NOW READING

4K-Overwatch, Tak Sekadar Gaming Juga Cetak Prestasi

 805
+
 805

4K-Overwatch, Tak Sekadar Gaming Juga Cetak Prestasi

by The Daily Oktagon
  • Animasi dan mekanisme permainan apik menjadikan game Overwatch digilai banyak pemain. Bahkan, ia didapuk sebagai game terlaris di 2016
  • Overwatch di Indonesia sudah ada komunitasnya. Adalah 4K – Overwatch, komunitas yang berisikan pemain pemula dan profesional.
  • Komunitas ini juga mengikuti berbagai turnamen, misalnya baru saja menyelesaikan turnamen SEA (South East Asia) Overwatch 2017.

Permainan video komputer atau game console dengan gaya FPS (First Person Shooter) bukan lagi jadi genre yang asing di Indonesia. Kita bisa sebut Counter Strike sebagai salah satu seri lawas yang sudah cukup digilai banyak pemainnya.

Dan kini, genre FPS kian menunjukkan taringnya di industri game online. Semua tak lepas dari peran serta komunitas pemain yang bisa dinilai cukup fanatik.

Indonesia sendiri sudah punya banyak komunitas gamer FPS. Tak sedikit dari mereka sering mengikuti turnamen bergengsi, mulai dari kelas lokal hingga internasional. Hadiahnya pun tak main-main, dari yang jutaan hingga bisa ratusan juta rupiah.

Fenomena ini jelas menandakan komunitas gamer di Tanah Air eksis bukan sekadar ajang mejeng dan menikmati permainannya, namun juga untuk mencetak prestasi. Salah satu komunitas yang sekarang patut menjadi perhatian adalah 4K – Overwatch.

Overwatch adalah game FPS dengan mekanisme gameplay-nya pada kerjasama antar heroes (karakter utama di dalam permainan) dengan kemampuan masing-masing di dalam sebuah tim.

Animasi dan mekanisme permainan yang apik menjadikan Overwatch digilai banyak pemainnya. Bahkan, ia didapuk sebagai game terlaris di 2016 dengan capaian jumlah 20 juta pemain setelah 5 bulan dirilis. Gameini untuk sekarang tersedia di PlayStation 4, Xbox One dan PC.

Kali ini The Daily Oktagon tak akan mengupas soal Overwatch, melainkan seluk beluk dari komunitas 4K – Overwatch. Seperti apa kegiatan komunitas gaming yang berbasis di Jakarta ini? Simak ulasan berikut.

“Gathering” ala Overwatch

Bagi Anda yang suka main game FPS khususnya Overwatch, mungkin sudah tahu dengan komunitas yang berisikan pemain-pemain baik pemula maupun profesional dari Overwatch, game FPS multiplayer besutan pengembang Blizzard Entertaiment ini.

Mimi Matsumori, salah satu admin komunitas ini mengungkapkan bahwa awalnya terbentuk secara tidak sengaja. Dulu, komunitas hanya bertujuan untuk menjadi wadah berkumpulnya para pemain Overwatch di seluruh Indonesia.

“Kami terbentuk dari dua tim yang berbeda. Setelah 4K – Overwatch berdiri, kami pikir punya visi dan misi yang sama. Kenapa tidak komunitas ini dijadikan sebagai ajang mencetak prestasi gaming di Indonesia,” ungkap Mimi.

4K – Overwatch kini juga menjadi komunitas yang didukung sejumlah pihak. Adapun di antaranya seperti Sahara Cafe, Saganam, Gamers Embassy, Stedium, dan rumahgamer.com.

Kegiatan rutin antar anggota komunitas sendiri, lanjut Mimi, ‘terjadi’ di dalam permainan Overwatch. Asumsinya, gathering tersebut dianggap sebagai latihan untuk mengikuti turnamen Overwatch.

“Kami memang jarang kumpul-kumpul. Namun sudah beberapa kali mengadakan gathering kecil-kecilan untuk sesama pemain di Sahara Cafe, Pantai Indah Kapuk,” jelas wanita lulusan Universitas Bina Nusantara ini.

Karena Overwatch begitu mengandalkan karakter heroes, Mimi pun membeberkan apa saja karakter heroes favorit komunitas. Mimi sendiri mengandalkan Pharah, “Pharah itu bisa terbang dan damage yang diberikan cukup besar, sedangkan karakter heroes favorit 4K – Overwatch itu ada Genji, McCree, Soldier, Widow, Zarya, Tracer, Ana, D.Va, Mei, dan Roadhog.”

Untuk sekarang, 4K – Overwatch baru saja menyelesaikan turnamen SEA (South East Asia) Overwatch 2017. Turnamen ini dinilai komunitas cukup menantang, mengingat SEA Overwatch 2017 dihelat langsung oleh Blizzard Entertaiment. Selain itu, mereka juga baru saja mengikuti Tournament World of Gaming yang baru saja diselenggarakan pada 9 April 2017.

Ayo bernostalgia dengan game console dari masa ke masa di sini

Mencetak Prestasi

Bicara soal prestasi, 4K – Overwatch sendiri sudah mencetak sejumlah pencapaian membanggakan di dunia game Indonesia. Komunitas ini menurut Mimi sudah mengikuti beberapa turnamen skala nasional di akhir 2016 dan awal 2017.

Turnamen yang sudah diikuti antara lain seperti Overwatch Tournament WORLD OF GAMING 2016, Overwatch Tournament Colony Collection Market & Blizzgamers Id 2016, Overwatch Tournament GEXT Nvidia Gamers Day 2017, dan Overwatch Mini Tournament Play with BenQ , Gamers Embassy, Bandung 2017.

“Kami juga sudah mencatat sejumlah pencapaian di posisi pertama. Dari turnamen yang sudah kami ikuti, kami menduduki juara pertama di Overwatch Tournament WORLD OF GAMING, Overwatch Tournament Colony Collection Market & Blizzgamers Id dan Overwatch Tournament GEXT Nvidia Gamers Day,” kata Mimi.

Mimi Matsumori

Kegiatan bermain Overwatch tak bisa lepas dari spesifikasi perangkat komputer yang digunakan. Mimi pun menjabarkan spesifikasi PC gaming favorit yang digunakan komunitas saat tengah ‘bertempur’ di dunia maya.

Untuk monitor PC, mereka bisa menggunakan brand apa saja, asal kualitas 4K dan rate-nya 144Hz. “Tujuannya supaya pengalaman bermain benar-benar terasa real. Grafisnya sudah oke, maka harus ditunjang monitor yang lebih mumpuni,” tandas Mimi.

Perangkat lain yang juga wajib jadi penunjang permainan adalah DDR RAM 16GB TeamGroup T-Force Night Hawk. Menurut komunitas, DDR tersebut cukup menunjang permainan yang notabene membutuhkan RAM superbesar, sedangkan perangkat lain yang juga tak boleh absen adalah Gaming Gear Logitech, Kursi Gaming DxRacer dan LEPA Heat Sink.

Ingin lancar bermain game di PC? Simak kiat-kiat praktisnya di artikel ini

Gamer Indonesia Keranjingan Overwatch

Overwatch sendiri sudah cukup mendapat tempat di kalangan gamer Indonesia. Bahkan, jumlah pemainnya berkembang agresif. Padahal, Overwatch sendiri merupakan game berbayar.

“Antusiasme pemain di Indonesia terlihat dari banyaknya jumplah pemain. Dari gameplay-nya sendiri juga bisa dibilang Overwatch adalah game yang unik dan menarik sehingga pemain yang baru mencoba mudah sekali menjadi penggemar game ini,” terang Mimi.

Adegan di Overwatch

Mengingat animo gamer Indonesia terhadap Overwatch cukup menggebu-gebu, Mimi dan komunitas berharap dapat melakukan perekrutan anggota lebih banyak untuk ke depannya.

“Kami benar-benar terbuka terhadap semua pemain Overwatch di Indonesia yang hendak bergabung. Kami tidak memilih apakah pemain harus jago memainkan game tersebut, itu bisa belajar dari awal. Namun yang pasti, komunitas ini memiliki visi dan misi untuk mencetak prestasi lebih banyak lagi,” kata Mimi.

“Kami ingin menjadi tim terbaik di Indonesia, dengan harapan ke depannya menjadi juara di tingkat Asia Tenggara, dan bahkan di dunia,” pungkasnya. Semoga saja. Kita tunggu prestasi selanjutnya dari komunitas ini.

0 comments