NOW READING

3 Rekomendasi Smartphone Android 4G Rp1 Jutaan

 2133
+
 2133

3 Rekomendasi Smartphone Android 4G Rp1 Jutaan

by The Daily Oktagon
  • Entah karena sering kehilangan atau memang soal budget, sebagian dari kita lebih menginginkan smartphone murah ketimbang mahal.
  • Pertimbangan bisa kita jatuhkan pada device dari Lenovo, Meizu, atau Smartfren Andromax. Selain dijual dengan harga Rp1 jutaan, kemampuannya pun cukup mumpuni.
  • Kelemahan ponsel murah seperti ini biasanya pada kamera yang tidak terlalu ‘wah’, meski cukup jernih untuk keperluan dokumentasi sehari-hari atau update di media sosial.

Setiap kali merilis smartphone baru yang masuk jajaran flagship, para produsen smartphone hampir pasti menggelontorkan dananya untuk promosi. Sebaliknya, ketika menciptakan entry-level smartphone, biaya promosi yang dikeluarkan sangat sedikit. Maka tidak heran jika kehadiran entry-level smartphone jadi tidak diketahui banyak orang.

Namun jangan khawatir, jika Anda sedang mencari smartphone kelas menengah ke bawah dengan harga bersahabat, berikut adalah tiga rekomendasi The Daily Oktagon:

Lenovo VIBE C

Lenovo mengumumkan kehadiran VIBE C secara global pada Mei lalu. Saat ini, smartphone yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp1,3 juta ini sudah tersedia di Indonesia.

Daya jual utamanya tak lain adalah layarnya yang berdimensi 5 inci. Terbilang lega karena biasanya smartphone di bawah Rp1,5 juta kebanyakan datang dengan layar di bawah 5 inci.

smartphone lenovo

Layar 5 inci milik Lenovo VIBE C juga sudah didukung resolusi HD 720p yang artinya memenuhi standar high-definition untuk saat ini. Untuk menyuplai performa multimedia, Lenovo menggunakan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 210 yang terbilang lumayan. Sayangnya, di sisi RAM smartphone ini didukung kapasitas 1 GB saja.

Karena harganya yang hanya Rp1,3 juta, maka Anda juga tidak bisa berharap terlalu banyak pada kameranya. Lenovo VIBE C hanya didukung kamera utama 5 MP dan kamera sekunder 2 MP. Resolusi tersebut tentu di bawah standar umum saat ini. Tapi setidaknya, untuk kebutuhan media sosial, Anda masih bisa mengandalkannya.

Simak pula bahasan tentang device Lenovo lainnya, VIBE S1, si cantik yang jago selfie

Meizu m3

Kalau merasa kurang dengan spesifikasi yang ditawarkan Lenovo VIBE C, Anda bisa mengalihkan incaran ke Meizu m3. Buat Anda yang belum familiar dengan merek satu ini, Meizu adalah produsen smartphone asal Cina. Sama halnya Xiaomi, Meizu tergolong piawai dalam meracik smartphone, termasuk Meizu m3.

Untuk sebuah smartphone Rp1,5 juta, Meizu m3 menawarkan feel premium. Meizu m3 terbuat dari polycarbonate dengan finishing glossy. Hal ini membuat Meizu m3 jauh dari kesan murah. Bentuknya yang memiliki banyak lengkungan juga mengantarkan rasa nyaman ke telapak tangan.

smartphone meizu

Sama seperti Lenovo VIBE C, Meizu m3 punya layar 5 inci 720. Hanya saja kualitas layar Meizu m3 lebih jernih dan kinclong. Begitu pun dengan kameranya yang sudah beresolusi 13 MP plus ditunjang mode manual. Kameranya sangat memuaskan untuk ukuran smartphone di bawah Rp2 juta.

Performanya pun mantap dengan CPU octa-core MediaTek MT6750 dan RAM 2 GB. Adapun satu-satunya yang kurang kece dari smartphone ini adalah suara speaker-nya yang kurang lantang.

Jika tertarik mengenal smartphone Android rasa iPhone, coba cek ulasan Obi SJ1.5

Smartfren Andromax E2+

Bicara smartphone 4G, kita tidak bisa melupakan merek satu ini. Smartfren sebagai salah satu provider yang sudah menyediakan jaringan 4G LTE di Indonesia pun punya lini produk smartphone-nya sendiri. Meneruskan tradisinya, Smartfren bekerjasama dengan Hisense untuk memproduksi smartphone bernama Smartfren Andromax E2+.

smartphone smartfren andromax

Di Indonesia, Smartfren Andromax E2+ dilepas ke pasaran dengan harga Rp1,2 juta. Untuk harga yang relatif murah ini, Anda akan mendapatkan smartphone dengan dukungan VoLTE. Fitur ini baru bisa diaktifkan menggunakan Smartfren. VoLTE sendiri adalah layanan panggilan telepon maupun video call yang memanfaatkan jaringan 4G. Kualitas dan kecepatannya tentu lebih baik ketimbang jaringan 3G.

Berkebalikan dari Meizu m3 yang kurang mumpuni di sisi speaker, Smartfren Andromax E2+ justru punya speaker lantang berkat audio Dolby. Tidak hanya lantang, suara yang dihasilkan juga cukup detail.

Sementara untuk spesifikasinya, Smartfren Andromax E2+ mengusung prosesor yang mirip seperti Lenovo VIBE C. Prosesor quad-core dengan chipset Snapdragon 212 pada perangkat ini ditunjang kapasitas RAM 2 GB. Spesifikasi ini sudah cukup untuk streaming video, browsing, dan bermain game HD dengan grafis yang tidak terlalu berat.

Yang kurang oke dari smartphone ini adalah kameranya yang hanya 5 MP, baik di belakang maupun depan. Selain itu, bodinya juga cukup tebal dan berat dengan bobot mencapai 200 gram.

Namun, jika tetap menginginkan smartphone premium, coba simak ulasan LG G5 berikut ini

0 comments