5 Aplikasi untuk Dekor Rumah dan Taman Lebih Mudah

  • Menyenangkan jika memiliki rumah dan pekarangan dengan desain sesuai selera
  • Kamu pun kini bisa mendesain sendiri sesuai selera yang diinginkan
  • Tersedia beberapa aplikasi yang membantu mendesain rumah dan taman

Sungguh menyenangkan apabila hunian yang kamu tempati memiliki desain yang sesuai dengan selera. Untuk menjadikan desain rumah maupun pekarangan yang indah dan sesuai keinginan, biasanya membutuhkan bantuan jasa arsitek dengan biaya yang relatif mahal.​ 

Namun ternyata kini kita bisa melakukannya sendiri. Karena sudah banyak tersedia aplikasi untuk membuat desain interior dan eksterior. Tidak hanya membantu membuatkan desain, aplikasi ini pun mudah digunakan. Berikut ini 5 aplikasi yang kami rekomendasikan :

Planner 5D

Planner 5D merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain rumah dalam bentuk dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). Dengan menggunakan Planner 5D, kamu bisa merancang, memodifikasi, mempelajari serta mengelola proyek desain rumah impian kamu sendiri.

Foto: Planner

Lima Aplikasi Ini Membantu Kita Mendesain Rumah Impian

Cara penggunaan aplikasi ini pun terbilang mudah. Kamu bisa merancang sendiri desain yang diinginkan, atau bisa menggunakan template desain yang sudah disediakan. Jika butuh ide atau contoh desain, aplikasi ini juga menyediakannya. Ada berbagai contoh desain yang tersedia, mulai dari kamar keluarga, kamar tidur, dapur hingga teras dan pekarangan rumah.

Home Design 3D Outdoor/Garden

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam menata atau mendesain bagian luar rumah atau taman di depan rumah. Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah menata letak tanaman atau menentukan jenis tanaman yang cocok diletakan di posisi tertentu.

Foto: Home Design 3D

Bahkan, bila kamu ingin mengadakan pesta kebun, juga bisa merancangnya menggunakan aplikasi ini. Dengan 3D rendering terbaru, aplikasi Home Desain 3D Outdoor/ arden akan membantu membuat desain luar rumah dengan tampilan 3 dimensi yang lebih mudah. Karena kamu cukup melakukan drag n drop dari berbagai item (seperti tanaman, bangku, lampu, dan lainnya), yang sudah disediakan.

Planter – Garden Planner

Aplikasi lainnya untuk mendesain rumah atau taman yaitu Planter – Garden Planner. Melalui aplikasi ini, dapat dengan mudah mengatur bagaimana tanaman buah dan sayur yang akan ditanam di pekarangan rumah.

Ava Byte Gardening, Cara Berkebun Secara Digital dan Tanpa Tanah

Aplikasi ini menyediakan fitur baru setiap minggunya untuk meningkatkan dan membantu dalam merencanakan dan mengelola desain taman. Jika kamu memiliki permintaan fitur tertentu, dapat pula mengusulkan fitur yang kamu inginkan pada aplikasi ini. Misalnya, membutuhkan desain tempat untuk menanam cabai, kamu bisa submit permintaan tersebut. Jika disetujui, maka akan disediakan desain item yang diminta.

Florafolio

Florafolio merupakan aplikasi yang khusus dibuat untuk iPad. Sesuai namanya, aplikasi ini dikhususkan untuk menata tanaman. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat kebun kecil di halaman depan rumah.

Tanaman yang disediakan oleh aplikasi ini berupa pepohonan, tanaman hias, dan bunga yang beraneka ragam. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui berapa jangka waktu tanaman tersebut sesuai dengan iklim yang sedang terjadi.

Home Designer Pro

Aplikasi Home designer Pro ini juga dapat membantu untuk mendesain hunian. Aplikasi yang diciptakan khusus untuk PC ini mengusung format 3D untuk menampilkan kesan tampilan asli pada hunian yang akan dibangun nantinya.

Foto: HomeDesigner

Melalui tampilan 3D ini, kamu juga dapat merancang desain interior, seperti menempatkan lemari, mengatur perabotan, melukis dinding, dan lainnya. Pada aplikasi ini juga disediakan koleksi desain arsitektur berpenampilan 3D yang mempermudah dalam mengatur desain sesuai selera.

Baca juga 5 Perangkat Canggih yang Membuat Rumah Semakin Pintar