NOW READING

5 Aplikasi Edit Video di Smartphone Android

 3594
+
 3594

5 Aplikasi Edit Video di Smartphone Android

by The Daily Oktagon
  • Saat ini, mengabadikan momen lewat video semakin mudah, sekaligus jadi pilihan yang mulai populer
  • Di sisi lain, menjahit dan mengedit beberapa klip video menjadi satu video utuh terkadang jadi hal yang menantang
  • Kini, ada beberapa aplikasi mengedit video lewat smartphone bagi pengguna Android, sehingga mengedit video jadi lebih praktis

Mengabadikan momen lewat video memang bukan perkara sulit. Saat ini, berbagai smartphone yang ada di pasaran sudah cukup mumpuni untuk merekam video berkualitas baik. Yang biasanya menjadi persoalan adalah mengedit potongan-potongan gambar bergerak itu menjadi video utuh. Tentu, berbagai jenis piranti lunak untuk mengedit video tersedia di pasaran. Namun, adakah aplikasi edit video yang bisa membantu kita mengedit video dengan cepat dan mudah, cukup lewat smartphone saja?

Berikut adalah 5 aplikasi mengedit video lewat smartphone yang bisa jadi pertimbangan. Dari editing sederhana hingga setaraf profesional, semua bisa dilakukan dari smartphoneAnda, dengan cepat dan mudah!

Baca juga : Membuat Video Seru di Smartphone Bersama Keluarga

1. FilmoraGo

FilmoraGo merupakan salah satu aplikasi mengedit video terbaik dan terlengkap yang bisa didapat secara cuma-cuma. Hampir semua tahapan editing yang biasa dilakukan lewat desktop bisa ditemukan lewat aplikasi ini. Mulai dari editing dasar seperti memotong dan menyatukan video, hingga menambahkan berbagai efek menarik seperti slow motion dan reversed, tersedia.

Bagi Anda yang senang menggabungkan dan menjahit beberapa foto dengan klip video, FilmoraGo mengakomodasinya dengan fitur transisi yang handal. Picture-in-picture memungkinkan Anda menambahkan foto atau video ke video lain dengan mudah.

Anda juga dapat memotong video, menambahkan subtitle, dan mengubah aspek rasio video Anda. FilmoraGo dapat membuat video dengan rasio 1:1 untuk Instagram ataupun rasio 16:9 yang cocok bagi para YouTuber. Meskipun aplikasi ini gratis, tidak ada watermark pada video Anda. Hanya ada sepotong iklan singkat pada aplikasi yang kompatibel untuk Android 4.2 ini.

foto : shutterstock

2. Power Director

Aplikasi PowerDirector sering kali disamakan dengan aplikasi iMovie yang sudah terbukti keandalannya pada iOS. Tampilan dari aplikasi ini memang sangat memudahkan penggunanya. Mengedit potongan-potongan gambar menjadi lebih efektif dengan bantuan timeline. Menyisipkan judul, melakukan transisi, memberi efek slow motion, menambahkan latar suara, ataupun membuat kolase foto dapat dilakukan dengan relatif mudah.

Kelemahan dari versi gratis aplikasi ini hanyalah adanya watermark pada setiap video yang dibuat. Namun, hal ini bisa dihilangkan dengan merogoh kocek sebesar sekitar 70ribu rupiah. Dengan versi berbayar, Anda juga dapat mengunduh file dengan ukuran hingga 1080p, sedangkan untuk versi gratisnya, hanya dimungkinkan pada ukuran 702p. Power Director yang kompatibel dengan Android 4.3 ini juga mampu mengedit video 4K dengan ketajaman yang luar biasa, tentu untuk versi berbayar.

3. KineMaster Pro

Bagi Anda yang membutuhkan editing bertaraf lebih profesional, KineMaster Pro adalah jawabannya. Aplikasi ini dapat melakukan multi-layer dari video, foto, maupun teks dari gawai Android Anda.

Selain itu, dengan multi track audio, aplikasi ini dapat merapikan tiap layer dari klip video Anda dengan presisi. Timing audio juga dapat diatur sesuai dengan frame gambar yang diinginkan. Bahkan, Anda dapat mengatur berapa lama sebuah foto atau potongan gambar hendak ditampilkan, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk transisinya.

Aplikasi yang kompatibel dengan Android 4.1 ini dapat diunduh secara gratis. Namun, untuk menghilangkan watermark dan mendapatkan fitur lengkap, Anda bisa berlangganan sekitar 70ribu rupiah per bulannya.

Baca juga : Cara Membuat Video Perjalanan yang Keren

4. Movie Maker Filmmaker

Untuk Anda yang mencari aplikasi mengedit video sederhana dengan berbagai efek menarik, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Dengan Movie Maker Filmmaker, Anda dimungkinkan untuk memangkas, menyusun ulang konten, bahkan menentukan titik fokus dari video.

Yang menarik, berbagai koleksi efek, filter, dan lagu latar untuk video Anda disediakan secara cuma-cuma lewat aplikasi ini. Bahkan, Anda dapat menambahkan filter yang Anda rancang sendiri. Salah satu kekurangan dari aplikasi ini hanyalah keluaran videonya yang berbentuk bujur sangkar (1:1). Jika Anda hanya melakukan editing video untuk Instagram, maka aplikasi ini jadi tepat guna. Aplikasi ini kompatibel dengan Android 4.4 dan bisa dinduh secara gratis.

5. Quik

Anda merasa masih pemula dan tak ingin repot mempelajari aplikasi baru? Maka aplikasi ini juaranya. Quik adalah salah satu aplikasi mengedit video paling sederhana dan mudah yang bisa Anda gunakan. Cukup pilih foto dan video klip yang ingin Anda gabungkan, dan Quik akan melakukan analisis singkat untuk membuatkan video dari klip gambar pilihan Anda tersebut.

Quik bisa menggabungkan hingga 75 foto, serta memiliki puluhan gaya edit video yang bisa dipilih dengan mudah. Anda juga dimungkinkan untuk mengatur, memangkas, juga menambahkan tulisan dan lagu untuk video Anda. Aplikasi yang kompatibel dengan Android 5.0 ini dapat diunduh secara gratis.

Dengan aplikasi-aplikasi ini, mengedit video tak lagi jadi masalah. Anda juga tak perlu menunggu hingga sampai di rumah untuk menjahit klip video lewat desktop. Semua bisa dilakukan dengan cepat lewat ujung jari di smartphone Android Anda.

0 comments