NOW READING

5 Cara Ini Bisa Buat Vlog Makin Keren

 2951
+
 2951

5 Cara Ini Bisa Buat Vlog Makin Keren

by The Daily Oktagon
  • Vlog atau video blogging banyak dimintai anak mudah saat ini.
  • Banyak yang tertantang untuk membuat video yang kreatif.
  • Ada beberapa cara agar video yang dibuat terlihat menarik.

Vlog sangat populer di kalangan para milenial zaman ini. Mereka pun berlomba untuk membuat dan mengunggah karyanya di situs dan media sosial.

Kepopuleran vlog ini ternyata sangat memengaruhi daya kreativitas para remaja. Dari vlog, banyak yang menjadi sukses, terkenal, dan mendapat pemasukan secara konsisten. Namun, bukan sembarang video yang dibuat serta diunggah ke wadah seperti Youtube. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah vlog, yang tidak hanya menghibur, tetapi juga keren.

vlog

foto : shutterstock

1. Tentukan Konsep

Sebelum merekam, tentukan dulu konsep dan video seperti apa yang ingin ditampilkan. Saat ini sudah banyak vlogger yang hadir dengan konsep daily life, tutorial, atau hasil karya lainnya. Vlog bisa dibuat dalam format film atau video musik untuk menunjukkan keahliannya, terutama di bidang sinematografi. Jadi, penentuan konsep ini menjadi hal penting untuk menghasilkan sebuah vlog yang sesuai dengan minat kamu dan penonton.

10 Ide Konten Kreatif untuk Membuat Vlog Menjadi Viral

2. Ambil Gambar

Setelah tahu konsep yang akan dilakukan, silakan mulai merekam hal yang dipilih. Untuk alatnya sendiri, sangat bisa menggunakan kamera ponsel atau kamera dengan harga lebih murah. Salah satunya bisa menggunakan Xiaomi Yi M1 Digital Camera yang dihargai Rp4,5 jutaan. Saat merekam khususnya daily life, gunakan lensa tambahan untuk menabung gambar yang variatif. Hal ini akan berkaitan dengan proses editing dan hasil video di akhir. Siapkan lensa wide 12-16mm, standar 24-35mm, dan fix 50-85mm untuk hasilkan gambar yang beragam. Jangan lupa juga mic yang ditempelkan pada kamera juga tripod kecil dan ringkas.

3. Tentukan Musik

Kumpulkan semua gambar dan bayangkan hasil yang diinginkan, tentunya, tidak mungkin hanya kumpulan video tanpa adanya latar musik. Untuk mendapatkannya, ada banyak situs yang memberi fasilitas musik tanpa copyright. Jadi, musik tersebut bisa digunakan secara bebas tanpa takut akan hak cipta. Selain dari Youtube Library, ada juga akun Youtube seperti No Copyright Sounds atau situs seperti Soundcloud, Bensound yang bisa dipakai. Situs Artlist juga bisa menjadi referensi dimana pengguna bisa mengapresiasi musisi dengan membayar karya bersertifikat yang dipakai.

4. Edit

Masuk ke proses editing, ada begitu banyak perangkat lunak yang bisa digunakan. Mulai dari Adobe Premier Pro, Filmora, atau Final Cut Pro bisa dipakai, sesuai kemampuan editing pelakunya. Masukkan semua stok gambar dan musik yang sudah dimiliki dan buat alur cerita di dalamnya. Potong bagian yang tidak penting, tambahkan efek seperti slowmotion atau timelapse agar video terlihat lebih hidup. Lakukan juga grading pada hasil gambar agar warna yang tampil memberi kesan dramatis saat ditonton. Jika perlu, tambahkan narasi untuk memperjelas hal-hal yang ingin disampaikan.

vlog

foto : shutterstock

Razer Kiyo, Webcam Khusus untuk Gamer yang Juga Vlogger

5. Publish

Semua tahap selesai, tugas terakhir adalah mengunggahnya pada situs seperti Youtube, tapi bisa juga buat video singkat yang bisa diunggah pada media sosial seperti Instagram. Berikan judul yang menarik agar orang lain berminat untuk melihat vlog tersebut. Setelah terunggah, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman dan publik.

Semakin banyak penonton, semakin besar kesempatan untuk menjadi influencer terkenal nantinya. Status sebagai influencer ini yang membawa seseorang menjadi lebih dikenal, hingga bisa diajak bekerjasama dengan suatu perusahaan. Dari sanalah kamu bisa mulai mendapatkan pemasukan yang lumayan untuk kehidupan pribadi. Jangan lupa untuk membuat sebuah konten yang selalu berkualitas, positif, dan berguna bagi penikmat vlog-mu.

0 comments