NOW READING

4 Kelebihan Prosesor MediaTek Dibandingkan Qualcomm Snapdragon

 2659
+
 2659

4 Kelebihan Prosesor MediaTek Dibandingkan Qualcomm Snapdragon

by The Daily Oktagon
  • Selain Snapdragon besutan Qualcomm, prosesor MediaTek juga salah satu yang paling banyak digunakan oleh smartpone saat ini.
  • Prosesor besutan MediaTek kerap kali dipandang sebelah mata, karena dianggap tidak lebih baik dibandingkan Snapdragon.
  • Padahal, chipset buatan MediaTek memiliki beberapa kelebihan tersendiri dalam berinovasi.

Prosesor besutan MediaTek untuk smartphone seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, prosesor MediaTek tak kalah tangguh dibandingkan Snapdragon buatan Qualcomm ataupun Exynos dari Samsung. Apa saja kelebihannya?

Saat ini, telah cukup banyak perusahaan yang mengembangkan prosesor untuk perangkat mobile seperti smartphone, sebut saja Qualcomm dengan produk Snapdragon-nya, Exynos dari Samsung, HiSilicon Kirin buatan Huawei, MediaTek, hingga Surge besutan Xiaomi. Setiap produk chipset tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tak terkecuali dengan chipset buatan MediaTek. Meski seringkali dipandang sebelah mata dan diremehkan, prosesor MediaTek sebenarnya mempunyai keunggulan yang tak banyak diketahui. Tidak percaya? Berikut ini 4 kelebihan prosesor MediaTek yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Mengenal Urutan Prosesor Snapdragon dan Ponselnya, dari Nokia 2 hingga Samsung Galaxy S9

Prosesor MediaTek

Foto: MediaTek

Prosesor ‘True Octa Core’ Pertama

Yang dimaksud dengan prosesor ‘true octa core’ di sini adalah prosesor yang memiliki delapan inti di mana semua intinya punya kecepatan yang sama. Prosesor pertama dari MediaTek yang punya teknologi ini adalah MT6592 yang punya 8 inti pemrosesan berkecepatan 2 gigahertz (GHz) dan dirilis pada 2013 lalu.

Prosesor Deca Core Pertama

Tak hanya yang pertama memproduksi prosesor true octa core. MediaTek juga merupakan yang pertama membuat prosesor yang memiliki 10 inti pemrosesan atau deca core. Prosesor deca core pertama dari MediaTek adalah Helio X20, yang juga tersemat pada Xiaomi Redmi Note 4. Setelah Helio X20, hadirlah penerusnya dari keluarga Helio X series, yaitu Helio X23, Helio X25, Helio X27 dan yang tercanggih Helio X30.

Baca juga: Laptop Asus NovaGo, Pertama dengan Prosesor Snapdragon 835

Prosesor MediaTek

Foto: Xiaomi

Prosesor Deca Core Pertama dengan Fabrikasi 10 nm

Meski Snapdragon 835 merupakan yang pertama dengan fabrikasi 10 nanometer (nm), namun prosesor ini hanya memiliki 8 inti pemrosesan (octa core). Sementara itu, MediaTek meluncurkan Helio X30 sebagai prosesor deca core (10 inti) pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 10 nm. Semakin kecil angka proses fabrikasinya, maka prosesor semakin hemat daya namun tetap kencang.

Harga yang Lebih Murah

Satu lagi kelebihan prosesor besutan MediaTek adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan para kompetitornya. Harga chipset yang murah ini membuat para produsen smartphone tertarik untuk menjalin kerjasama, sehingga mampu menghadirkan ponsel yang lebih terjangkau.

Baca juga: 5 Smartphone Murah Yang Tidak Lemot Saat Main Game

Prosesor MediaTek

Foto: MediaTek

Nah, itulah beberapa kelebihan dari prosesor buatan MediaTek yang tidak bisa dipandang sebelah mata dan bahkan seringkali membuat terobosan lebih dulu dibanding kompetitornya.

Dapatkan smartphone dengan prosesor MediaTek dengna harga terbaik di sini.

0 comments