NOW READING

5 Rekomendasi Laptop Portable untuk Eksekutif Muda

 4079
+
 4079

5 Rekomendasi Laptop Portable untuk Eksekutif Muda

by The Daily Oktagon
  • Notebook ultra portable yang tidak merepotkan saat dibawa bepergian maupun digunakan sehari-hari.
  • Dari sekian banyak pilihan, ada lima kandidat laptop unggul yang bisa diincar di saat ini.
  • Karakternya beragam, karena keunggulan dimesi, performa, hingga hadirnya teknologi terbaru.

Jika Anda seorang pengusaha atau eksekutif muda yang memiliki kesibukan ekstra tinggi, mungkin Anda termasuk golongan yang membutuhkan dua perangkat teknologi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Kami bisa menebak jika smartphone adalah perangkat yang pertama, maka laptop kemungkinan besar adalah jawaban berikutnya. Berikut ini lima rekomendasi laptop dari The Daily Oktagon, yang memiliki portabilitas tinggi sehingga tentu membantu Anda yang mempunyai mobilitas tinggi.

Apple New MacBook 12″

Bicara laptop portable tentunya mustahil tanpa menyebut perangkat Apple. Dulu Apple memiliki laptop super tipis MacBook Air. Tapi kini MacBook Air sudah tidak memiliki varian baru. Sebagai gantinya ada New MacBook berukuran 12 inci.

Jangan khawatir, meski tanpa embel-embel “air“, laptop satu ini bahkan lebih tipis ketimbang MacBook Air. Selain itu desainnya juga lebih menarik. Layarnya memiliki tepian yang jauh lebih tipis dengan resolusi mencapai 2.304 x 1.440 piksel. Resolusi ini jauh lebih tinggi dari MacBook Air.

Keyboard-nya pun kini dibuat lebih ceper sehingga terlihat lebih rapi dan bisa diajak mengetik cepat. Di sisi hardware, memang terjadi penurunan prosesor daripada Macbook 12 inci versi lama, karena Apple menggunakan CPU Intel Core m3, bukan Core i5 series. Tapi prosesor ini masih sangat mumpuni untuk multitasking kelas menengah. Apalagi ada RAM 8 GB yang disematkan di dalamnya.

Satu hal positif dari laptop seharga 16-20 jutaan ini adalah digunakannya Core m3 adalah daya baterainya yang lebih awet, mencapai 10 jam.

ASUS ZenBook 3 UX390

ZenBook 3 UX390 memiliki desain “11-12” dengan New MacBook 12. Pun begitu dengan dimensi layarnya yang hanya sedikit lebih besar, yakni 12,5 inci berlapis Gorilla Glass. Kami bilang ZenBook 3 UX390 adalah MacBook versi Windows karena ternyata feel menggunakannya pun sangat mirip.

ZenBook 3 UX390 memiliki desain yang sangat mewah dengan bahan metal berkilau dan dipercantik garis-garis di ujung layarnya. Bukan cuma compact dan mewah, laptop ini memiliki performa tertinggi di kelasnya. Hal ini dimungkinkan berkat adanya sistem pendingin berupa heatsink plus kipas kecil. Padahal laptop tipis pada umumnya tidak memiliki kipas.

Anda mungkin tidak percaya kalau di dalam laptop seharga 23 jutaan ini ternyata tersimpan CPU Intel Core i5 atau bahkan Core i7 generasi ke-7 (Kaby Lake) yang punya kinerja tinggi. Kapasitas RAM-nya pun ada yang 8 GB, ada pula yang 16 GB. Performa multimedianya pun tak kalah gahar dengan speaker lantang bikinan Harman Kardon. Sebagai pelengkap, ASUS juga turut menyertakan sebuah sleeve berbahan kulit premium dalam paket penjualannya.

Kalau yang Anda cari tablet yang ringkas, simak ulasannya di sini

Lenovo Yoga 510

Lenovo bisa dibilang adalah jagonya laptop convertible. Dibanding merek lainnya, Lenovo tergolong yang paling sering merilis laptop lipat. Seri yang paling terkenal adalah Lenovo Yoga. Penamaan Yoga sendiri untuk menggambarkan kelenturan bodinya.

Adapun seri Yoga yang kami rekomendasikan adalah Yoga 510. Berbeda dengan New MacBook atau ZenBook 3 UX390 yang berlayar 12 inci, Lenovo Yoga 510 menawarkan layar lebih luas 14 inci yang bisa disentuh. Ukuran ini sudah menjadi standar layar laptop pada umumnya.

Sebenarnya Lenovo Yoga 510 tidak bisa dibilang ramping. Pasalnya jeroan yang ada di dalamnya dirancang untuk laptop berukuran standar. Sebut saja CPU Intel generasi ke-7 dengan GPU AMD Radeon terintegrasi untuk kebutuhan visual yang lebih optimal, seperti video editing atau bermain game.

Tapi meski tidak terlalu tipis, kami tetap merekomendasikan Yoga 510 karena laptop seharga 9 jutaan ini bisa dilipat-lipat. Karenanya laptop ini bisa digunakan dengan berbagai cara. Bisa dijadikan tablet, laptop biasa, atau pun didirikan seperti tenda untuk keperluan menonton film.

Ulasan tentang tablet hybrid terbaru Lenovo bisa cek di sini

DELL XPS 13 9360

Laptop berbasis Windows yang satu ini juga mirip seperti New MacBook 12 dengan bodinya yang tergolong tipis nan compact. Tapi kesan yang ditimbulkan sedikit berbeda karena DELL XPS 13 9360 lebih macho dengan bentuk mengotak.

Kalau Anda merasa pria sejati, maka laptop ini adalah yang paling menarik di antara rekomendasi lain yang kami tawarkan. Bagian luarnya terbuat dari aluminium, sementara bagian dalamnya terbuat dari serat karbon. Perpaduan material ini menghadirkan desain yang kuat tapi juga ringan.

Selain tampang luarnya yang kece, layarnya juga tidak kalah menarik. Pasalnya bezel layarnya sangat tipis sehingga bikin sedap dipandang. Oh ya, layar ini berdimensi 13 inci beresolusi Full HD dan juga bisa merespon sentuhan tangan.

Dengan desain yang sedikit lebih tebal dari New MacBook 12, DELL XPS 13 9360 menawarkan port yang jauh lebih lengkap, seperti port USB 3.1 serta slot SD card. Untuk kebutuhan komputasi harian, laptop seharga 21 jutaan ini ditenagai CPU Intel Core i5 generasi ke-6. Bukan yang terbaru memang, tapi masih sangat andal untuk saat ini.

Lakukan tips ini untuk memaksimalkan komputer, buat Anda yang super sibuk

HP Spectre X360

Rekomendasi terakhir dari kami adalah HP Spectre X360. Di Indonesia merek HP memang identik dengan pebisnis. Pun begitu dengan Spectre X360 yang memang dirancang untuk eksekutif muda maupun pebisnis.

Yang jadi nilai jual utama dari laptop seharga 18 jutaan ini adalah layar sentuh 13,3 inci Full HD yang bisa dilipat 360 derajat sehingga bisa digunakan layaknya tablet. Tapi perlu diperhatikan karena laptop ini memiliki ketebalan yang lumayan serta bobot 1,5 kg sehingga mungkin Anda bakal merasa cepat pegal saat menggunakannya dengan mode tablet.

Di balik layarnya, HP Spectre X360 sudah membawa hardware yang bisa diandalkan, yakni Core i7-6500 yang merupakan CPU Intel generasi ke-6. Sama seperti DELL XPS 13, meski bukan yang terbaru, prosesor ini jelas masih sangat mumpuni menangani beban komputasi harian setidaknya hingga dua tahun ke depan. Prosesor ini ditunjang RAM berkapasita 8 GB dengan storage SSD hingga 512 GB.

Apa pun yang Anda pilih, laptop ini sudah pasti bakal menjadi teman yang mendukung produktivitas keseharian. Masing-masing laptop mempunyai karakteristik keunggulan.

Macbook misalnya dengan ramping dan ringan, ZenBook untuk performa, Yoga dengan “lentur”nya, hingga Spectre dengan kecanggihan layar sentuh. Anda tinggal cocokkan dengan kebutuhan pribadi saja.

0 comments