NOW READING

5 Ide Foto dan Video Unik untuk Kado Ayah

 1655
+
 1655

5 Ide Foto dan Video Unik untuk Kado Ayah

by The Daily Oktagon
  • Foto dan video bisa dijadikan kado yang berkesan untuk ulang tahun ayah.
  • Video stop motion, album foto, dan video musik bisa jadi pilihan kado ulang tahun untuk ayah.
  • Kreativitas sangat penting untuk menghasilkan foto dan video yang unik.

Hari Ayah Dunia jatuh di bulan Juni. Tentu bisa menjadi hari yang istimewa jika Anda bisa memberikan kado untuk orang paling spesial di dunia itu.

Atau justru di bulan ini ayah Anda berulang tahun? Sifat kado yang diberikan tentu semakin “wajib” dihadirkan. Tetapi, kado seperti apa yang memenuhi kriteria seperti itu?

Bagaimana kalau kamu memberikan kado berupa foto atau video yang khusus ditayangkan pada peringatan hari lahirnya? Tentu bukan foto atau video yang biasa, melainkan yang unik. Selain tidak ada duanya, kado berupa foto atau video yang unik dan pribadi bakal mengena di hati ayah tersayang.

The Daily Oktagon merangkum beberapa ide foto dan video yang bisa dicoba. Tidak sulit untuk membuatnya, yang penting mau mencoba dan biarkan ide mengalir dengan deras.

Video Stop Motion

Membuat video stop motion cukup mudah dan peralatan yang dibutuhkan juga tidak tidak banyak, yaitu kamera digital serta tripod. Ada pun materi untuk membuat video stop motion bisa berupa aktivitas sehari-hari ayah atau bisa berupa teks ucapan selamat ulang tahun. Tentunya video itu akan menarik jika juga diisi dengan musik favorit ayah.

Untuk membuat video stop motion Anda harus memikirkan konsepnya dengan matang. Setelah itu siapkan obyek foto. Carilah obyek yang cocok untuk karakter-karakter di dalam video. Kalau perlu, lengkapi setiap adegan dengan latar belakang untuk mempercantik penampilan video.

Setelah itu siapkan kamera. Kamera yang digunakan untuk membuat video stop motion bisa kamera apa saja, bahkan bagi pemula bisa menggunakan webcam dan kamera di telepon pintar.

Jika mau yang lebiih serius, bisa gunakan kamera SLR semacam Canon EOS 1300D yang mempunyai fitur live view, sehingga proses pengambilan gambar bisa dilakukan langsung di komputer menggunakan software semacam Eclipse.

Yang harus diperhatikan dalam membuat video stop motion adalah pencahayaan yang konsisten agar gambar-gambar yang diambil menjadi senada.

Jangan lupa untuk menyisipkan audio berupa narasi dan musik untuk membuat video stop motion itu menjadi hidup. Untuk pilihan musik bisa lagu-lagu favorit ayah atau musik yang sesuai dengan adegan video stop motion.

Album Foto

Ide kedua adalah membuat album foto. Tentunya bukan album foto biasa, tetapi album foto digital yang materinya bisa berupa foto ayah sejak kecil hingga sekarang. Tayangkan foto-foto tersebut ke dinding dengan bantuan proyektor digital semacam Lenovo Mini Projector yang berukuran ringkas.

Dijamin ayah kamu bakal terharu melihat foto-foto itu. Agar semakin dramatis, putarkan musik favorit ayah kamu ketika album foto ditayangkan.

Jika ingin mengambil foto dengan kamera mirrorless, simak jajaran terbarunya di sini

Video Testimoni

Kamu juga bisa membuat video sebagai kado ulang tahun ayah. Tidak seperti video stop motion, ini adalah video yang dibuat dengan menggunakan kamera video. Materi untuk video bisa testimoni dari kita, ibu, atau teman-teman ayah. Kita juga bisa menyisipkan video aktivitas ayah di antara testimoni-testimoni tersebut.

Sama seperti video stop motion, video yang kita buat akan menarik jika disertakan musik latar. Pilih musik yang pas agar ayah terharu dengan kado spesial ini.

Foto Edit Kreatif

Kamu punya banyak foto ayah, tetapi kamu merasa foto-foto itu biasa saja, tidak ada yang unik. Padahal, kamu ingin menjadikan foto-foto itu sebagai kado ulang tahun.

Bagaimana kalau foto-foto itu kamu sunting alias edit. Banyak perangkat lunak yang bisa mewujudkan hal itu dan yang paling populer adalah Adobe Photoshop. Dengan perangkat lunak ini kamu bisa membuat foto-foto ayah kamu jadi unik dan dramatis, yang penting adalah biarkan imajinasimu terbang bebas agar bisa membuat foto-foto yang unik.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat ayah kamu menjadi seorang superhero atau atlet. Kamu bisa juga membuat ayah kamu terlihat lucu di foto yang kamu sunting. Bisa juga kamu merangkai beberapa foto ke dalam satu frame.

Kamu jangan hanya menyunting satu foto saja, tetapi buat sebanyak-banyak dan kemudian proyeksikan ke dinding dengan proyektor ketika pesta. Dijamin ayah akan senang menerima kado ini.

Anda mencari smatphone dengan kamera berkualitas? Simak salah satunya di sini

Video Musik

Sama seperti video di ide sebelum, tetapi ini berisikan musik dan kamu serta ibu dan saudara-saudaramu yang menjadi penyanyinya. Sepertinya sulit untuk membuat video musik ini, karena kamu tidak bisa menyanyi.

Tidak usah pusing, kalian cukup pura-pura bernyanyi dan biarkan penyanyi sesungguhnya yang mendendangkan lagu favorit ayah kamu di video ini. Teknik seperti ini disebut lipsinc.

Kita tidak perlu pusing memikirkan apakah bibir kita sinkron dengan musiknya, karena video itu tidak untuk hal-hal yang serius. Yang penting adalah buat adegan semenarik mungkin dan pilih lagu yang paling disukai ayah kamu.

Bagaimana, apakah ide-ide itu bisa menginspirasi kamu untuk membuat kado ulang tahun untuk ayah? Hal yang paling penting dalam membuat kado ulang tahun untuk orang yang paling spesial adalah kreativitas. Ajak saudara dan ibu untuk ikut mendiskusikan konsep yang unik agar kado yang dihasilkan benar-benar berkesan. Silakan mencoba.

0 comments