NOW READING

3 Smartphone Pilihan untuk Bermain Pokemon GO

 1429
+
 1429

3 Smartphone Pilihan untuk Bermain Pokemon GO

by The Daily Oktagon
  • Anda termasuk penggemar Pokemon GO? Tiga smartphone pilihan dengan baterai jumbo ini bisa jadi perangkat yang pas buat menangkap Pokemon.
  • Mulai dari Lenovo VIBE P1 Turbo yang meski intensitas Anda bermain cukup tinggi, baterainya tahan dipakai dari pagi sampai sore.
  • Sampai seri ZenFone dari ASUS yang sebelumnya tak kompatibel dengan game Pokemon GO, dan Xiaomi Mi Max yang layarnya leluasa dan nyaman untuk berburu Pokemon.

Setelah menanti selama hampir satu bulan, para mobile gamer di tanah air akhirnya bisa merasakan game paling fenomenal saat ini. Apalagi kalau bukan Pokemon GO. Game hasil kolaborasi developer Niantic dan publisher Nintendo ini menawarkan sensasi augmented reality dan sudah di-download lebih dari 100 juta kali.

Baca juga tentang perkembangan teknologi augmented reality lewat Google Tango

Sebenarnya tidak dibutuhkan smartphone berspesifikasi tinggi untuk bisa menjalankan Pokemon GO dengan nyaman. Ponsel pintar dengan prosesor quad-core saja sudah cukup.

Yang paling penting diperhatikan adalah kapasitas baterai perangkat, karena saat bermain Pokemon GO kita harus mengaktifkan GPS. Sementara untuk memberikan kenyamanan ekstra, ada baiknya memilih perangkat yang mengusung layar besar. Contohnya seperti tiga rekomendasi The Daily Oktagon berikut ini:

Lenovo VIBE P1 Turbo

Lenovo menciptakan VIBE P1 Turbo dengan target market pengguna yang punya aktivitas ekstra tinggi. Bukan tanpa alasan, baterai jumbo yang tertanam menyatu dalam bodinya adalah jaminan ketahanan ekstra.

Dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, Anda bisa puas menangkap Pokemon di mana pun berada. Kalau intensitas bermain Anda cukup tinggi, setidaknya smartphone masih kuat dipakai dari pagi sampai sore.

lenovo vibe p1 pokemon go

Kalau pun baterai habis saat sedang asyik-asyiknya bermain, Anda tak perlu menunggu lama untuk bisa kembali mengejar Pokemon. Sebab Lenovo VIBE P1 Turbo menggunakan CPU octa-core Qualcomm Snapdragon 615 yang sudah ditunjang dengan fitur Quick Charging 2.0. Proses pengisian baterai bisa dilakukan dengan lebih cepat. Kurang lebih hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi 50 persen baterainya.

Kegiatan hunting Pokemon pun bisa dilakukan dengan lebih leluasa dan mudah. Sebabnya smartphone ini juga ditunjang dengan layar besar 5,5 inci plus resolusi full HD yang nyaman di mata. Paduan layar dan baterai besar pada Lenovo VIBE P1 Turbo bisa ditebus dengan harga Rp 4 juta.

ASUS ZenFone Max

Smartphone seri ZenFone dari ASUS sempat “bermusuhan” dengan Pokemon GO. Ya, ponsel ASUS ZenFone yang menggunakan CPU Intel tidak kompatibel dan tidak bisa menjalankan Pokemon GO.

Beruntung saat ini Niantic sudah merilis update sehingga pengguna ZenFone dengan CPU Intel bisa merasakan asyiknya menangkap Pokemon.

asus zenfone pokemon go

Bicara smartphone ZenFone, ada satu varian yang kami rekomendasikan, yaitu ZenFone Max. Kata Max pada ZenFone Max melambangkan keperkasaannya pada sisi baterai. Tidak mau kalah dari Lenovo VIBE P1 Turbo, ZenFone Max adalah smartphone pertama ASUS yang punya baterai 5.000 mAh. Baterai tersebut tidak bisa dilepas karena dilindungi baut khusus.

Di atas kertas, baterai ZenFone Max lebih tahan lama ketimbang VIBE P1 Turbo meski kapasitasnya sama. Penyebabnya adalah hardware yang lebih rendah.

ASUS membekali ZenFone Max dengan CPU quad-core Qualcomm Snapdragon 410 yang tetap bisa menjalankan Pokemon GO dengan baik. Hanya saja konsumsi dayanya lebih rendah. Selain itu, meski layarnya sama-sama 5,5 inci, resolusinya juga lebih rendah, yaitu 720p, sehingga lebih hemat daya.

Dibanderol dengan harga terjangkau sekitar Rp 2,5 juta, ada satu kelemahan yang dimiliki ZenFone Max. Baterainya yang besar adalah kelebihan sekaligus kekurangannya. Di samping kemampuannya yang bisa bertahan di atas lima hari dalam keadaan standby, mengisi baterainya memakan waktu lama, yakni sekitar tiga jam atau bahkan lebih.

Simak pula ulasan tentang varian ASUS ZenFone 3 yang siap masuk Indonesia

Xiaomi Mi Max

Bermain game augmented reality seperti Pokemon GO memang paling asyik di perangkat berlayar besar. Bagi sebagian gamer, layar 5 inci atau 5,5 inci masih terasa kurang.

Jika Anda adalah salah satu termasuk yang berpendapat demikian, tak ada salahnya mencoba Xiaomi Mi Max. Performanya tak perlu diragukan berkat prosesor mid-end terbaru Qualcomm Snapdragon 650.

xiaomi mi max pokemon go

Perangkat satu ini lebih cocok dibilang sebuah phablet. Ukuran layarnya yang mencapai 6,44 inci adalah alasannya. Selain ekstra lega, kualitas layar Mi Max adalah yang paling baik dibanding VIBE P1 Turbo dan ZenFone Max.

Meski tidak bisa disimpan di saku, bodi Xiaomi Mi Max tetap nyaman di tangan karena cukup ramping. Desainnya pun sedap dipandang karena memiliki kesan elegan yang timbul akibat bahan metal yang digunakannya.

Tak banyak yang menduga ada baterai jumbo di dalam bodi ramping Mi Max. Kapasitas baterai 4.850 mAh milik Mi Max memang sedikit di bawah ZenFone Max dan VIBE P1 Turbo. Tapi jangan remehkan ketahanannya, karena phablet ini bisa hidup dari pagi hingga selepas magrib meski digunakan bermain Pokemon GO cukup intensif.

Kalau hanya menggunakannya untuk media sosial atau browsing internet tanpa bermain game, daya tahannya bisa lebih dari satu hari. Namun sayangnya Mi Max tidak didukung teknologi fast charging sehingga pengisian baterainya bisa menghabiskan waktu 3,5 jam.

Di Indonesia, Mi Max hanya tersedia versi garansi distributor saja dengan kisaran harga Rp 3,5 juta.

Ikuti pula perjalanan Xiaomi yang kini tak hanya menyediakan smartphone, tapi juga merambah ke produk smarthome

1 comments
OrangBaru
OrangBaru 5pts

Kalo mau batere gede pake hp produsen lokal gan. Ane maen pake polytron zap6 power yg batere 5800mah bisa maen dari jam 5 pagi ampe jam 12 malem dengan hanya istirahat buang air dan 2x makan tuh.