juga datang dari Lenovo, kali ini dalam rupa Lenovo S860. Sama seperti varian pertama di atas, S860 memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh yang menjanjikan ketahanan baterai selama 43 jam dalam modus bicara dan 960 jam dalam mode standby.

lenovo-smartphone-s860-front-back-2

Namun dalam hal komponen dalaman, Lenovo S60 rupanya sedikit berbeda. Lenovo justru menyematkan chipset MediaTek MT652 yang mengemas prosesor quad-core 1,3GHz dan pengolah grafis Mali-400MP2.

Kelima smartphone di atas bersaing ketat dalam hal kapasitas baterai, namun begitu kemampuan daya tahan masing-masing akan sangat tergantung pada banyak hal. Di antaranya kemampuan perangkat keras, piranti lunak, dan termasuk bagaimana perangkat tersebut digunakan.

Sumber gambar: Lenovo, Honor 6 Plus 1 dan 2, HTC, Samsung, Lenovo.

0 comments