NOW READING

3 Wireless Headphone yang Berlomba Memanjakan Telinga

 1808
+
 1808

3 Wireless Headphone yang Berlomba Memanjakan Telinga

by The Daily Oktagon
  • Headphone nirkabel memberi keleluasaan saat mendengarkan musik di perjalanan
  • Masing-masing headphone mempunyai fitur kunci, misalnya Bass Booster yang bersahabat bagi musik elektro
  • Headphone nirkabel juga bisa digunakan untuk melakukan dan menjawab panggilan telepon

Aktivitas menikmati musik di dalam perjalanan menjadi semakin nikmat jika didukung dengan headphone berkualitas. Namun, kadang-kadang kita sering direpotkan dengan masalah kabel yang menghubungkan headphone dengan perangkat pemutar musik atau smartphone.

Permasalahan pada umumnya adalah kabel yang membelit ke mana-mana, kusut saat disimpan, atau terlepas dari pemutar musik atau smartphone akibat tidak sengaja secara tertarik.

Masalah dengan kabel tidak akan terjadi jika kita menggunakan headphone nirkabel alias wireless. Kini di pasaran bisa ditemui banyak headphone nirkabel. The Daily Oktagon akan merekomendasikan tiga headphone nirkabel yang bisa jadi pertimbangan Anda menjadi teman perjalanan.

Ramah Suara Bass

Produk pertama adalah Sony MDR-XB950BT. Headphone buatan produsen asal Jepang ini bisa dihubungkan ke smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS melalui Bluetooth versi 4.0. Koneksi tetap stabil ketika headphone dan smartphone dipisahkan hingga jarak 6 meter. Lebih dari itu, suara akan terputus-putus.

Selain melalui bantuan Bluetooth, Sony MDR-XB950BT juga dapat dihubungkan dengan smartphone melalui perantara NFC, dengan cara menyentuhkan headphone dengan smartphone. Namun, sebelumnya aktifkan dulu menu NFC yang ada di Sony MDR-XB950BT dan smartphone.

headphone

Lalu, bagaimana dengan suaranya? Sony sangat membanggakan fitur Bass Booster pada headphone ini. Fitur tersebut dapat menghasil suara dengan spektrum rendah, yaitu 3 Hz, tanpa terdengar pecah di gendang telinga. Bagi penggemar musik elektro atau musik-musik yang menghentak, Sony MDR-XB950BT bisa jadi pertimbangan pertama.

Jika ingin mendengarkan musik yang mendayu-dayu atau tenang, kita cukup menonaktifkan fitur Bass Booster dengan cara menekan tombol yang ada di headphone.

Bergaya sambil menikmati musik bisa dilakukan dengan headphone ini

Kelebihan lain dari Sony MDR-XB950BT adalah baterainya yang bisa bertahan hingga 20 jam non stop. Itu artinya kita dapatkan mendengarkan musik favorit sepanjang hari tanpa harus khawatir baterai kering di tengah jalan.

Selain untuk menikmati musik, headphone buatan Sony, yang dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2,4 juta ini juga bisa digunakan untuk bertelepon. Microphone terdapat di bagian earpad dan kita tinggal menekan tombol yang ada di situ untuk menjawab panggilan telepon serta mengatur volume suara.

Suara Berspektrum Lebar

Pilihan berikutnya adalah AKG Y50. Headphone buatan AKG Acoustics dari Austria itu tersedia dalam empat warna, yaitu hitam, merah, biru, dan kuning. Sangat cocok untuk mereka yang berjiwa muda atau ingin terlihat beda dibanding yang lain. Dengan harga Rp 1,8 jutaan, tentunya headphone ini tidak boleh dilewatkan.

headphone

Selain desain dan warna yang menantang, apakah kualitas suara yang dihasilkan AKG Y50 bisa dibanggakan?

Jawabannya, mendengarkan musik melalui perantara AKG Y50 sangat menyenangkan. Driver berukuran 40 mm yang ada di headphone ini menghasil suara dalam spektrum yang lebar. Nada-nada rendah dari dentuman bas hingga nada tinggi dari sayatan gitar dapat terdengar dengan utuh.

Headphone harga terjangkau dengan kualitas premium? Yang satu ini punya klaimnya

Kenikmatan mendengarkan musik dengan menggunakan headphone ini juga semakin sempurna berkat desain dan material earpad yang membuat suara dari luar relatif tidak menyusup masuk ke dalam indra pendengaran kita.

Di dalam setiap paket penjualan AKG Y50 juga disediakan kabel dengan jack berukuran 3,5 mm. Kabel dengan in-line remote bisa digunakan sebagai hands-free untuk melakukan dan menjawab panggilan telepon.

Share Musik dengan Mudah

Adapun pilihan berikutnya adalah JBL Everest 300 BT. JBL merupakan nama yang sudah tidak diragukan lagi untuk produk-produk audio berkualitas. Headphone dengan driver JBL Pro Audio SoundUtilizes berukuran 40 mm ini bisa dihubungkan ke smartphone atau pemutar musik dengan perantara Bluetooth versi 4.1.

headphone

Selain kualitas suara dari driver-nya yang sudah tidak perlu diragukan lagi, keunggulan dari JBL Everest 300 BT adalah disematkannya teknologi ShareMe 2.0. Melalui aplikasi ini kita bisa membagikan musik yang sedang diputar ke teman tanpa melalui perantara kabel. Tentunya ke perangkat audio yang juga mendukung teknologi ShareMe 2.0.

Untuk spektrum suara, JBL Everest 300 BT mampu menghasilkan suara mulai dari frekuensi 10 Hz hingga 22 Hz. Bagi para pemburu sound quality, headphone ini patut jadi pertimbangan pertama. Produk seharga 2,1 jutaan ini menghasilkan suara yang berimbang, mulai dari nada-nada rendah hingga tinggi.

Pilihan headphone yang lain bisa disimak di sini

Sementara built-in microphone yang digunakan untuk bertelepon menggunakan teknologi echo-cancellation. Teknologi ini mencegah suara di sekeliling tertangkap oleh microphone, yang bisa membuat suara terdengar bergemuruh dan bergema oleh lawan bicara.

Untuk desain, JBL Everest 300 BT mungkin terlihat sederhana dan bersih, namun bakal tetap menarik perhatian karena tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu hitam, putih, biru muda, dan pink.

Masing-masing headphone ini tentu memilki kelebihan dan keunikannya. Namun dengan catatan itu, rasanya tidak akan ada kinerja yang mengecewakan ketika salah satunya sudah menempel di telinga.

0 comments