NOW READING

3 Mainan Robot Interaktif Pengganti Smartphone untuk Anak-anak

 281
+
 281

3 Mainan Robot Interaktif Pengganti Smartphone untuk Anak-anak

by The Daily Oktagon

Menggantikan gadget seperti smartphone dan tablet dari anak-anak merupakan hal yang paling sulit dilakukan para orang tua. Solusinya adalah menggantinya dengan mainan interaktif seperti mainan robot interaktif. Salah satunya adalah dengan Mainan robot interaktif WowWee.

Robot ini dibekali teknologi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Dengan perangkat mainan ini maka, anak-anak memiliki pengalaman bermain sambil edukasi, dan interaksi bermain untuk sendiri.

3 Mainan Robot Interaktif

Berikut 3 mainan robot interaktif WowWee yang bisa dipilih para orang tua adalah sebagai berikut:

WowWee MiP

Wowwee MiP The Futuristic Robot merupakan robot yang di atas roda ganda. Robot unik ini memiliki kemampuan multifungsi dan otonom, sehingga lebih dari sekedar sebuah mainan biasa.

5 Mainan Robot Interaktif Pengganti Smartphone untuk Anak-anak (1)

Baca juga: Serunya Main Bareng WowWee Minion, Robot Pintar Serba Bisa

Menggunakan teknologi GestureSense, robot ini dapat menirukan semua gerakan tangan untuk mengendalikan MiP. Jadi Robot ini mampu membuat simulasi yang dilakukan berdasarkan instruksi gestur tangan.

Robot MiP ini juga memiliki kemampuan yang bisa diupgrade sesuai keinginan penggunanya. Caranya dengan Aplikasi MiP yang dapat diinstall secara gratis Google Play dan App Store, maka pengguna dapat mengendalikan robot dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth.

WowWee Minion

Ada juga robot mainan WowWee Minion yang didesain dengan mengambil karakter salah satu minion dari film Despicable Me, yaitu Dave. Ada berbagai teknologi yang disematkan ke dalam robot pintar ini, antara lain yaitu : GestureSense, Touch Sensors, Sound Detection, Gyroscope, Accelerometer, Bluetooth Low Energy dan Turbo Dava App.

Teknologi GestureSense membuat WowWee robot ini bisa merespon terhadap gerakan interaksi yang diberikan oleh pengguna. Gerakan tersebut antara lain tepukan tangan, lambaian dan lainnya.

Baca juga: Sony Aibo Terbaru, Si Robot Anjing yang Makin Pintar

Ketika diberikan gerakan tersebut, robot ini akan merespon dengan melakukan gerakan tertentu, misalnya menari, berputar dan sebagainya.

Mainan robot interaktif ini juga sudah dilengkapi dengan capacitive sensor technology. Sehingga bisa juga merespon terhadap sentuhan atau elusan yang dilakukan ke robot WowWee ini.

Jadi ketika diberikan sentuhan, maka robot ini bisa melakukan gerakan tertentu. Tidak hanya itu, robot ini juga bisa mengeluarkan musik atau bunyi tertentu, termasuk suara karakter Minion. Disediakan 140 jenis suara dan musik yang lucu.

Teknologi lain yang disematkan ke robot ini yaitu, Sound Detection System. Teknologi ini membuat robot WowWee robot bisa bereaksi terhadap suara yang didengarnya. Selain itu juga ada teknologi Accelerometers & Gyroscopes yang merupakan sensor posisi. Ini membuat robor WowWee robot bisa merasakan jika posisinya berubah.

Robot pintar ini juga sudah dilengkapi dengan akses Bluetooth. Ini membuat robot Wowwee bisa terkoneksi ke smartphone atau perangkat pintar lainnya secara wireless.

Selanjutnya robot ini bisa diatur melalui perangkat pintar tersebut. Apalagi teknologi Bluetooth yang digunakan sudah low energy jadi tidak akan memakan daya baterai yang banyak. Untuk bisa ‘hidup’, robot ini menggunakan 4buah baterai jenis AAA.

Ketika terkoneksi dengan perangkat pintar, seperti smartphone, maka juga harus menginstall aplikasi khusus bernama Turno Dave yang tersedia untuk Android dan iOS.

Aplikasi ini akan berperan dalam mengontrol robot ini. Di aplikasi ini juga sudah disediakan beberapa gameplay yang bisa dilakukan oleh robot WowWee. Misalnya pengguna bisa menentukan arah ke mana robot ini harus berjalan sendiri.

WowWee CHiP

WowWee CHiP merupakan robot yang berbentuk seperti seekor anjing. Uniknya robot ini memiliki teknologi untuk mempelajari lingkungan, sehingga kepribadiannya juga akan berkembang seiring waktu.

WowWee CHiP akan mengikuti seluruh perintah dan beradaptasi dengan kepribadian serta pilihan pemiliknya. Hal yang disukai oleh pemilik, secara unik juga akan membentuk karakter dari CHiP.

Robot WowWee CHiP memiliki beberapa teknologi seperti BeaconSense untuk kesadaran posisinya terhadap lingkungan sekitar. Ada juga teknologi GestureSense untuk membuat CHiP mengerti interaksi seperti tepukan, colek-geser, dan sentuhan. Lalu ada lagi teknolgi Touch Sensor yang membuat CHiP mampu merasakan sentuhan orang melalui sebidang teknologi capacitive sensor-nya.

Selain itu robot ini juga memiliki teknologi gyroscope dan accelerometer, Robot WowWee CHiP sadar ketika digendong atau sedang melakukan orientasi gerak.

Baca juga: Melirik Perkembangan Smart Toy untuk Anak-anak

Untuk memudahkan CHiP dapat terhubung dengan beberapa aksesori pintar seperti ponsel dengan koneksi Bluetooth.

Robot ini juga dibekali dengan infrared vision yang dimasukan pada bagian mata. Ini membuat CHiP dapat melihat dengan mudah dan berinteraksi. Selain itu pengelihatan, ada juga fitur pengenal suara, sehingga perintah suara dapat dipahami olehnya.

Yang terakhir, Mecanum Wheels pada bagian kaki-kakinya akan membantu CHiP untuk bergerak bebas kemanapun ia mau atau sesuai keinginan pemilik.

Mainan robot interaktif ini juga dilengkapi dengan SmartBand, SmartBall dan SmartBed di dalamnya terdapat 1 “ekor” CHiP, 1 buah SmartBand, 1 buah SmartBall, dan 1 buah SmartBed. Fungsi dari SmartBand ialah membantu CHiP mengenali pemiliknya, bagi yang menggunakan gelang berbentuk mirip jam tangan pintar ini, maka ialah yang CHiP kenali sebagai pemiliknya.

Melalui SmartBand kamu dapat memerintah CHiP untuk mencari dan menyapa pemilik. Dengan alat ini kamu juga dapat memberikan pujian secara digital dengan meng-klik tombol thumbs-up yang akan diterima CHiP sebagai pujian, sehingga ia akan terlihat senang dan berputar-putar.

Sedangkan SmartBall telah ditanam sensor, sehingga dapat digunakan untuk bermain umpan-tangkap bersama CHiP. Meski bola tersebut telah di tes kekuatannya, namun tidak disarankan untuk dilempar ke dasar permukaan yang keras, lebih dianjurkan untuk menggelindingkannya secara pelan-pelan untuk kemudian dikejar dan dibawa kembali oleh CHiP.

Setelah bermain seharian, disinilah fungsi SmartBed akan digunakan. Secara pintar, ketika CHiP merasa lelah dan baterainya mulai lemah, ia akan otomatis mencari SmartBed kemudian mengisi ulang baterainya dengan posisi duduk, sehingga terlihat seolah CHiP sedang beristirahat. Setelah kembali penuh, CHiP biasanya akan langsung mencari si pemilik kemudian ingin diajak bermain sambil menggonggong.

Selain tiga aksesori pintar di atas. CHiP App juga hadir dan dapat diunduh melalui smartphone berbasis iOS maupun Android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat memberi makan CHiP secara digital, atau melatihnya untuk melakukan berbagai trik dan membuka trik-trik baru.

Jika kamu ingin membeli produk mainan ini kamu bisa membelinya disini dengan harga terbaik.

0 comments