NOW READING

5 Aksesori Unik Pendukung Fotografi

 1786
+
 1786

5 Aksesori Unik Pendukung Fotografi

by The Daily Oktagon
  • Selain smartphone, perangkat berbau teknologi lain yang makin diminati saat ini adalah kamera
  • Meski bisa memotret menggunakan smartphone, peran kamera tetap tak bisa tergantikan, terutama untuk kebutuhan profesional
  • Dalam rangka menciptakan konten yang pro dan tetap kreatif, dibutuhkan beragam aksesori penunjang. Dan berikut adalah rekomendasi dari kami.

Industri fotografi dan sinematografi semakin berkembang saat ini. Meski kini sudah banyak bermunculan perangkat smartphone dengan kamera canggih, fungsi kamera profesional seperti SLR atau mirrorless tidak akan tergantikan. Ditambah lagi dengan booming-nya YouTube, memancing banyak orang tertarik menjadi content creator.

Untuk memenuhi kebutuhan menciptakan konten kreatif, kamera mutlak menjadi senjata utama yang wajib diandalkan. Tapi mengandalkan kamera saja terkadang tidak cukup karena kita tetap membutuhkan perangkat pendukung tambahan guna mendapat hasil lebih maksimal. Untuk itu, The Daily Oktagon sudah menyiapkan lima rekomendasi aksesori kamera yang tentunya bakal mendongkrak kualitas kontent yang Anda ciptakan.

Tripod Ringkas

Apabila Anda termasuk orang yang gemar mengabadikan momen sembari traveling, maka tripod yang satu ini bakal memanjakan aktivitas jalan-jalan Anda. MeFOTO Air Travel adalah sebuah tripod yang dirancang agar mudah dibawa-bawa.

Bobotnya hanya 900 gram saja sehingga tidak bakal memberatkan tas ransel. Untuk Anda yang punya hobi narsis, tripod ini juga bisa diandalkan. Tiang di bagian tengahnya bisa dilepas menjadi tongsis dadakan. MeFOTO juga menyediakan holder untuk menempatkan smartphone serta sebuah universal remote control dengan koneksi Bluetooth.

Lighting Praktis 

Bagi seorang yang kerap berurusan dengan kamera, set lighting tentu adalah hal yang wajib dipersiapkan. Memang kita tidak setiap saat memerlukannya. Tapi set lighting harus selalu ada setiap kali dibutuhkan. Jika Anda ingin lighting yang praktis, bisa mencoba LUMIMUSE 6 LED dari Manfrotto.

Aksesori ini bisa ditempelkan pada hotshoe kamera atau pun pada monopod. Di dalamnya terdapat enam lampu LED yang bisa menyala nonstop hingga waktu satu jam. Untuk pengisian baterainya sendiri bisa dilakukan menggunakan charger yang disertakan. Dengan bahan utama aluminum, LUMIMUSE 6 LED punya bodi yang solid dan cukup ringan.

Apa kata para model cantik soal fotografi saat ini? Simak di artikel ini

Body Cap Aman 

Aksesori yang satu ini cukup unik, berfungsi sebagai pelindung motor dan optik kamera dari serangan debu maupun cairan yang dapat merusak. Atau dengan kata lain juga bisa disebut body cap. Yang membedakan LockCircle Body Cap dari tutup pada umumnya adalah bahannya yang terbuat dari aluminium.

Selain itu cara membukanya bukan diputar, melainkan dengan menekan tombol untuk melepas lensa. Karenanya, selain sebagai pelindung, juga bisa berfungsi sebagai pemanis kamera ketika sedang tidak menggunakan lensa.

Pelindung Air 

Kegiatan traveling rasanya tak lengkap jika tidak menjelajahi keindahan bawah laut. Apalagi dengan makin terjangkaunya paket wisata dengan destinasi laut.

Bagi Anda yang tidak memiliki kamera spesial underwater seperti GoPro, Olympus Tough, atau Panasonic Lumix TS30, bisa menggunakan aksesori casing waterproof untuk kamera, salah satunya Dicapac WP S5 Waterproof.

Ada beberapa varian ukuran yang disediakan, salah satunya berukuran sedang yang dapat menampung kamera SLR medium seperti Canon 60D atau 550D dengan panjang lensa maksimal 9,5 cm (termasuk zoom). Jika panjang lensa tidak sesuai, Anda bisa memilih varian lain dengan ukuran lebih kecil atau lebih besar.

Baca: Kiat fotografi dari fotografer senior Roy Genggam 


Teropong Aerodinamis

Sangat dikenal sebagai produsen kamera, Nikon nyatanya juga punya lini produk lain yang berhubungan dengan lensa, seperti kacamata atau bahkan teropong. Dalam dunia fotografi, teropong nyatanya juga kerap digunakan untuk mencermati dan mengamati objek foto dari jauh.

Salah satu teropong buatan Nikon yang banyak digunakan adalah ACULON A211 7×35. Angka “7” menggambarkan kemampuan zoom sedangkan angka “35” menggambarkan diameter lensa. Yang menarik dari teropong ini tentu saja adalah desainnya yang aerodinamis, solid, dan tetap ringan.

Bobotnya sendiri sekitar 685 gram dengan bodi yang dilapisi rubber guna menghadirkan kemampuan tahan goncangan atau benturan. Menariknya, dengan penggunaan BaK4 Porro prism, ACULON A211 bisa digunakan untuk berbagai kondisi cahaya, dari pagi buta hingga malam hari.

Mana diantara produk ini yang menurut Anda sudah paling dibutuhkan? Apa pun yang Anda pilih pasti akan membuat aktivitas fotografi Anda akan semakin mengasyikkan.

0 comments