NOW READING

4 Perabot Pintar Pilihan untuk Ciptakan Rumah Pintar

 789
+
 789

4 Perabot Pintar Pilihan untuk Ciptakan Rumah Pintar

by The Daily Oktagon

Sumber foto utama: Nest Cam

  • Memasuki tahun baru 2017, serbuan teknologi tentunya bakal makin gencar dari tahun sebelumnya.
  • Di tahun ini, tren smarthome diprediksi bakal meningkat dengan hadirnya beragam perabot rumah pintar.
  • Apabila Anda ingin membangun ekosistem smarthome, berikut adalah beberapa perabot pintar yang bisa dipilih.

Tahun baru 2017 sudah tiba, artinya bakal makin banyak teknologi yang berkembang dan bisa kita adopsi sebagai pengguna. Selain perangkat-perangkat gadget seperti wearable, smartphone, tablet, notebook, kamera, konsol, dan sejenisnya, perangkat smarthome diprediksi juga bakal makin digandrungi.

Di Indonesia sendiri, perangkat smarthome memang belum setenar smartphone. Hal ini dikarenakan keterbatasan ekosistem untuk membangun smarthome itu sendiri. Tapi seandainya pun mau membangun sebuah ekosistem smarthome di Tanah Air, kita bisa melakukannya. Kalau pun bukan di rumah, kita bisa menerapkannya di kantor. Untuk itu, The Daily Oktagon berikan beberapa rekomendasi perangkat smarthome yang bisa Anda coba.

Amazon Echo

Sebagai salah satu pemain e-commerce dunia, Amazon memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menciptakan perangkat canggih. Dalam hal ini, Amazon telah berhasil menciptakan sebuah speaker pintar bernama Amazon Echo.

Echo, Bookshelf

Speaker langsing dengan tinggi mencapai 23 cm ini memiliki fungsi asisten digital layaknya Siri atau Cortana. Dengan memanggil nama “Alexa”, Amazon Echo bisa menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan.

Selain memberikan beragam informasi, Amazon Echo bisa melakukan tugas lain seperti memutar musik pilihan, menyetel alarm, memutar audiobook, membacakan ramalan cuaca, dan yang lainnya. Saat ini Amazon Echo sudah dirilis dan dipasarkan seharga US$ 180 atau setara Rp 2,4 juta.

Bagaimana tren smarthome di tahun ini? Simak di artikel ini

Philips Hue Wireless

Salah satu perangkat penting dalam membangun sebuah smarthome adalah lampu pintar. Sebagai produsen lampu yang sudah ternama, Philips pun punya koleksi lampu pintar yang dinamakan Philips Hue. Asyiknya, lampu pintar ini sudah dijual resmi di Indonesia mulai Rp 500 ribuan.

Philips-paint-with-lights

Philips Hue memiliki bentuk seperti lampu pijar pada umumnya. Hanya saja ia bisa diatur menggunakan smartphone atau pun kendali khusus (Hue Bridge) yang disediakan. Sebagai lampu pintar, kita bisa mengatur konfigurasi warna cahaya yang dipancarkan sesuka hati dan menyesuaikan mood kita.

Kita juga bisa mengatur kapan lampu akan hidup atau mati secara otomatis. Tapi yang paling penting dan menguntungkan ketika menggunakannya adalah tagihan listrik bulanan yang bakal jauh lebih murah. Pasalnya dengan cahaya lebih terang dan umur lebih lama, Philips Hue membutuhkan daya watt jauh lebih kecil dari lampu pijar konvensional.

Samsung SMART Door Lock

Teknologi yang makin canggih juga sangat bermanfaat dalam menunjang keamanan. Dalam hal ini, kemajuan teknologi juga bisa dirasakan dan diterapkan melalui kunci pintu pintar, salah satunya adalah SMART Door Lock buatan Samsung.

smart-door-lock

Bentuk dan cara instalasinya mirip seperti gagang pintu konvensional. Hanya saja, ia menawarkan keamanan jauh lebih tinggi. Samsung SMART Door Lock dilengkapi tombol layaknya tombol pada smartphone yang berguna untuk memasang kombinasi password.

Selain kombinasi password, penggunanya juga bisa membuka menggunakan sidik jari yang sudah direkam sebelumnya. Dengan begitu, membuka pintu rumah jadi mirip seperti membuka kunci smartphone, mudah dan tentunya sangat aman.

Jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penjahat yang membobol pintu secara paksa, sistem keamanannya akan bekerja. Alat ini bisa mengeluarkan suara yang sangat nyaring sebagai tanda sistem keamanan sudah dijebol.

Anjing robot untuk melengkapi rumah pintar Anda, intip unboxing-nya di sini

Nest Cam

Satu lagi perangkat penunjang smarthome yang berfungsi sebagai “mata-mata” di rumah, yakni Nest Cam. Ia sejatinya adalah sebuah kamera pengawas dengan bentuk mini layaknya web cam. Perangkat ini menawarkan instalasi yang mudah yang bisa ditempatkan di berbagai sudut rumah.

camera-lifestyle-b

Nest Cam dirancang untuk bisa merekam kondisi rumah selama 24 jam dalam seminggu, alias terus menyala. Adapun sudut pengambilan gambarnya mencapai 130 derajat sehingga bisa menjangkau area yang lebih luas. Sedangkan output videonya sudah mendukung resolusi Full HD.

Selain itu, Nest Cam juga dilengkapi mikrofon dan speaker. Jadi, kita bisa merekam suara untuk diputar melalui perangkat ini. Oh ya, untuk mengintai kondisi gelap di malam hari, ia juga dibekali teknologi night vision sehingga tetap bisa memantau situasi dengan optimal. Untuk memilikinya, kamera canggih ini dibanderol seharga sekitar Rp 2,5 jutaan.

Xiaomi pun tak mau ketinggalan merambah produk smarthome. Klik artikel ini

Beberapa produk di atas tentu hanyalah segelintir produk smarthome yang bakal ada di pasaran selama tahun ini. Simak terus The Daily Oktagon untuk perkembangan teknologi smarthome terkini, dan pastikan Anda berada di dalam barisan terdepan dalam mengetahui atau bahkan menggunakan produk smarthome terbaru!

 

0 comments