NOW READING

5 Drone Terbaru yang Wajib Ada di Dalam Radar Anda

 5445
+
 5445

5 Drone Terbaru yang Wajib Ada di Dalam Radar Anda

by The Daily Oktagon

Tren drone yang dimulai tahun lalu terus berlanjut hingga sekarang. Barisan quadcopter baru, atau yang menggunakan lebih dari empat rotor, terus bermunculan dengan keunikannya masing-masing.

Dari sekian banyak drone yang sudah ada atau segera dipasarkan, mana saja yang masuk kategori worth to check? Berikut 5 drone terbaru yang wajib Anda ketahui.

1. DJI Phantom 3

Dedengkot sekaligus pemicu booming-nya tren drone ini baru saja merilis quadcopter andalan terbarunya, Phantom 3. Desainnya tidak banyak berubah, namun penguncian posisinya lebih mantap, termasuk halnya saat berada di dalam ruangan berkat sensor ultrasonik, dengan estimasi daya tahan baterai sekitar 23 menit.

dji-phantom-3

Fitur semi-autopilot turut dihadirkan, dan unit controller-nya telah disempurnakan, dengan jangkauan transmisi sinyal yang kini mencapai 2 km. Kendati demikian, pembaruan terbesar sejatinya ada pada isi komponennya: DJI Phantom 3 kini bisa merekam video dalam resolusi 4K 30 fps.

Ada dua varian Phantom 3 yang ditawarkan: 1) Professional seharga $1.259 dan 2) Advanced yang hanya bisa merekam video 1080p 60 fps seharga $999.

2. 3D Robotics Solo

Disebut-sebut sebagai rival terberat DJI Phantom 3, drone ini mengemas dua unit komputer berbasis Linux yang memungkinkannya untuk terbang sekaligus merekam video dengan otomatis.

Dari segi kualitas gambar, Solo mengandalkan gimbal 3-axis yang bisa Anda pasangi kamera GoPro, termasuk GoPro Hero4 Black sehingga ia pun siap merekam video 4K. Tidak hanya itu saja, melalui aplikasi pendampingnya, pengguna bisa mengontrol kamera secara penuh meski drone sedang mengudara.

3d-robotics-solo

3D Robotics Solo rencananya akan dipasarkan secara global dengan harga $999, sudah lengkap termasuk dengan controller-nya. Sayang, gimbal-nya harus ditebus terpisah seharga $400, dan Anda juga perlu menyediakan kamera GoPro secara terpisah.

3. Lily Camera

Jangan tertipu dengan namanya yang terdengar manis, Lily Camera adalah sebuah drone yang amat pintar. Saking pintarnya, ia tak memerlukan controller untuk bisa beroperasi. Ia cuma perlu dipasangkan dengan sebuah tracking device yang Anda bawa. Selanjutnya, ia akan mengikuti ke mana pun Anda pergi.

lily-camera

Kamera Lily tertanam di dalam bodinya, yang berarti image stabilization-nya mengandalkan sistem digital. Hal ini juga bisa diartikan kualitas gambarnya tidak sebagus dua drone di atas, tapi paling tidak ia masih bisa merekam video 1080p 60 fps, atau 720p 120 fps jika Anda hendak menikmati hasilnya dalam versi slo-mo.

Soal harga, Lily Camera saat dilepas dengan bandrol sekitar $499.

4. CyPhy LVL 1

Drone yang satu ini unik karena ia tak bisa dikategorikan sebagai quadcopter; lengan beserta baling-balingnya ada enam. Desain ini diklaim sanggup menghasilkan rekaman video yang lebih stabil tanpa harus mengandalkan gimbal.

cyphy-lvl-1

Resolusi video maksimum yang bisa direkam adalah 1080p. Karena kameranya ditanamkan ke dalam rangkanya, ia pun siap merekam gambar di cuaca menantang seperti hujan. Soal pengoperasian, CyPhy LVL 1 telah dibekali fitur geofencing sehingga pengguna bisa menetapkan ‘tembok-tembok’ virtual agar LVL 1 tidak bisa terbang melewatinya. Harga retail-nya diperkirakan berkisar di atas $750.

5. Ghost Drone

Drone yang terakhir ini memang tidak begitu baru, namun ia merupakan contoh unik produk yang muncul lewat situs crowdfunding dan berhasil menembus pasar global. Salah satu keunikannya adalah ia dirancang agar bisa dikontrol menggunakan smartphone, lengkap dengan fitur autopilot yang memungkinkannya untuk bergerak secara otomatis mengikuti penggunanya.

ghost-drone

Salah satu varian Ghost Drone dilengkapi dengan gimbal yang kompatibel dengan seluruh action cam besutan GoPro, termasuk halnya GoPro Hero4 Black yang siap merekam video 4K. Dalam satu kali charge, drone ini sanggup terbang selama 20 – 30 menit.

Ghost Drone memiliki tiga jenis tipe: Basic (tanpa gimbal), Aerial (dengan gimbal untuk memasangkan kamera GoPro) dan Aerial Plus (termasuk kamera beresolusi tinggi).

0 comments