NOW READING

5 Gadget Unik Penjaga Kesehatan Tubuh

 1088
+
 1088

5 Gadget Unik Penjaga Kesehatan Tubuh

by The Daily Oktagon

Foto utama: Dok. Vistatiq

  • Soal gadget untuk kesehatan, selama ini yang kita kenal hanyalah smartwatch
  • Namun tentu ada gadget khusus kesehatan.lain yang tak kalah menarik
  • Dari korek api unik hingga garpu pengukur kesehatan

Dewasa ini ada beragam gadget yang bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas harian kita. Contohnya ada smartphone untuk berkomunikasi, notebook untuk bekerja secara produktif, ada juga wearable untuk fashion dan kesehatan.

Nah bicara soal gadget untuk kesehatan, selama ini yang kita kenal hanyalah smartwatch atau smartband. Tidak heran karena kedua wearable ini memang diciptakan untuk khalayak umum dan bisa dibeli secara mudah.

Sementara wearable selain smartwatch yang benar-benar diciptakan untuk kesehatan sangat jarang terdengar. Tapi bukan berarti tidak ada. Nggak percaya? Berikut The Daily Oktagon paparkan lima gadget khusus kesehatan.

Korek Pintar

Kebanyakan korek api diciptakan untuk menunjang kegiatan negatif merokok. Tapi tenang, kami bukan ingin merekomendasikan korek untuk merokok. Ini adalah korek api pintar bernama Quitbit hasil karya dua desainer asal Amerika Serikat.

Bentuknya kurang lebih seperti korek api gas pada umumnya. Yang membedakan adalah adanya indikator pada bagian sisinya berupa layar. Apa fungsinya? Tak lain untuk menginformasikan kegiatan merokok yang Anda lakukan.

Quitbit bisa menginfokan sudah berapa kali Anda menyalakan korek untuk membakar rokok, seberapa sering Anda menghisap rokok, dan berapa biaya yang sudah Anda keluarkan untuk membeli rokok. Ya, data-data ini tak lain berfungsi untuk mengingatkan kita agar mau berhenti atau setidaknya mengurangi kebiasaan merokok.

Baca juga: Teknologi dan Akses Kesehatan di Indonesia, Sudahkah Mapan?

Pemutih Gigi

Gadget satu ini sangat unik, menarik, dan pastinya dibutuhkan banyak orang. Ini adalah alat pemutih gigi yang diciptakan oleh GLO Science. Dalam paket penjualannya di-bundling dengan mouth piececase, pelembab bibir, dan gel pemutih.

GLO Teeth Whitening beroperasi dengan built-in battery. Cara pakainya tergolong mudah, yakni dengan menempelkan mouthpiece beserta gel ke dalam mulut, lalu tekan tombol biru yang ada di perangkat. Pihak GLO merekomendasikan untuk melakukannya hingga lima kali sehari untuk selama lima hari untuk melihat perbedaannya.

Garpu Pintar

Garpu pintar? Kedengarannya memang aneh, tapi perangkat ini memang benar-benar ada. Garpu pintar ini bernama HAPIfork, selain berfungsi sebagai garpu pada umumnya, juga berguna untuk memonitor kestabilan tubuh Anda.

HAPIfork dilengkapi sensor accelerometer untuk mendeteksi gerakan tangan ketika Anda makan. Jadi alat ini bisa menghitung berapa kali Anda menyuap dan seberapa cepat Anda melakukan gerakan tersebut. Ketika Anda menyuap terlalu cepat dengan frekuensi yang cukup sering, HAPIfork akan bergetar disertai lampu berwarna merah yang akan menyala.

Simak juga deretan produk fashion yang juga sarat teknologi di artikel ini

Pemurni Udara Portabel

Mayoritas kipas listrik memiliki bentuk yang relatif besar sehingga tidak bisa disebut sebagai gadget. Tapi lain halnya dengan Satechi Portable Air Purifier and Fan yang memiliki bentuk sangat mini dengan dimensi 11 x 9 cm.

Perangkat ini berfungsi sebagai kipas angin. Namun lebih dari itu, kita juga bisa mendapat manfaat lebih untuk kesehatan, yakni sebagai pemurni udara. Seperti yang kita tahu, udara yang kita hirup sehari-hari rentan tercemar, terlebih jika kita tinggal di pinggir jalan.

Untuk menggunakannya kita hanya perlu memasok daya listrik melalui kabel USB sehingga otomatis dayanya sangat hemat. Saat bekerja, perangkat ini juga tidak menimbulkan bunyi bising yang mengganggu.

Smart Glucometer

Satu gagdet khusus kesehatan terakhir yang layak untuk dimiliki adalah pendeteksi kadar gula buatan iHealth Lab Inc. Seperti yang kita tahu kalau gula adalah zat makanan yang senantiasa masuk dalam tubuh kita sehari-hari. Tapi jika terlalu banyak bisa berakibat fatal.

Karenanya perangkat ini sangat cocok untuk Anda yang hobi melahap makanan atau minuman manis. Perangkat ini disertai lancet seperti pisau kecil untuk ditusukkan ke jari lalu sampel darah yang mengalir akan dipindai. Hasilnya akan langsung tertera di smartphone yang sebelumnya sudah dihubungkan terlebih dahulu.

Kalau saja bisa memiliki berbagai gadget ini, kesehatan tubuh Anda bisa lebih terjaga.

 

0 comments