NOW READING

5 Compact Camera Terbaik di Pasaran Saat Ini

 1511
+
 1511

5 Compact Camera Terbaik di Pasaran Saat Ini

by The Daily Oktagon
  • Kelas compact camera menjadi andalan berkat kepraktisan bodi dan juga pengoperasiannya.
  • Di tengah-tengah persaingan ketat, compact camera selalu memiliki pesonanya tersendiri untuk menjadi pilihan.
  • Para produsen-produsen kamera tak ingin ketinggalan untuk menciptakan produk andalan masing-masing di kelas ini.

Dari segi kepraktisan dan kemudahan pengoperasian, compact camera selalu memiliki pesonanya tersendiri. Bentuknya yang simpel, kemudahan operasi, dan hasil yang maksimal menjadi keunggulan tersendiri dari kamera di kelas ini. Oleh karena itu, beberapa produsen kamera tak ingin ketinggalan untuk meramaikan pasar compact camera yang sedang naik daun kembali di tengah maraknya persaingan kelas-kelas kamera yang lain.

The Daily Oktagon merangkum lima compact camera terbaik yang sedang ada di pasaran saat ini.

Fujifilm X100F

Meneruskan model X100T, Fujifilm tampak serius untuk menggarap pasar compact camera dengan merilis X100F. Kamera ini dibekali dengan focal length premium dengan sensor CMOS APS-C 24.2 MP dan image processor X-Processor Pro yang juga dibenamkan pada seri X-Pro 2 dan X-T2. Artinya, kualitas gambar yang dihasilkan tak akan jauh berbeda dengan kamera seri premiumnya Fujifilm.

compact camera

Kamera dengan desain retro ini juga didukung dengan sensitivitas ISO yang tinggi hingga 51,200 dan hybrid viewfinder yang bisa menampikan optical view dengan framing guides atau viewfinder electronic. Untuk urusan video, X100F dapat merekam Full HD dengan maksimum 60fps, tapi belum tersedia mode 4K.

Mau jadi YouTuber? Simak nih rekomendasi tiga kamera pilihan yang pas buat video.

Canon PowerShot G9 X Mark II

Untuk compact camera dengan sensor 1.0 inch, Canon PowerShot G9 Mark II ini keluar menjadi pilihan yang tepat dari segi bodi dan kontrol yang ramping. Bentuk bodinya yang sengaja dibuat ringkas ini membuat Canon harus mengorbankan salah satu fiturnya dan hasilnya adalah jarak fokus yang relatif pendek. Namun, sepertinya ini tak terlalu berarti karena ini adalah kelas compact camera yang tidak begitu membutuhkan lensa zoom.

compact camera

Kamera ini pada dasarnya memang diciptakan untuk membuat gambar yang sempurna untuk medium digital (media sosial, smartphone, dsb) karena memiliki pilihan koneksi dengan kontrol yang mudah.

Olympus Tough TG-5

Olympus menawarkan daya tahan dan ketangguhan dalam kamera Tough TG-5 ini. Kamera ini diklaim sanggup digunakan di kedalaman 15 meter di bawah air dan aman saat terjatuh dari ketinggian 2 meter.

compact camera

Sensornya sendiri sebenarnya mengalami penurunan dari seri sebelumnya, TG-5 dibekali sensor CMOS 12MP sementara TG-4 sebesar 16MP. Namun, penurunan ini memiliki efek positif pada performa kamera saat pencahayaan kurang dan dynamic range yang lebih baik. Dua hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh para penyuka diving saat ingin mengambil foto di bawah laut dengan kondisi cahaya yang minim.

Merekam video secara praktis dengan kamera mirrorless, intip rekomendasi kameranya di sini.

Sony RX100 V

Pada generasi kelimanya, Sony telah menetapkan standar baru dari sebuah digital compact camera yang premium. RX100 V ini memiliki bodi yang ringkas, pengaturan yang mudah disesuaikan, dan kualitas gambar yang sangat bagus.

compact camera

RX100 V diciptakan untuk mengejar kecepatan mendapatkan momen yang sempurna. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan continuous shooting RX100 V yang kini mencapai 24fp. Tak hanya itu, kemampuan merekam videonya pun ditingkatkan dan lebih fleksibel, khusus bagi para penggemar video gerak lambat. Kualitas videonya pun cukup beragam, mulai dari 4K, 1080p Full HD dan 720p HD.

Rekomendasi kamera DSLR pilihan dengan harga Rp5 jutaan, baca di sini.

Leica Q

Rasanya kurang lengkap jika tidak menyematkan nama Leica di sini. Ada harga ada kualitas memang, dan Leica menjadi pilihan yang terbaik jika memang ingin menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli sebuah compact camera. Namun, Leica Q bukanlah fixed-lens compact camera pada umumnya karena kamera ini dibekali dengan sensor full-frame sebesar 24.2MP, jelas lebih bersahabat bagi kartu memori dibandingkan dengan Sony RX1 R yang mencapai 42.2MP.

compact camera

Sensor ini juga dipadukan dengan Leica Maestro II untuk hasil continuous shooting yang maksimal pada kecepatan 10fps. Untuk mengatasi kondisi pencahayaan yang minim Leica Q dipasangkan lensa fixed Leica Summilux 28mm dengan maksimum aperture f1.7 dan rentang ISO mulai dari 100 sampai 50.000.

Compact camera memang dikenal dengan kepraktisannya, baik dari segi bentuk maupun fungsi. Dari kelima kamera di atas, mana yang akan menjadi pilihan Anda?

0 comments