NOW READING

4 Aplikasi Pendukung Aktivitas Alam Bebas, Apa Saja?

 3167
+
 3167

4 Aplikasi Pendukung Aktivitas Alam Bebas, Apa Saja?

by The Daily Oktagon

Teknologi diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia. Sekarang ini perkembangan teknologi begitu pesat, apalagi perkembangan teknologi telepon pintar.

Berbagai vendor menciptakan telepon pintar dengan sistem operasi yang terus berkembang. Beragam aplikasi diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Beragam aplikasi juga telah diciptakan untuk membantu para penggiat alam dalam melaksanakan aktivitasnya. Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang wajib dimiliki oleh para penggiat alam.

Runkeeper

Aplikasi ini dibuat untuk smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Runkeeper sangat cocok bagi para pecinta olahraga sepeda gunung atau motor trail. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mengetahui kondisi saat melakukan aktivitas di alam bebas.

Runkeeper memberikan informasi mengenai kondisi jantung kita dan jumlah kalori yang terbakar saat melakukan aktivitas di alam bebas. Jarak serta waktu tempuh saat beraktivitas juga akan direkam dan dicatat oleh aplikasi ini.

aplikasi Runkeeper

Bagi para penggemar olahraga lari, aplikasi ini sangat berguna. Runkeeper akan ikut membantu melaporkan kondisi terakhir kesehatan penggunanya. Pada dasarnya, aplikasi ini adalah aplikasi kesehatan yang memiliki kemampuan untuk merekam dan mencatat aktivitas kita.

Baca juga, 10 Aplikasi Smartwatch yang Semakin Memudahkan Hidup Anda

BackCountry Navigator TOPO GPS

Bila liburan ke gunung atau hutan, aplikasi ini yang paling tepat untuk digunakan. Dengan peta topografi pada aplikasi BackCountry ini, Anda bisa naik gunung tanpa takut tersesat. Selain itu, Anda juga bisa membuat simbol atau tanda di rute yang dilalui pada aplikasi ini.

aplikasi backcountry

 

Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan di alam bebas, karena tidak membutuhkan koneksi internet untuk menggunakan semua fitur dan data dari aplikasi. Aplikasi BackCountry Navigator menawarkan peta topografi banyak negara, termasuk Indonesia.

Map My Hike

Aplikasi yang tersedia untuk ponsel iOS dan Android ini akan mencatat rute hiking lengkap dengan kecepatan, jarak, jumlah kalori yang dibakar, dan peta navigasi. Aplikasi ini juga merekam setiap sesi pendakian gunung yang dilakukan penggunanya sehingga bisa digunakan lagi di masa mendatang.

aplikasi mapmyhike

Menggunakan sensor GPS, Map My Hike akan mencatat dari kegiatan mendaki gunung Anda seperti jalan ke sana kemari, ketinggian, jarak dan rute. Aplikasi ini juga akan mengukur kalori yang terbakar dan tingkat kesulitan pendakian gunung. Semua data ini dapat dilihat dalam format grafis dan bahkan bisa diunggah ke leaderboard.

SAS Survival Guide

Aplikasi yang dapat diunduh di perangkat Android dan iOS ini berisi beragam informasi tentang cara bertahan hidup di alam bebas. Aplikasi ini juga berisi informasi tentang pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan, serta galeri yang berisi berbagai foto, obat, dan tanaman beracun.

aplikasi SAS

Aplikasi yang user-friendly ini juga berisi tip untuk membuat api unggun, mengobati gigitan ular tanpa harus menghisap racun ular itu, dan mendapatkan makanan di alam bebas yang kondisinya sangat ekstrim, seperti mendapatkan jamur yang bisa dikonsumsi.

Sila simak ulasan berikut, Tiga Aplikasi Karaoke Paling Keren yang Wajib Dicoba

0 comments